APA ITU PEMBELAJARAN JARAK JAUH?

Mengenal Pendidikan Jarak Jauh

Meluasnya wabah pandemi Covid-19 telah memaksa pemerintah untuk menutup sekolah-sekolah dan mendorong diadakannya pembelajaran jarak jauh dari rumah. Berbagai cara dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan belajar tetap berlangsung meskipun tidak adanya sesi tatap muka langsung.

Perubahan mendadak dari metode tatap muka di ruang kelas menjadi pembelajaran jarak jauh dari rumah juga menunjukkan kebutuhan akan peningkatan kapasitas dari guru-guru. Akses internet yang tidak merata, kesenjangan kualifikasi guru, dan kualitas pendidikan, serta kurangnya keterampilan komunikasi dan teknologi menjadi kerentanan dalam inisiatif pembelajaran jarak jauh di Indonesia.

Pendidikan jarak jauh (distance education) adalah pendidikan formal yang berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya

Secara sederhana, pembelajaran jarak jauh adalah pendidikan yang diajarkan dari jarak jauh, tanpa ruang kelas secara fisik. Historisnya, istilah dari pembelajaran jarak jauh terkait dengan program perguruan tinggi yang memungkinkan mahasiswanya belajar dari jarak jauh. Sekarang, pembelajaran jarak jauh tidak hanya berlaku bagi mahasiswa di tingkat perguruan tinggi, namun juga siswa sekolah menengah atas, menengah pertama bahkan siswa sekolah dasar.

Pada dasarnya pendidikan jarak jauh merupakan metode dimana peserta didik dengan pengajar berada di lokasi yang berbeda, sehingga diperlukan sistem telekomunikasi yang interaktif untuk dapat terhubung satu dengan lainnya. Pada pembelajaran jarak jauh, peran teknologi sangatlah dibutuhkan, mengingat pembelajaran dilakukan secara daring atau online.

Metode pembelajaran jarak jauh sebenarnya sudah ada jauh sebelum pandemi covid 19 melanda. Misalnya di negara Amerika Serikat yang telah melakukan metode ini sejak tahun 1892. Dimana pada waktu itu Universitas Chicago meluncurkan sistem pembelajaran jarak jauh yang pertama. Sejak saat itu metode PJJ terus dikembangkan dengan menggunakan beragam teknologi, mulai dari radio, televisi hingga teknologi internet. Metode pembelajaran jarak jauh terus mengalami perkembangan dengan menggunakan beragam teknologi komunikasi dan informasi termasuk radio, televisi, satelit, dan internet. Dengan meluasnya penggunaan internet oleh publik di berbagai negara pada tahun 1996 menjadi suatu fenomena yang berkembang dan diikuti oleh kemunculan beragam konten digital di dalamnya. Di tahun yang sama, John Bourne mengembangkan Asynchronous Learning Network Web yang merujuk kepada kemampuan untuk memberikan pendidikan kapan saja dan di mana saja melalui internet.

Di Indonesia sendiri, PJJ telah ada sejak lama dan telah dilakukan oleh beberapa kampus, Universitas Terbuka merupakan salah satu pelopor pendidikan jarak jauh di Indonesia. 

Saat terjadi pandemi covid 19, maka kementerian pendidikan dan kebudayaan memberikan kebijakan untuk melaksanakan metode PJJ. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat diadopsi menjadi permanen. Permanen dalam arti kata PJJ tetap digunakan meskipun pandemi sudah berakhir namun prosentase hanya sedikit, misal 10 persen online dan 90 persen tatap muka, itu juga tergantung kebijakan dari sekolah masing-masing.

Secara umum, pendidikan jarak jauh memiliki prinsip yang mencakup antara lain:

  • Akses, yakni terkait dengan keinginan untuk memperluas akses masyarakat terhadap pendidikan melalui penyelenggaraan pendidikan yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi, bersifat massal, ekonomis, serta meminimalkan kendala jarak dan waktu.
  • Pemerataan yang merujuk kepada asas keadilan dan persamaan hak bagi siapa saja untuk mengenyam pendidikan tanpa dibatasi oleh berbagai kendala.
  • Kualitas, yaitu berkenaan dengan jaminan standar pengajar, materi bahan ajar dan ujian, dan proses pembelajaran interaktif yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi.

