IDENTITAS UNIVERSITAS RAHARJA

ROBO (Read Ocean Blue Ocean) Raharja

ROBO yang dikenal dengan Red Ocean Blue Ocean merupakan slogan Raharja, diibaratkan mahasiswa lulusan Perguruan Tinggi Raharja (Red Ocean) yang akan bersaing dengan banyaknya lulusan dari Perguruan Tinggi lain (Blue Ocean). Dikutip dari –iRAN–

::Red Ocean::

Red Ocean Strategy dengan jelas mengatakan bahwa bisnis/perusahaan akan senantiasa berhadapan dengan persoalan yang berhubungan dengan bagaimana memenangkan “peperangan” dan sudah jelas lawan-lawan/musuh yang dihadapinya, sudah jelas juga strategi yang akan dan sedang digunakan oleh masing-masing pihak dan pada akhirnya siapa yang memiliki keunggulan bersaing (kompetitif) dialah yang menjadi pemenang, keunggulan dalam mengatasi kompetisi akan menentukan nilai kerja perusahaan dengan kata lain intinya bertumpu pada kemampuan mengungguli produk yang sejenis. Semakin banyak “lawan” yang dikalahkan akan semakin bagus unjuk kerja perusahaan. –Widuri

Tidak hanya semata perusahaan yang bergerak didunia bisnis saja yang dapat keluar dari paradigma Red Ocean Strategy, dalam dunia pendidikan pun dapat dilakukan oleh Raharja. Raharja keluar dari ‘pakem’ Red Ocean Strategy dengan menciptakan Value Innovation yang tidak pernah terpikirkan oleh institusi/lembaga pendidikan (tinggi) lainnya.

::Blue Ocean::

Blue Ocean Strategy pada dasarnya merupakan sebuah siasat untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif, dan selama ini diabaikan oleh para pesaing. Fitur produk ini biasanya juga berbeda secara radikal dengan yang selama ini sudah ada dipasar. Value Innovation tidak selalu berupa inovasi teknologi, tetapi berupa inovasi untuk peningkatan manfaat bagi pelanggan. Setiap strategi selalu mempunyai resiko yang harus diperhitungkan dengan seksama. dengan cara seperti diatas, Blue Ocean mendorong pelakunya untuk memasuki sebuah arena pasar baru yang potensial, dan yang selama ini “dilupakan” oleh para pesaing. Jika sebuah perusahaan berhasil menciptakan Blue Ocean, maka ia pasti akan tumbuh pesat karena hanya ia sendirilah yang bermain dalam pasar baru itu tanpa kehadiran pesaing. Kata kompetisi menjadi sama sekali tidak relevan. Moto utama dari Blue Ocean Strategy dalam menghadapi persaingan bisnis adalah “Jangan Bersaing dengan para pesaing, tapi jadikan kompetisi itu sendiri tak relevan”. –Widuri

“Jangan bersaing dengan para pesaing, tapi jadikanlah kompetisi itu sendiri tidak relevan”. Dan itu telah dilakukan oleh Raharja melalui inovasinya berupa iLearning yang membedakan Raharja dengan perguruan tinggi lainnya. Ini merupakan contoh konkrit dari Blue Ocean Strategy yang biasanya diterapkan dalam dunia bisnis, tetapi juga aplikatip diterapkan di dunia pendidikan (tinggi), maju dan berjaya terus bersama Raharja.

Dasa Nilai Luhur Pribadi Raharja

Dasa Nilai Luhur Pribadi Raharja yang harus selalu dipegang teguh adalah :

  1. Pribadi Raharja yang selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Pribadi Raharja yang selalu dinamis dan mempunyai keberanian melakukan terobosan-terobosan baru.
  3. Pribadi Raharja yang selalu hemat, cermat dan kesahajaan.
  4. Pribadi Raharja yang selalu menciptakan kedamaian/persaudaraan , kemakmuran dan kesejahteraan dalam semangat multiperspektif.
  5. Pribadi Raharja yang selalu terdepan dalam kemajuan pemikiran, kemodernan, dan keintelegensian.
  6. Pribadi Raharja yang selalu hidup bergotong-royong, memiliki daya tahan menghadapi segala tantangan hidup.
  7. Pribadi Raharja yang selalu berguna bagi nusa dan bangsa.
  8. Pribadi Raharja yang selalu mempunyai kecepatan, mobilitas yang tinggi dan fleksibel.
  9. Pribadi Raharja yang selalu mencerminkan ketegaran, kewibawaan, kemantapan dalam tindakan, perkataan, pikiran dan hati nurani.
  10. Pribadi Raharja yang selalu abadi mempertahankan nilai-nilai luhur Pribadi Raharja.
Print Out Untuk Pembacaan Dasa Nilai Luhur Pada Acara Seremonial. Bisa dilihat disini.

Maskot Universitas Raharja

Mengapa Ikan Bertopi Toga ?

  1. Ikan adalah satwa air yang mempunyai insang sebagai filter/filterisasi. Diharapkan Pribadi Raharja mampu menyaring segala bentuk informasi yang positif dan negatif.
  2. Ikan adalah satwa air yang mempunyai daya tahan terhadap gelombang dan arus air. Diharapkan Pribadi Raharja menjadi pribadi yang tangguh, mempunyai kecepatan, mobilitas yang tinggi, fleksibel dan mempunyai daya tahan yang kuat menghadapi segala tantangan hidup.
  3. Ikan adalah satwa air yang mempunyai kebebasan kemana pun ia berenang. Diharapkan Pribadi Raharja mempunyai kebebasan menyampaikan segala bentuk pemikiran dan pendapat dalam lingkup koridor demokrasi.
  4. Ikan adalah satwa air yang senang berkelompok. Diharapkan Pribadi Raharja selalu hidup dalam kebersamaan.
  5. Maskot Ikan ini diharapkan mampu mewakili sosok Pribadi Raharja. Dengan fungsi toga yang dikenakan, sebetulnya merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki maskot Pribadi Raharja. Bahwa dengan mengenakan topi toga dan ijazah yang digenggamnya, membuktikan bahwa Pribadi Raharja menganggap pentingnya meraih gelar kesarjanaan dalam menggapai cita-cita luhur.

MARS RAHARJA

Kami Pribadi Raharja …
Insan beriman dan bertaqwa,

Penerus pusaka Indonesia merdeka Penyumbang sumber daya manusia
Penerus pusaka Indonesia merdeka Penyumbang sumber daya manusia
Bersama kami, mencerdaskan bangsa, Di dunia informatika…
Bersama Kami, raih cita-cita, Di dunia Informatika … aaa …
Get the better future by computer science Maju bersama Raharja…
Get the better future by computer science Membangun Bangsa…

Green Campus Raharja

“Green” atau dengan sebutan “Green Leaf” sering diartikan dengan masih hijau yaitu merupakan bibit-bibit unggul generasi muda kita yang masih hijau. Hanya di Green Campuslah yang akan bisa melahirkan seorang Pribadi Raharja yang setelah menempuh proses perkuliahan akan menjelma menjadi Pribadi Raharja yang matang dan berguna bagi bangsa dan negara.

“Green” identik dengan istilah ilmu biologi dalam proses photosynthesis, yang sangat berperan dalam mewujudkan oksigen(O2) dan memberi hidup kepada seluruh kehidupan satwa. Berarti Green Campus berperan untuk memberi bekal kehidupan dalam bentuk ilmu pengetahuan agar Pribadi Raharja kelak dapat dengan mantap menempuh kehidupan dalam bermasyarakat.

“Green” dalam Konteks “Green Field”, “Green House” atau “Green Peace” mengandung arti kemakmuran, kesejahteraan dan kedamaian. Diharapkan Green Campus akan menciptakan Pribadi Raharja yang makmur, sejahtera dan cinta damai.

“Green” dalam konteks “Green Power” berarti kekuatan finansial, mengandung tujuan bahwa Green Campus sebagai kampus yang memiliki finansial yang kuat untuk menopang seluruh aktifitas dan fasilitas perkuliahan agar menciptakan Pribadi Raharja yang dapat mandiri secara finansial (Financially Independence).

“Green” identik dengan tumbuh-tumbuhan yang hidupnya tersebar dari puncak gunung sampai dasar lautan, dari kutub utara sampai kutub selatan. Ini berarti bahwa Pribadi Raharja dengan bekal yang dimiliki, dapat hidup (survive) dimana-mana.

AMC Raharja

AMCR merupakan sebuah mantra yang digunakan oleh Pribadi Raharja untuk menunjukkan rasa cintanya kepada almamater kampus tercinta yaitu Green Campus. AMCR yang merupakan kepanjangan dari Aku Makin Cinta Raharja juga sering dilantunkan menjadi lagu  yang ditampilkan pada acara Wisuda.


Berikut ini rekaman video lantunan lagu AMCR yang dinyanyikan pada acara Wisuda tanggal 29 April 2015.

::AKU MAKIN CINTA RAHARJA::

Sekian lama kita bersama…
Diantara banyak peristiwa…
Sering aku tak mengerti…
Perasaanku padamu…

Mungkinkah ini tandanya cinta…
Ataukah perasaanku saja…
Kini baru kusadari…
Yang sesungguhnya terjadi…

Ternyata aku makin cinta…
Cinta sama kamu…
Hanya kamu seorang kasihku…
Tak mau yang lain…
Hanya sama kamu…
Kamu yang terakhir…
Yang ku cinta…

Mungkinkah ini tandanya cinta…
Ataukah perasaanku saja…
Kini baru kusadari…
ang sesungguhnya terjadi…

Ternyata aku makin cinta…
Cinta sama kamu…
Hanya kamu seorang kasihku…
Tak mau yang lain…
Hanya sama kamu…
Kamu yang terakhir…
Yang ku cinta…

Ternyata aku makin cinta…
Cinta sama kamu…
Hanya kamu seorang kasihku…
Tak mau yang lain…
Hanya sama kamu…
Kamu yang terakhir…
Yang ku cinta…

Kamu yang terakhir…
Yang ku cinta…
Aku Makin Cinta Raharja…

Pribadi Raharja

Pribadi Raharja mencerminkan wawasan almamater yang berkeyakinan bahwa perguruan tinggi harus benar-benar merupakan lembaga ilmiah dan kampus harus benar-benar merupakan masyarakat ilmiah. Perguruan tinggi sebagai almamater (ibu asuh) merupakan suatu kesatuan yang bulat dan mandiri.

Pribadi Raharja mencakup keempat unsur Civitas Akademika, yakni Dosen, Staff/Karyawan Administratif, mahasiswa serta alumni harus manunggal dengan almamater, berbakti kepadanya dan melalui almamater mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara dengan jalan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kunci Sukses Raharja 

Kunci Sukses adalah pedoman hidup yang dikemas dalam sebuah cerita rakyat, yang menggambarkan menjadi Pribadi Raharja sebagai keberhasilan.


Alkisah tentang seorang anak berlutut dihadapan ibunya seraya berkata: “Wahai ibunda, berikanlah bekal harta dan warisan kepada ananda untuk meraih cita-cita Ananda.” Konon ibunya berkata: Wahai Ananda, Ibunda hanya bisa memberikan sebuah kunci kepadamu, kunci sukses meraih cita-citamu.

Apabila dari suatu ruangan ingin memasuki ruangan tertentu, kita selalu berkata bahwa kita dirintangi oleh sebuah pintu. Kendati demikian bukan pintunya yang menghalang-halangi melainkan kita belum mempunyai kunci untuk memasuki ruangan tersebut. Apabila kita telah memiliki kuncinya, niscaya dengan sendirinya kita dapat memasuki ruangan itu.

Analoginya adalah: Keberhasilan atau kesuksesan diibaratkan sebuah ruangan yang memiliki pintu besi yang mustahil kita tembus kalau kita tidak memiliki kuncinya. Menjadi Pribadi Raharja adalah kunci sukses meraih keberhasilan dalam hidup kita.

“Bersama Pribadi Raharja Dapatkan Kunci Sukses Meraih Cita-cita”

Diinspirasikan Oleh 

PROF. DR. IR. UNTUNG RAHARDJA,M.T.I., M.M.
::8 Agustus 2004::

Logo Universitas Raharja

     

Nama Raharja diinspirasikan dari motto Kota dan Kabupaten Tangerang, yaitu

“Bhakti Karya Adhi Kerta Raharja” dan “Satya Karya Kerta Raharja”.

Arti luasnya adalah: Keinginan dan niat para pendiri untuk membantu pemerintah ikut serta dalam membangun masyarakat yang sejahtera melalui penguasaan di bidang teknologi informasi dan komputer.

Panca Warna yang digunakan adalah Merah, Hijau, Biru, Abu-abu, dan Putih dengan makna:

  1. Warna Merah melambangkan kedinamisan dan keberanian melalui terobosan-terobosan baru.
  2. Warna Hijau mencerminkan kemakmuran, kesejahteraan, dan kedamaian/persaudaraan.
  3. Warna Biru mencerminkan keabadian dan kesahajaan.
  4. Warna Abu-abu mencerminkan kemajuan pemikiran, kemodernan dan keintelegensian.
  5. Warna Putih mencerminkan ketulusan, keikhlasan.
Multiperspektif

Dikampus Hijau, Pribadi Raharja adalah bagian ”Multiperspektif” dari variasi perbedaan latar belakang. Ini berarti Pribadi Raharja menyadari keberagaman multinationalitymulticulturalmultiracialmultilingual dan multireligion.

Multiperspektif memungkinkan munculnya kesadaran ”lintas Perbedaan” dalam memahami dunia global, yang berorientasi pada semangat globalisasi dan datang dari berbagai latar belakang perbedaan tersebut.
Pribadi Raharja Card The Big Future Vision of Raharja, merupakan potensi yang dicapai oleh Universitas Raharja dengan mengintegrasikan seluruh pelayanan berbasis IT, melalui Intelligent Card kepada Pribadi Raharja. Potensi 9 in 1
  1. Kartu Parkir
  2. Kartu RIC
  3. Kartu Absen
  4. Kartu ATM
  5. Kartu SIS
  6. Kartu Kantin
  7. Kartu Transaksi
  8. Kartu Perpustakaan
  9. Kartu Konsultasi
error

INFO MAHASISWA BARU

Facebook
Instagram