FUTURE  CAREER

  1. Retail Owner (Pemilik Retail)
  2. Business Planning Retail (Perencana Bisnis Retail)
  3. Departement Manager (Manajer Departemen)
  4. Retail Business Consultant (Konsultan Bisnis Retail)

Melalui metode pembelajaran simulasi (case study), pembelajaran berbasis pengalaman (experiental learning), dan pembelajaran berbasis active learning, diduung dengan sarana dan prasarana yang memadai, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, Program Studi Manajemen Retail Fakultas  Ekonomi dan Bisnis Universitas Raharja siap mencetak entrepreneur yang memiliki keahlian di bidang retail modern berbasis teknologi informasi.

Visi

Mengembangkan ilmu Manajemen Retail yang berbasis pada teknologi informasi yang berkualitas

Misi 

  1. Menyelenggarakan program pendidikan manajemen retail berbasis teknologi informasi sesuai perkembangan terakhir bisnis retail;
  2. Menciptakan suasana kondusif untuk terselenggaranya penelitian di bidang manajemen retail oleh sivitas akademika prodi Manajemen Retail;
  3. Menghasilkan karya-karya yang berstatus hak atas kekayaan intelektual (Haki); dan
  4. Berperan aktif sebagai katalisator dalam memberdayakan masyarakat untuk membangun usaha retail secara mandiri

Tujuan 

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berintegritas dan berdaya saing tinggi dalam bidang manajemen retail;
  2. Menghasilkan karya-karya yang diakui baik secara nasional maupun internasional melalui penelitian di bidang manajemen retail khususnya e­-retailing, business planning, management and business consultant;
  3. Menghasilkan pelayanan yang profesional dalam bidang manajemen retail.

CAI (Coffe Alphabet Inkubator

  • Real business experience : belajar teori dan aplikasi langsung dalam bisnis retail
  • Inkubator bisnis : mengembangkan inovasi bisnis retail berbasis teknologi informasi. Pengembangan berupa inovasi bisnis retail yang memanfaatkan teknologi Blockchain, Artificial Intelligence (AI), dan Odoo ERP (Enterprise Resource Planning) untuk menciptakan efisiensi, menghemat biaya, dan menyediakan produk dan layanan yang lebih baik.
  • MR REP (Manajemen Retail Raharja Enrichment Program) : program kelas khusus mempersiapkan mahasiswa dengan pengalaman nyata untuk menjadi pengusaha melalui bisnis start-up. 
  • Magang Bersertifikasi MBKM

Semester 1 : Character Building : Bahasa Indonesia, Character Building: Agama, Character Building: Pancasila, Koperasi, Pengantar Manajemen, Pengantar Teknologi Informasi, Pengenalan Retail, Pengetahuan Bisnis, dan Teori Ekonomi Mikro.

Semester 2 : Bisnis Digital dan Intelegensi Bisnis, Character Building : Bahasa Inggris I, Manajemen Pemasaran, Matematika Ekonomi, Pengantar Akuntansi 1, Statistika, dan Teori Ekonomi Makro

Semester 3 : Akuntansi Retail, Character Building : Bahasa Inggris II, Komunikasi Pemasaran, Manajemen Retail, Manajemen SDM, Manajemen Strategi, dan Perilaku Konsumen.

Semester 4 : E-Retailing 1, Entrepreneurship, Komunikasi Bisnis, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Manajemen Rantai Pasokan, Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah, dan Sistem Informasi Manajemen.

Semester 5 : Analisis Lokasi Retail, Analisis Proses Bisnis, Business Start-Up, E-Retailing II, Manajemen Hubungan Pelanggan, Metode Riset Bisnis Retail, Pembelian Retail dan Merchandise.

Semester 6 : Character Building : Kewarganegaraan, Etika Profesi, Manajemen Distribusi, Manajemen Operasi, Pemasaran Jasa, Retail Internasional, dan Studi Kelayakan Bisnis.