Penyelenggaraan pendidikan jarak jauh di Indonesia tidak dimaksudkan untuk menggantikan sistem pendidikan konvensional secara tatap muka karena tujuan penyelenggaraannya adalah untuk memberikan layanan pendidikan tinggi kepada masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka dan memperluas akses serta mempermudah layanan pendidikan tinggi sebagaimana termaktub dalam Permendikbud nomor 109 tahun 2013.

Jenis-jenis pembelajaran jarak jauh

Ada beberapa cara yang berbeda untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh:

  • Konferensi video

Format paling umum, dengan kelas dan pemberian pelajaran disajikan lewat panggilan konferensi atau seminar online atau webinar melalui Zoom. Dalam beberapa kasus, kelas-kelas seperti ini biasanya memiliki seorang pendidik yang memimpin pelajaran sementara pengajar lainnya biasanya ditugaskan untuk menjawab pertanyaan dan memantau siswa.

  • Pembelajaran asinkron

Dalam pembelajaran asinkron, siswa didorong untuk bekerja secara mandiri. Tidak ada pelajaran kelompok, hanya tugas-tugas mingguan serta tenggat waktu untuk diselesaikan masing-masing. Metode belajar mandiri seperti ini menawarkan fleksibilitas kepada siswa untuk mengetahui struktur dan jadwalnya sendiri, namun menawarkan interaksi kelompok dan komunikasi dengan guru yang jauh lebih sedikit.

  • Jadwal terbuka

Kuliah atau pelajaran terbuka serupa dengan pelajaran pembelajaran asinkron, hanya saja pembatasannya jauh lebih sedikit. Kuliah jadwal terbuka tidak memiliki tenggat mingguan, sehingga memungkinkan siswa melakukan berbagai hal pada waktunya sendiri dan lebih baik menyeimbangkan komitmen ekstrakurikuler mereka. Ini merupakan pilihan yang lebih disukai oleh pekerja purnawaktu, orang tua, atau siapa saja yang ingin belajar namun tidak memiliki jadwal untuk mengikuti mata kuliah tatap muka.

Keunggulan dan kelemahan pendidikan jarak jauh

Keunggulan pembelajaran jarak jauh

  • Mata kuliah atau pelajaran jadwal terbuka memungkinkan lebih banyak fleksibilitas, tidak hanya dari segi lokasi belajar, namun juga waktu belajar, sehingga bagi mereka yang bekerja purna waktu saat belajar bisa memperoleh manfaat dari pembelajaran jarak jauh dengan kata lain pembelajaran jarak jauh dapat lebih dimungkinkan karena peserta didik dapat menyesuaikan mata kuliahnya sambil bekerja.
  • Dari segi biaya; mata pelajaran atau kuliah pembelajaran jarak jauh cenderung lebih murah daripada kuliah yang bertempat di kampus karena memerlukan sumber daya dan prasarana yang lebih sedikit. Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi sebagai media pembelajaran menimbulkan biaya yang lebih rendah baik bagi penyelenggara pendidikan jarak jauh maupun peserta didik.
  • Mata pelajaran atau kuliah pembelajaran jarak jauh terkadang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengejar mata pelajaran atau kualifikasi yang mungkin tidak tersedia di daerah setempat, karena kita bisa belajar dari mana saja di seluruh dunia tanpa perlu meninggalkan rumah.
  • Mengurangi pengeluaran tambahan, seperti untuk ruang kelas dan staf pengajar
  • Peserta didik dapat mengontrol kapan mereka belajar dan pada tahapan apa
  • Materi bahan ajar dan berbagai interaksi dalam bentuk tulisan yang dikemas secara digital memungkinkan peserta didik untuk dapat membaca kembali berulang-ulang informasi yang tercatat di dalamnya.

