RESUME

Pengertian Resume 

Resume adalah ringkasan atau rangkuman dari suatu tulisan atau karangan panjang yang dipangkas dengan mengambil bagian inti serta menyisihkan rincian dan ilustrasinya.

Resume/ ringkasan/ rangkuman adalah isi dari gagasan pokok atau intisari dari suatu karangan/ tulisan yang dibuat dalam bentuk yang lebih pendek. Isi sebuah resume tidak berbeda dengan ide gagasan pokok yang ada pada teks aslinya.

Resume merupakan cara yang efektif untuk menjelaskan inti atau pokok dari sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain. Resume dianggap sebuah tulisan singkat yang mampu menampung seluruh isi pikiran atau ide dari pengarang buku tersebut dengan cara yang lebih singkat.

Resume sering disamakan dengan ikhtisar. Padahal, keduanya memiliki perbedaan. Resume atau ringkasan sendiri merupakan penggalan kalimat yang mengandung gagasan pokok atau intisari. Biasanya, Resume memiliki isi yang hampir sama dengan gagasan pokok kalimat dalam sebuah teks.

Sedangkan ikhtisar merupakan ringkasan yang lebih pendek. Bedanya, ikhtisar tidak memperhatikan urutan gagasan pokok sebuah kalimat. Intinya, ikhtisar lebih bersifat bebas. Itu karena ikhtisar dibuat menggunakan kalimat dan pemahaman sendiri ketika menjelaskan sebuah bacaan.

Kata “Resume” juga sering dipakai dalam dunia kerja yang diartikan sebagai daftar riwayat hidup (curriculum vitae) yaitu sebuah dokumen yang berisi rangkuman pengalaman, keahlian, dan pendidikan seseorang yang disusun sedemikian rupa.

Cara Membuat Resume

Membuat sebuah resume sebenarnya tidak terlalu sulit karena dasarnya ada pada tulisan aslinya. Berikut ini adalah cara membuat resume:

  • Membaca naskah asli

Untuk mengetahui dan memahami isi dari naskah asli sebuah karangan tentunya kita harus membacanya hingga selesai. Membaca naskah atau teks aslinya secara berulang-ulang akan membuat kita mengerti maksud yang ingin disampaikan penulisnya. 

Selain itu, ada beberapa kata atau istilah dalam suatu karangan yang sulit dipahami. Membuat resume juga harus melibatkan sumber daya lain agar dapat memahami kata atau istilah yang sulit tersebut.

  • Menemukan gagasan utama

Setelah membaca karangan atau tulisan secara berulang, tentu kita akan menemukan gagasan utama atau pikiran utama dari tulisan tersebut. Gagasan utama sendiri adalah suatu pikiran utama dari sebuah teks. Langkah utama dari bagian ini adalah kita harus benar-benar memahami maksud dari teks tersebut. Setelah itu barulah kita mencari gagasan utama dari teks. Kita perlu mencatat gagasan utama dari tulisan tersebut agar dapat membuat ringkasan yang sesuai.

Dalam sebuah karangan atau tulisan, tidak semua paragraf mengandung gagasan pokok. Oleh karena itu, penting untuk menemukan gagasan utama secara teratur agar penulisan resume tidak melebar.

  • Menulis resume

Setelah menemukan gagasan pokok dari suatu karangan atau tulisan, pastinya kita memiliki gambaran umum mengenai resumenya. Perlu diperhatikan bahwa untuk membuat resume harus disesuaikan dengan teks atau naskah aslinya.

Meringkas berarti menyingkat teks dengan tidak mengubah gagasan pokoknya. Susunan paragraf yang dibuat setelah diringkas harus sama dengan paragraf teks aslinya. Akan tetapi, jika terdapat sub bab dari naskah aslinya, dalam ringkasan kita tidak perlu membuat sub bab juga, buat satu bab tersebut menjadi ringkasan dalam satu paragraf. Penggunaan kata dan kalimat dalam resume juga sebaiknya menggambarkan isi dari teks aslinya. Kita tidak boleh menambahkan pendapat pribadi di dalam resume tersebut, apalagi bila pendapat pribadi tersebut bertentangan dengan naskah aslinya.

  • Membaca ulang resume yang dibuat

Setelah resume selesai dibuat maka pembuat resume harus membacanya kembali untuk memeriksa apakah ada kesalahan penulisan. Beberapa hal yang perlu diperiksa diantaranya:

    • Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
    • Penggunaan ejaan yang benar
    • Penggunaan tanda baca yang benar
    • Memeriksa kesesuaian antara resume dengan naskah aslinya

Jenis-Jenis Resume

Berikut ini merupakan jenis jenis resume, yaitu :

  • Abstrak

Abstrak merupakan salah satu jenis ringkasan yang sangat singkat dan padat. Dalam sebuah karangan karya ilmiah, abstrak merupakan sebuah ringkasan yang menampilkan gambaran besar dari penulis. Dalam pembuatan sebuah karya ilmiah, abstrak biasanya akan diletakkan di awal sebelum masuk ke materi inti.