Semester 7 : E-Commerce, Ekonomi Manajerial, Kuliah Kerja Praktek (KKP), Manajemen Perkantoran, Manajemen Produk dan Jasa, dan Perencanaan Media dan Periklanan.

Semester 8: Skripsi

 

 

 

 

  1. Assoc. Prof. Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., M.M.  Beliau adalah pakar di bidang teknologi Blockchain yaitu serangkaian blok berisikan informasi digital. Sesuai dengan visi program studi yaitu mengembangkan ilmu manajemen retail berbasis teknologi informasi tentunya teknologi blockchain harus diketahui, dipahami, dan dipelajari sehingga dapat diaplikasikan dalam praktek berbisnis. Teknologi ini banyak dimanfaatkan untuk  manajemen bisnis retail modern  seperti  memberikan ulasan histori produk, kebutuhan logistik dan rantai pasok (supply chain). Para pelaku bisnis masa kini perlu pemahaman tentang teknologi blockchain agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan, transparasi, keamanan serta akurasi serta meningkatkan efisiensi serta menurunkan biaya. Pastinya, mahasiswa di Program Studi Manajemen Retail  akan merasakan perbedaannya karena dibimbing oleh pakarnya langsung.
  2. Asisten Prof. Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si.   Sebagai pengurus APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Kota Tangerang, pastinya akan memperhatikan penyediaan kesempatan kerja untuk mengurangi angka tingkat pengangguran di Banten dan menciptakan tenaga tenaga yang siap pakai dan dibutuhkan oleh industri yang ada di Banten. Jika mahasiswa manajemen retail berbakat dan berprestasi, kami akan merekomendasikannya ke perusahaan dan pelaku usaha.
  3. Assoc.Prof. Dr. Ankur Singh Bist  adalah Kepala Ilmuan Artificial Intelligence (AI)  di Towards Blockchain, India. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yaitu sistem yang meniru karya intelektual bahwa otak manusia yang dilakukan pada komputer. Kini AI  telah menjadi dasar operasi yang baru untuk bisnis masa kini. AI bukan sekadar akan menggantikan tugas manusia, tetapi juga akan menjadi konsep dasar perusahaan dalam bekerja dan bersaing. Penerapan AI dalam bisnis retail modern cukup beragam, dari hulu ke hilir, dari siklus inisiasi produk, pelayanan konsumen hingga layanan pembayaran. Mahasiswa Program Studi Manajemen Retail akan dibimbing oleh pakar Internasional di bidang teknologi Artificial Intelligence(AI).
  4. Dr. Rasyid Tarmizi, S.E., M.M.  sebagai direktur  operasional di salah satu perusahaan tentunya memiliki pengalaman dalam  pemantauan dan analisis sistem produksi serta menyusun strategi untuk meningkatkan produksi. Pengalaman inilah akan dibagikan kepada kalian saat proses pembelajaran berlangsung dan akan diaplikasikan dalam kegiatan praktik.
  5. Dr. Ir. Moch. Heru Riza Chakim, M.M.BA. Teknologi, Beliau CEO PT Deco Mandiri Sejahtera dan fokus di bidang strategic Entreprenership atau strategi kewirausahaan. Kunci keberhasilan suatu bisnis hingga akhirnya bisa mencapai keberhasilan yaitu dengan pemilihan startegi yang tepat dan maksimal. Dengan penerapan strategi secara tepat dan maksimal, kesuksesan yang diimpikan pasti akan tercapai. Mahasiswa manajemen retail dapat belajar kiat dan strategi sukses dari pengalaman beliau dalam membangun bisnisnya.
  6. Sugina, S.Sos., M.M. sebagai Tenaga Ahli Anggota DPR/MPR dan Ketua Komite Tetap Kemitraan Antar Anggota Dewan Penasehat dan Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan lndustri (Kadin) Kota Tangerang membuka peluang belajar dalam menjalin kemitraan dengan Kementrian Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia. 
  7. Takismen, M.M., M.B.A. Beliau Konsultan  dan Praktisi Perpajakan, Kuasa Hukum di Pengadilan Pajak, serta Konsultan Manajemen. Dalam pengelolaan suatu bisnis, urusan perpajakan adalah satu hal yang tidak bisa dilepaskan. Pajak adalah hal yang menjadi tanggung jawab ketika ingin memulai kegiatan usaha. Oleh karena itu, kalian butuh mempelajari dengan baik mengenai perpajakan.
  8. Mulyati, S.E., M.M., M.Pd. fokus pada bidang ilmu Manajemen Sumber daya Manusia. Peran manajemen sumber daya manusia sangat penting dalam bisnis ritel untuk berfokus pada masalah strategi dalam struktur organisasi. Mahasiswa manajemen retail akan diberikan keahliahan sebagai SDM yang handal dan kompetitif. 
  9. Selamat Zebua, S.E., M.M. fokus di bidang Manajemen Keuangan. Dengan manajemen keuangan yang baik, tentunya perusahaan akan mampu berjalan dengan lebih lancar sehingga membantu pemilik usaha mengetahui kondisi perusahaan tentang seberapa efektif keuangan perusahaan ke depan.
  10. Nitema Gulo, S.E., M.M.

