Mikrokontroler

Definisi Mikrokontroler

Mikrokrontroler (Microcontroller) adalah perangkat komputer mini (mikro) yang dikemas dalam satu chip tunggal IC (Integrated Circuit) dan mempunyai program operasi tertentu didalamnya. Komponen pada mikrokontroler ini hampir mirip dengan sebuah perangkat komputer (PC) biasa.

Perbedaan Mikrokontroler Dengan Mikroprosesor

Mikrokontroler mengintegrasikan CPU, ROM, RAM, EEPROM, I/O, Peripheral ke dalam satu Chip. Sedangkan pada Mikroprosessor, Chip IC nya hanya terdiri dari CPU dan beberapa IC pendukung. Suatu Mikroprocessor membutuhkan adanya perangka eksternal tambahan berupa komponen inti (RAM, ROM, I/O, storage) dan komponen peripheral lainnya serta interkoneksi bus antar perangkat.

Umumnya mikrokontroler digunakan untuk projek-projek dengan sistem tertanam dan IoT, serta untuk sistem-sistem dengan tujuan spesifik lainnya. Sedangkan mikroprosesor biasanya digunakan untuk melakukan hal yang lebih kompleks dan membutuhkan komputasi yang berat, dimana membutuhkan memori dan sumber daya yang lebih besar.

Sebutkan Contoh-Contoh Mikrokontroler Dengan Software Pemrograman Yang Digunakan

Bahasa pemrograman Arduino sebenarnya adalah bahasa C tapi terdapat sedikit modifikasi, dengan kata lain bahasa Arduino merupakan simplifikasi dari bahasa C sehingga sangat cocok untuk pemula.

Implementasi Mikrontroler Dengan Contoh Penggunaannya

Monitoring Debit Air dan Alat Penggerak Pintu Air di Bendungan
Dalam hal ini digunakan mikrokontroUer AT89C51 sebagai unit penerima dan pengirim data biner. Sedangkan sebagai media komunikasi yang digunakan adalah serial RS-232. Selain untuk memonitor debit air penggunaan komunikasi mikrokontroller AT89C5 I dan komputer memungkinkan untuk pengendalian gerakan motor sebagai penggerak pintu bendungan dari pusat pantau juga.

Sumber :
http://dzhoelakhers-ishilia.blogspot.com/2010/10/penerapan-mikrokontroler.html
https://www.kmtech.id/post/mikrokontroler-dan-mikroprosesor-apa-bedanya
http://reslab.sk.fti.unand.ac.id/index.php?option=com_k2&view=item&id=227:perbedaan-mikroprocessor-dan-mikrocontroller&Itemid=303

Leave Comment

error

INFO MAHASISWA BARU

Facebook
Instagram