  • Ringkasan Stricto Sensu

Adalah hasil pencarian isi artikel, bentuk tertulis dari ringkasan ini menggunakan kata-katanya sendiri. Jenis ringkasan resume ini hanya merangkum pemikiran utama.

Jenis resume ini harus mengikuti proporsi dan juga urutan naskah asli, bukan menambahkan pandangan pribadi. Segala sesuatu di luar naskah asli tidak boleh dimasukkan ke dalam resume ini. Resume dengan tipe ini banyak digunakan dalam kebutuhan sekolah.

  • Ikhtisar

Memberi kebebasan kepada mereka yang membuat ringkasan untuk mengikuti urutan karangan asli atau merangkum dengan menggunakan tatanan mereka sendiri.

Perbedaan Resume dengan Ikhtisar

Meskipun sekilas terlihat mirip, sebenarnya resume dan ikhtisar sebuah karangan memiliki susunan dasar yang sangat berbeda.

  • Resume
    Resume adalah isi dari ide-ide utama dari sebuah karangan yang dibuat dalam bentuk yang lebih pendek. Isi resume tidak berbeda dari ide utama dalam teks asli.
  • Ikhtisar
    Ikhtisar merupakan ringkasan dari karangan yang dibuat lebih pendek dari aslinya. Namun, ikhtisar tidak mempertahankan urutan ide-ide utama yang membangun karangan.

Adapun tujuan dituliskan resume ini yaitu untuk media penyampaian kualifikasi seseorang secara singkat, padat, dan jelas. Sehingga tidak sulit dipahami oleh si pembaca.

Perbedaan Resume dengan Curriculum Vitae

Sepintas curriculum vitae dan resume memiliki arti yang kurang lebih sama. Sama-sama dokumen administrasi yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan. Adapun perbedaannya dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Curriculum vitae berisi data lengkap mengenai seseorang. Mulai dari tanggal lahir, alamat rumah, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan lain sebagainya. Jumlah halaman untuk CV juga tidak dibatasi.
  • Resume hanya berisi mengenai keahlian yang dimiliki pelamar, riwayat pekerjaan, serta riwayat pendidikan. Juga riwayat organisasi yang pernah diikuti yang relevan dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar.

 

Unsur-Unsur Resume

Ada beberapa unsur yang dapat membentuk struktur resume. Beberapa unsur ini berbeda antara menulis resume untuk sebuah teks dan resume untuk melengkapi administrasi saat melamar pekerjaan. Berikut beberapa unsur yang dibedakan dari jenis resume itu sendiri:

Unsur Resume Teks atau Buku

Resume yang dibuat untuk meringkas atau merangkum isi buku harus memenuhi beberapa unsur dan struktur seperti yang di bawah ini:

  • Identitas buku. Mencakup judul resume, identitas atau data buku yang berupa judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit lengkap dengan cetakannya, harga buku, ISBN, dan tebal buku.
  • Di bagian pembuka sebuah resume harus memiliki sinopsis teks atau buku secara keseluruhan dan bersifat kronologis.
  • Ulasan buku lengkap dengan kalimat kutipan buku yang secukupnya
  • Keunggulan dan kelemahan dari teks dan buku yang diringkas
  • Rumusan kerangka buku asli, lengkap dengan tinjauan bahasa.
  • Penutup resume yang berisi buku itu ditujukan untuk kalangan yang mana dan apa alasan sampai harus dibaca oleh kalangan yang dituju tersebut.

Unsur Resume untuk Administrasi Kerja

Berbeda dengan resume yang dibuat untuk meringkas atau merangkum isi buku harus memenuhi beberapa unsur dan struktur, resume yang dibuat untuk administrasi pekerjaan harus memiliki unsur dan struktur seperti yang tertulis di bawah ini:

  • Harus berisi keahlian dan pengalaman kerja dengan data yang jujur.
  • Pada bagian keahlian, usahakan agar resume yang dibuat mampu menonjolkan kemampuan pelamar, termasuk di dalamnya tentang algoritma komputer.
  • Tidak terlalu panjang dan bisa dilihat dalam waktu 10 detik saja
  • Sesuai dengan klasifikasi yang diminta oleh HRD perusahaan.
  • Memiliki tampilan yang elegan dan sederhana, juga bahasa yang mudah dipahami.

 

Sumber:

  1. https://www.maxmanroe.com/vid/surat/pengertian-resume.html
  2. https://pengajar.co.id/resume-adalah/
  3. https://www.alihamdan.id/resume-adalah/
  4. https://voi.co.id/contoh-resume/
  5. https://yusrintosepu.wixsite.com/lsp3inews/post/apa-itu-resume-dan-bagaimana-cara-membuat-resume
  6. https://www.merdeka.com/jatim/resume-adalah-ringkasan-atau-rangkuman-sebuah-teks-panjang-ketahui-cara-membuatnya-kln.html?page=5
  7. https://sijai.com/contoh-resume/
  8. https://www.kompasiana.com/avuzazuhra/5eb81e6c097f3650ac0142d2/istilah-dasar-dalam-ilmu-seo

6 Comments

Leave Comment

error

INFO MAHASISWA BARU

Facebook
Instagram