Informasi pendaftaran selengkapnya  Klik di sini

Exclusive Class


Haii Guys … di Program Studi Manajemen Retail Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Raharja terdapat exclusive class yaitu MR REP.  

MR REP kepanjangan dari Manajemen Retail Raharja Enrichment Program yaitu program untuk mengasah soft skill dan mencari pengalaman dalam dunia kerja. Di program ini, mahasiswa manajemen retail dibimbing untuk menjadi pengusaha di bidang retail berbasis teknologi informasi. Kalian setiap hari kuliah di Center of Excellence Fakultas Ekonomi dan Bisnis di satu tempat bernuansa start up yang bernama Alphabet Incubator. Kalian akan diarahkan untuk fokus pada bidang yang ingin ditekuni yaitu penelitian, merintis usaha (business startup), magang, dan pengabdian sosial.

  • Penelitian  : mahasiswa manajemen retail akan dibimbing oleh peneliti-peneliti yang sudah mendapatkan penghargaan nasional dan internasional dari dalam dan luar negeri melalui kerjasama dengan perusahaan dalam dan luar negeri sehingga menghasilkan inovasi-inovasi bisnis retail berbasis teknologi informasi yang dapat berguna bagi masyarakat dan dunia bisnis 
  • Merintis usaha (business startup) : bagi mahasiswa manajemen retail yang memiliki jiwa bisnis akan dibimbing oleh dosen-dosen yang berpengalaman melalui inkubator bisnis sebagai Center of Excellence  Fakultas Ekonomi dan Bisnis bekerjasama dengan kemitraan dan elemen bisnis lainnya. Elemen-elemen tersebut mencakup permodalan, fasilitas kerja, pelatihan, bimbingan, dan sebagainya. 
  • Magang.  Di program ini, mahasiswa manajemen retail akan merasakan langsung seperti apa dunia kerja agar saat terjun ke dunia kerja, tidak lagi kaget akan kondisi dan tekanan dalam pekerjaan. Banyak sekali keuntungan yang didapat wawasan akan semakin luas, memperluas jaringan, mendapat penghasilan tambahan, dan berkesempatan untuk dapat pekerjaan. Jadi, kalau kerja kalian bagus, kemungkinan besar setalah lulus langsung direkrut oleh perusahaan tersebut.
  • Pengabdian Sosial. Di program ini, mahasiswa manajemen retail akan mengikuti kegiatan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan agar dapat merasakan kehidupan yang lebih bermakna jika dapat membantunya. Salah satu kegiatannya yaitu hasil dari penjualan Coffee Alphabet Incubator (CAI) didonasikan ke Yayasan Sayap Ibu untuk membantu anak-anak berkebutuhan khusus.

 


website counter

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram