PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS RAHARJA

Mau cek –cek koleksinya perpustakaan?

Saat ini Perpustakaan Universitas Raharja menggunakan Software gratis yaitu SLiMS (Senayan Library Management System) versi 8.3.1, eits jangan salah sangka dulu ya!!!mentang – mentang gratis terus software ini seadanya gitu? tentunya tidak.., tak kenal maka tak sayang ya.

Software SLiMS ini pertama kali mengudara tahun 2007, dan pertama kali digunakan di Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional, dikembangkan oleh  SDC (Senayan Developers Community) Di koordinir oleh Hendro Wicaksono , dengan Programmer Arie Nugraha ], Wardiyono. Sementara dokumentasi dikerjakan oleh Purwoko, Sulfan Zayd, M Rasyid Ridho, Arif Syamsudin. Pada Januari 2012, developer SLiMS bertambah 2 orang, yaitu: Indra Sutriadi Pipii (Gorontalo) dan Eddy Subratha (Jogjakarta). Selain itu, ada pula programmer Tobias Zeumer (tzeumer@verweisungsform.de), dan Jhon Urrego Felipe Mejia (ingenierofelipeurrego@gmail.com).Situs resmi SLiMS, saat ini ada di SLiMS

Alasan sederhana kenapa pustakawan Universitas Raharja memilih menggunakan software manajemen Perpustakaan SLiMS, karena SLiMS dibuat dan dikembangkan oleh orang- orang yang mempunyai latar belakang Perpustakaan yang sangat Hobi IT, jadi dasar pembuatan dan pengembangannya didasarkan dengan kebutuhan Perpustakaan, selain gratis mau apa aja udah ada di SliMS tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan instansinya.

Simple kan, pastinya!!!

Sebagai sebuah Sistem Automasi Perpustakaan yang terintergrasi, Koleksi yang terdapat di Perpustakaan Universitas Raharja Saat ini Berjumlah 4776 Eksemplar atau bisa dilihat di Perpustakaan Raharja dengan rincian koleksi diantaranya adalah :

A. Koleksi Buku

  1. Teknologi Informatika OPAC
  2. Desain Komunikasi Visual OPAC
  3. Sistem Informasi OPAC
  4. Ekonomi, Manajemen & Bisnis OPAC
  5. E- BOOK Internasional IT & Ekonomi Bisnis OPAC

Koleksi Perpustakaan Universitas Raharja Kini lebih bervariasi loh!!!

Selain buku – buku untuk menunjang kegiatan belajar di UR ( Universitas Raharja), kami juga menyediakan bahan Referensi buat inspirasi kalian dalam menyelesaikan Tugas Akhir, Skripsi, & Tesis,

B. Koleksi Jurnal Internasional; Saat ini Perpustakaan Universitas Raharja melanggan beberapa Jurnal Internasional diantaranya :

  1. IJSEIA : International Journal of Software Engineering and Applications klik disini
  2. Journal of ICT Research and Applications klik disini

C. Koleksi Jurnal Nasional Terakreditasi; Selain Jurnal Internasional Perpustakaan juga melanggan Jurnal Nasional Terakreditasi, diantaranya :

  1. TELKOMNIKA klik disini
  2. Jurnal Akuntansi, & Keuangan Indonesia klik disini

D. Jurnal Universitas Raharja Terkareditasi; Raharja juga punya Jurnal yang terakreditasiu Loh! Alhamdulillah ya…

  1. CCIT : Creative Communication and Innovative Technology.

Nah! baru, baru banget, sebenernya kita punya banyak sekali koleksi buku – buku yang ilmunya luar biasa, tapi kemarin sebelum ketemu sama software SLiMS kita gak tau pasti tuh, jumlah koleksi kita?apa aja koleksi kita? setelah aktif di Juli 2019 ini sebagai Universitas Raharja, Perpustakaan terus berbenah dan menyesuaikan dengan perkembangan Perpustakaan di era saat ini. Setelah kami melakukan seleksi sesuai kebutuhan, dan gencar dalam melakukan perubahan(pastinya menggunakan software SLiMS versi 8.3.1), Alhamdulillah, berkat perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, manajemen perpustakaan kian hari makin tertata rapih loh!!! Makanya sering – sering yah kunjungi WEB nya Perpustakaan Raharja, dan ke Perpustakaannya juga pastinya.

Mau pinjem koleksi kita? setiap instansi pastinya punya aturan main dong, ya iyalah, kalau gak diatur bisa semau guwe nanti.

Aturan Peminjaman Perpustakaan Universitas Raharja :

  1. Pemustaka harus sudah terdaftar sebagai member perpustakaan Universitas Raharja.
  2. Angota Perpustakaan yang ingin meminjam buku harus membawa kartu Mahasiswa/i  Kartu Kepegawaian.
  3. Mahasiswa/i  : maksimal buku yang dapat dipinjam 3 eksemplar dengan rincian masa peminjaman buku 1 Minggu, dan dapat diperpanjang sebanyak 2x masa peminjaman
  4. Dosen & Staff : maksimal buku yang dapat dipinjam 6 eksemplar dengan rincian masa peminjaman 1 Semester.
  5. Bagi Anggota yang ingin memperpanjang masa peminjaman buku dianjurkan melalui e-mail perpustakaan : library@raharja.info
  6. Anggota yang meminjam koleksi perpustakaan wajib menjaga dan merawat buku yang dipinjam.
  7. Semua koleksi buku bacaan dapat dipinjam kecuali, buku – buku Referensi ; Skripsi, KKP, Tesis, Journal, Kamus, dan Majalah.
  8.  Anggota harus mengembalikan buku tepat waktu, sesuai batas waktu yang telah ditentukan.
  9. Bagi anggota yang terlambat mengembalikan buku dikenakan denda  Rp2000, – /hari.
  10. Bagi anggota yang merusak dan menghilangkan buku, maka wajib untuk memperbaiki. buku yang dirusak dan menggati buku yang hilang sesuai dengan buku yang dihilangkan (tidak menerima penggantian dengan Uang Cash).

Syarat dan ketentuan memperoleh “Surat Keterangan Bebas Pustaka” Perpustakan Universitas Raharja :

  1. Mengumpulkan buku- buku yang telah ditentukan oleh Perpustakaan (Daftar buku dapat dicek disini) dihimbau untuk mengubungi penerbit ANDI OFFSET yang telah bekerjasama dengan Universitas Raharja.
  2. Mengirimkan File final (telah melalui Revisi, jika revisi) dari halaman cover hingga halaman akhir dalam format PDF, dikirm melalui E-mail Perpustakaan : library@raharja.info
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram