PERBEDAAN CC DAN BCC PADA E-MAIL

Mengenal Cc dan Bcc

Masih banyak yang belum mengerti perbedaan antara Cc dan Bcc ketika hendak mengirimkan email. Padahal kedua opsi tersebut biasa ditemukan pada bagian kolom penerima ini masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. 

Cc merupakan singkatan dari carbon copy. Penamaan ini mengikuti konsep kertas karbon yang digunakan untuk menyalin tulisan pada kertas lain (misalnya pada nota kwitansi).

Kertas karbon yang biasanya diletakkan di antara dua lembar kertas kosong dimana jika kertas paling atas ditulis dengan menggunakan mesin ketik, maka tekanan dari tulisan pada lembar pertama akan menembuskan tinta dari kertas karbon menempel pada kertas di bawahnya sehingga menghasilkan salinan. 

Sama seperti penggunaan kertas karbon, Cc dalam pengiriman email digunakan sebagai salah satu cara mudah untuk mengirimkan salinan email ke orang lain. Cc sendiri pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan kolom “to” pada saat mengirimkan email.

Jika penerima utama yang dimasukkan pada kolom “to” akan lebih berpengaruh secara langsung oleh email dan diharapkan untuk menanggapi email tersebut, maka biasanya kolom Cc digunakan untuk memasukkan penerima tambahan dengan maksud untuk membuat orang tersebut tetap terhubung dengan rangkaian email tersebut  tanpa ada kewajiban untuk merespon atau memberikan tanggapan terkait email. Karena alasan ini pula Cc kerap disebut sebagai “courtesy copy”.

Bcc adalah kependekan dari blind carbon copy. Sama seperti Cc, fitur ini juga akan mengirimkan email yang sama pada penerima. Namun seperti namanya, Bcc ini blind alias tidak bisa dilihat oleh penerima yang lain, baik itu Cc maupun Bcc.

Berbalas email atau reply email hingga berulang kali inilah yang kemudian disebut dengan email threads atau utas surel. Ternyata, akan ada perbedaan pada email threads jika menggunakan Cc dan Bcc.

Perbedaan Cc dan Bcc

  • Jika kita menggunakan cc, seluruh penerima bisa menyambung email threads secara langsung. 

Jika kita menggunakan bcc, maka penerima yang masuk dalam daftar Bcc tidak akan dapat menyambung email threads. Bahkan besar kemungkinannya jika balasan mereka dalam email threads akan “tersingkirkan” balasan dari penerima lain.

  • Cc merupakan kepanjangan dari carbon copy. Jika menggunakan kolom Cc, maka kita dapat mengirimkan email ke penerima lain. Dalam hal ini, tembusan dan si penerima email utama yang alamatnya diletakkan di kolom “to” dapat mengetahui kepada siapa email tersebut diteruskan.

Bcc merupakan kepanjangan dari blind carbon copy. Jika menggunakan Bcc, maka penerima di kolom “to” tidak akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirimkan atau ditembuskan.

Misalnya kita mengirimkan email dengan penerima utama (to) Adam, Cc ditujukan pada Billy serta Catherine, dan Bcc untuk Danny. Adam hanya bisa melihat Billy dan Catherine sebagai penerima. Begitu halnya dengan Billy dan Catherine. Namun Danny bisa tahu bahwa ada penerima utama Adam dan Cc yang ditujukan pada Billy dan Catherine. Walau begitu, jika Bbcc ditambah email Emily katakanlah, Danny juga tidak dapat melacaknya karena memang Bcc tidak dapat dilihat oleh penerima lain.

  • To : Penerima utama sebuah email.
  • Cc. (carbon copy) : Orang yang ingin kita beritahu bahwa kita mengirim pesan ke penerima (yang ditulis di kolom To). Penerima email akan tahu siapa saja yang di Cc.
  • Bcc (blind carbon copy): Orang yang ingin kita beritahu bahwa kita mengirim pesan ke penerima disertai siapa saja yang di-Cc-kan. Penerima email maupun orang yang di Cc-kan tidak akan tahu siapa saja Bcc-nya dan setiap Bcc tidak akan tahu siapa Bcc selain dirinya.

Contoh:

Jika kita terapkan pengertian di atas terhadap para penerima tersebut, ini yang akan terjadi :

Dari penjelasan singkat tentang Cc dan Bcc ini sudah bisa menyimpulkan satu perbedaan Cc dan Bcc, yaitu dari visibility atau keterlibatannya. Email bcc tidak dapat dilihat penerima lainnya, sedangkan cc dapat dilihat seluruh penerima. Jadi hanya pengirim yang dapat mengetahui daftar bcc lengkap dalam email kirimannya.

Kapan sebaiknya menggunakan Cc?

Pada dasarnya kita dapat menggunakan Cc email jika kita ingin menyertakan penerima tambahan di dalam email thread dimana daftar penerima tambahan tersebut juga terlihat oleh semua penerima. Hal ini butuhkan dalam beberapa situasi seperti:

  • Memperkenalkan kontak. Kolom Cc dapat digunakan untuk memperkenalkan kontak penerima satu sama lain. 
  • Menjaga keterhubungan dengan pemangku kepentingan. Misalnya menggunakan Cc email untuk terus menginformasikan perkembangan status proyek pada pihak manajemen atau pihak lain yang terlibat. 
  • Mengomunikasikan urgensi. Menyertakan atasan atau manajer di dalam Cc email menunjukkan bahwa konten email tersebut penting dan sensitif. Cara ini dapat berguna ketika sudah beberapa kali membuat email permintaan ke satu pihak namun tidak mendapat respon. 

Kapan sebaiknya menggunakan Bcc?

Kita dapat menggunakan Bcc email jika ingin menyertakan penerima tambahan tetapi tidak ingin penerima mengetahui siapa lagi yang menerima email tersebut. Hal ini dibutuhkan pada beberapa situasi seperti:

  • Jika tidak ingin penerima utama tahu. Contohnya ketika memberikan bukti perilaku buruk atasan kepada HR atau ketika kita ingin mengingatkan atasan tentang masalah yang kita hadapi dengan klien. Meski begitu, diskusikan strategi ini dengan penerima Bcc agar mereka tidak membalas email tersebut dengan menekan Reply All sehingga penerima utama atau Cc email tahu bahwa kita diam-diam meneruskan email tersebut ke pihak lain. 
  • Mengirim email ke mailing list. Saat mengirimkan email ke banyak penerima yang tidak saling mengenal sangat penting untuk menggunakan Bcc agar tidak melanggar privasi mereka. 
  • Mengirim newsletter. Kita dapat menggunakan Bcc saat mengirim buletin perusahaan untuk menghindari kebocoran nama pelanggan dan alamat email satu sama lain tanpa persetujuan mereka. 

Sumber:

  1. https://www.dewaweb.com/blog/jangan-salah-menggunakan-inilah-perbedaan-cc-dan-bcc-pada-email/#:~:text=Cc%20merupakan%20singkatan%20dari%20carbon,kependekan%20dari%20blind%20carbon%20copy.
  2. https://www.liputan6.com/tekno/read/3353985/wajib-tahu-ini-perbedaan-cc-dan-bcc-di-email
  3. https://emailkerja.id/blog/perbedaan-to-cc-dan-bcc-pada-email.html
  4. https://www.ekrut.com/media/perbedaan-cc-dan-bcc

2 Comments

Leave Comment

error

INFO MAHASISWA BARU

Facebook
Instagram