Follow us:-
  • By Ihsan Rifky
  • 16 November 2021
  • No Comments

MIKROKONTROLER ESP32

Sejarah Mikrokontroler esp32

Mikrokontroler ESP32 dibuat oleh perusahaan bernama Espressif Systems. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh ESP32 yaitu sudah terdapat Wi-Fi dan Bluetooth di dalamnya, sehingga akan sangat memudahkan ketika kita belajar membuat sistem IoT yang memerlukan koneksi wireless.Mikrokontroler ESP32 memiliki keunggulan yaitu sistem berbiaya rendah, dan juga berdaya rendah dengan modul WiFi yang terintegrasi dengan chip mikrokontroler serta memiliki bluetooth dengan mode ganda dan fitur hemat daya menjadikannya lebih fleksibel. 

Spesifikasi mikrokontroler esp32

ESP32 adalah mikrokontroler yang dikenalkan oleh Espressif System merupakan penerus dari mikrokontroler ESP8266. Pada mikrokontroler ini sudah tersedia modul WiFi dalam chip sehingga sangat mendukung untuk membuat sistem aplikasi Internet of Things. ESP32 sendiri tidak jauh berbeda dengan ESP8266 yang familiar di pasaran, hanya saja ESP32 lebih komplek dibandingkan ESP8266, cocok untuk sobat dengan proyek yang besar.

berikut ini merupakan spesifikasi yang dimiliki oleh mikrokontroler ESP32 :

  • Prosesor: Xtensa dual-core (or single-core) 32-bit LX6 microprocessor, operating at 160 or 240 MHz.
  • Memori: 520 KB SRAM.
  • Wireless connectivity: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.2 BR/EDR and BLE (shares the radio with Wi-Fi).
  • Peripheral I/O: 12-bit SAR ADC (up to 18 channels), 2x 8-bit DACs, 10x touch sensors (capacitive sensing GPIOs), 4x SPI, 2x I2S interfaces, 2x I2C interfaces, 3x UART, SD/SDIO/CE-ATA/MMC/eMMC host controller, SDIO/SPI slave controller, Ethernet MAC interface, CAN bus 2.0, infrared remote controller (TX/RX, up to 8 channels), motor PWM, LED PWM (up to 16 channels), hall effect sensor, ultra low power analog pre-amplifier.
  • Security : IEEE 802.11 standard security, secure boot, flash, encryption, 1024-bit, OTP (up to 768-bit for customers), cryptographic hardware acceleration (AES, SHA-2, RSA, ECC), random number generator (RNG).

Sebutkan software pemrograman yang bisa digunakan untuk memprogram Mikrokontroler ESP32

Mikrokontroler ESP32 ini dapat diprogram dengan menggunakan C++, C, Python, Lua, dll. untuk menjalankan program mikrokontroler ESP32 ini memerlukan suatu software pemrograman, berikut ini adalah contoh softwarenya untuk menjalankan program mikrokontroler ESP32, diantaranya sebagai berikut :

  • Arduino Promini.
  • Arduino IDE.
  • Ubuntu 14.04 LTS.
  • ESP-IDF Visual Studio Code Extension.
  • Espressif IoT Development Framework.

Implementasi mikrokontroler ESP32 dengan contoh penggunaannya

Mikrokontroler ESP32 banyak digunakan dan sangat mendukung untuk pembuatan sistem aplikasi Internet of Things (IoT). Berikut ini merupakan contoh penggunaannya, sebagai berikut :

  • Smart Security, Salah satu contoh perangkat smart security yang paling umum adalah kunci rumah yang menggunakan biometrik seperti sidik jari atau kode otentikasi. kegunaan alat tersebut untuk mengurangi pembobolan, kemalingan rumah, dan memperketat keamanan rumah dari orang yang ingin berbuat jahat. Selain itu juga untuk mengatasi beberapa ‘kecelakaan’ kecil seperti kehilangan kunci, akses rumah oleh tamu, dan akses ruangan yang memerlukan otorisasi khusus seperti kamar orang tua.
  • Smart City,  Di skala yang lebih luas, teknologi IoT juga menyentuh urusan tata kota. kegunaannya smart city ini untuk  mengintegrasikan semua permasalahan kota menjadi satu. contohnya sepert CCTV, lampu lalu lintas, sampai integrasi sistem transportasi dalam kota. Semuanya bisa diakses langsung lewat smartphone yang terhubung ke internet.

 

 

 

Sumber :

https://timur.ilearning.me/2019/04/19/mikrokontroler-esp32-apa-itu/

https://www.scribd.com/document/504667962/revisi-2

https://widuri.raharja.info/index.php?title=SI1733499446#t21

https://sasanadigital.com/perkembangan-teknologi-digital-berkenalan-dengan-perangkat-internet-of-things-iot/

https://iotkece.com/apa-itu-esp32-spesifikasi-esp32/

https://anakstei.id/pengenalan-mikrokontroler-esp32/

https://www.ardutech.com/mengenal-esp32-development-kit-untuk-iot-internet-of-things/

https://www.edukasielektronika.com/2019/07/arsitektur-dan-fitur-esp32-module-esp32.html

Leave a Reply