Kelemahan pembelajaran jarak jauh

  • Disiplin dapat menjadi masalah bagi pendidik saat melakukan pembelajaran jarak jauh. Jenis kenakalan-kenakalan yang biasanya terjadi di ruang kelas juga akan dialami saat melakukan panggilan konferensi, bedanya lebih sulit untuk mengendalikannya dari jauh.
  • Saat siswa belajar di rumah, mereka mungkin dikelilingi oleh lebih banyak gangguan daripada saat belajar di sekolah. Siswa yang mengobrol selama pelajaran juga mungkin lebih sulit diawasi dan dicegah.
  • Minimnya kontak langsung antara pengajar dan peserta didik memperlambat proses terbangunnya relasi sosial dan nilai-nilai yang menjadi tujuan dasar dari pendidikan.
  • Keterbatasan teknologi komunikasi dan informasi yang tidak dapat menggantikan sepenuhnya proses komunikasi dan interaksi secara langsung yang terjadi dalam pendidikan konvensional.

Karakteristik pendidikan jarak jauh

Pendidikan jarak jauh memiliki beberapa karakteristik dasar, yaitu:

  • Pengajar dan peserta didik tidak berada dalam satu ruang yang sama saat proses belajar-mengajar berlangsung.
  • Penyampaian materi ajar dan proses pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan media komunikasi dan informasi, Sehingga peran teknologi dalam pendidikan sangat penting saat PJJ.
  • Menekankan pada cara belajar mandiri namun ada lembaga yang mengaturnya. Meskipun terdapat lembaga yang mengatur, pembelajaran jarak jauh membebaskan guru untuk belajar lebih mandiri. Hal ini juga sesuai dengan arti Merdeka belajar dari nadiem Anwar Makarim, yang merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Keterbatasan pada pertemuan tatap muka. Biasanya pertemuan tatap muka dilakukan secara periodik antara peserta didik dengan pengajar atau tutor.
  • Fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain masing-masing peserta didik dapat mengatur waktu belajarnya sendiri sesuai dengan ketersediaan waktu dan kesiapannya.

Tips pembelajaran jarak jauh bagi siswa:

  • Membuat jadwal dan menepatinya. 

Keuntungan dari pendidikan jarak jauh adalah bahwa seringkali kita memutuskan kapan dan di mana kita akan belajar. Sisihkanlah beberapa jam dan patuhi jadwal sedapat mungkin. 

  • Tentukan ruang khusus untuk belajar. 

Jika memungkinkan, buat ruang khusus di rumah untuk belajar yang terpisah dari ruang tinggal. Ini akan memudahkan pemisahan urusan pekerjaan dan pribadi, saat kita berada di ruang itu, kita seperti berada di “ruang kelas” dan harus memperlakukannya seperti itu.

  • Bersiap menghadapi hari yang akan datang. 

Bersiaplah di pagi hari seperti halnya kita akan pergi ke sekolah. Rutinitas pagi yang baik menjadi kunci keberhasilan.

  • Kenali berbagai alat bantu. 

Kita tidak ingin ketinggalan karena kesulitan teknis, jadi pastikan untuk meluangkan waktu jauh sebelum waktu kelas online untuk mengenali teknologinya.

  • Ambil waktu untuk beristirahat. 

Saat kita membuat jadwal sendiri, pastikan juga memasukkan istirahat. Terus menerus belajar selama beberapa jam dapat memberi dampak yang merugikan.

  • Selalu ikuti semua perkembangan. 

Tidak seperti di ruang kelas, kita tidak akan memiliki guru yang berdiri di depan kita dan mengingatkan tentang tanggal pengumpulan tugas atau ulangan mendatang. 

  • Tetap menjalin hubungan dengan teman-teman sekelas. Jika kelas virtual tidak menawarkan banyak interaksi, pertimbangkan untuk membuat kelompok belajar agar bisa berhubungan dengan teman-teman sekelas.

Tips pembelajaran jarak jauh bagi pendidik:

  • Jadikan teknologi pendidikan sebagai asisten kita. 

Beralih ke mengajar secara online itu benar-benar menghilangkan semangat, namun kita akan segera menguasainya jika kita mengenal dunia digital.

  • Manfaatkan berbagai aplikasi, alat bantu, dan layanan yang dirancang untuk membantu pembelajaran online.
  • Dorong kerja sama. 

Berpikirlah di luar kebiasaan untuk menghasilkan proyek kolaboratif yang memfasilitasi pembelajaran sosial. 

  • Berinteraksilah dengan siswa-siswa. 

Jika bisa, berinteraksilah dengan setiap siswa secara langsung. Tentu itu akan sulit jika kita mengajar di kelas yang jumlahnya besar, namun jika kita dapat melakukannya, interaksi tatap muka langsung akan membuat mereka termotivasi dan membantu kita mengetahui tantangan pribadi. Jika tatap muka langsung tidak memungkinkan, pastikan untuk berkomunikasi dengan siswa melalui email atau pesan instan dan ingatkan mereka bahwa kita punya waktu untuk memberi nasihat tatap muka secara langsung.

  • Berikan umpan balik secara rutin. 

Masukan atau umpan balik membantu memotivasi siswa dan membantu mereka mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing, mendorong pertumbuhan dan perkembangan. Ini terutama sangat penting dalam pembelajaran remote di mana siswa mungkin merasa cukup terkucil dan dibiarkan tidak mengetahui kemajuan dan performanya.

  • Lakukan evaluasi bersama guru lain. 

Guru harus berbicara dengan guru lainnya serta berbagi pengalaman, nasihat, dan kekhawatirannya.

  • Tetap konsisten. 

Setelah kita menemukan sebuah sistem yang menurut kita berjalan dengan baik, tetaplah gunakan sistem itu, dan niatkan untuk selalu konsisten dalam alat bantu yang kita gunakan. 

  • Mintalah masukan atau umpan balik. 

Meski memberi masukan atau umpan balik itu penting, menerima masukan atau umpan balik itu sama pentingnya, terutama ketika menguji coba sebuah sistem yang baru. 

Bagaimana pembelajaran jarak jauh disampaikan?

Proses pembelajaran jarak jauh dapat disampaikan dengan menggunakan berbagai teknik dan teknologi. Metode penyampaian tersebut antara lain:

  • E-learning

Penyampaian dengan komputer dan memanfaatkan teknologi internet serta pemrograman yang memungkinkan para peserta didik untuk berinteraksi dengan bahan-bahan pelajaran melalui chat room (ruang komunikasi), notice board (papan pengumuman), video conferencing, dll. 

  • Program televisi

Merupakan suatu seri program televisi yang dirancang untuk menyampaikan teknik-teknik dan teori. Metode ini dapat berupa penyiaran melalui saluran kabel.

  • Bahan-bahan tertulis

Kadangkala disebut kursus melalui surat (correspondence courses), dimana bahan-bahan teks ditulis secara khusus untuk proses belajar jarak jauh, misalnya buku kerja (workbook) yang berisikan tugas-tugas dan latihan-latihan, dimana peserta didik dapat mengerjakannya dengan tingkat kecepatan yang ditentukannya sendiri.

 

Sumber:

  1. https://www.dropbox.com/id/business/resources/distance-learning
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_jarak_jauh
  3. http://www.ica-sae.org/trainer/indonesian/p11.htm
  4. https://lestarimoerdijat.com/pustakalestari/read/2020/10/01/983/Hambatan-Pembelajaran-Jarak-Jauh-di-Indonesia-di-Masa-Covid-19
  5. https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/06/07/2020/kemendikbud-jelaskan-maksud-pembelajaran-jarak-jauh-permanen/
  6. https://sitimang.com/peran-teknologi-dalam-pendidikan-dan-pembelajaran-jarak-jauh-selama-pandemi-covid-19/

4 Comments

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram