DATA SEKUNDER

Pengertian Data Sekunder

Untuk mencapai sebuah kesimpulan, penelitian yang akan dilakukan membutuhkan sumber informasi yang disebut dengan data. Data adalah fakta atau gambaran yang nantinya akan dikumpulkan oleh para peneliti untuk diolah sehingga menghasilkan informasi yang berguna bagi penelitian tersebut. Informasi inilah yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan.

Di dalam penelitian ada dua sumber data yang digunakan yang digunakan yaitu: 

  • Data Primer 
  • Data Sekunder

Data sekunder adalah sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara. Hal tersebut berarti bahwa peneliti berperan sebagai pihak kedua, karena tidak didapatkan secara langsung.

Data sekunder adalah data tambahan yang diperoleh bukan dari tangan pertama tetapi dari kedua, ketiga atau seterusnya. Pengecualian juga pada penelitian kuantitatif. 

Berbeda dengan data primer, data sekunder adalah data pelengkap. Kata pelengkap di sini mengisyaratkan  bahwa tanpa adanya data sekunder penelitian bisa dianggap rendah kualitasnya karena datanya kurang lengkap.

Beberapa peneliti mengutip dokumen seperti literatur atau teks akademis, majalah, surat kabar, brosur, dan lainnya sebagai data sekunder. Karena dokumen biasanya ditulis oleh pihak ketiga, seperti jurnalis atau penulis skenario yang bukan informan penelitian, data yang digunakan dalam dokumen tentu saja bukan tangan pertama.

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli

Data Sekunder menurut para ahli dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Data Sekunder menurut Sugiyono (2016: 225) data sekunder merupakan sumber data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data, misalnya melalui orang lain atau lewat dokumen. Sumber data sekunder merupakan sumber data pelengkap yang berfungsi melengkapi data yang diperlukan data primer.
  • Data Sekunder menurut Hasan (2002: 58) Data sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh orang yang melakukan penelitian dari sumber-sumber yang telah ada Data ini digunakan untuk mendukung informasi primer yang telah diperoleh yaitu dari bahan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku, dan lain sebagainya. 
  • Data Sekunder Menurut Husein Umar (2013:42) data sekunder adalah: “Data sekunder merupakan data primer yang telah diolah lebih lanjut dan disajikan baik oleh pihak pengumpul data primer atau oleh pihak lain misalnya dalam bentuk tabel-tabel atau diagram- diagram”. 
  • Data Sekunder menurut Nur Indrianto dan Bambang Supomo (2013:143) data sekunder adalah: Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain)”
  • Menurut Arikunto (2013:22) menyatakan “data sekunder adalah data yang diperoleh dari dokumen dokumen grafis (tabel, catatan, notulen rapat, SMS, dan lain-lain), foto-foto, film, rekaman video, benda-benda dan lain-lain yang dapat memperkaya data primer dapat memperkaya data primer
  • Menurut Kuncoro (2009:145) menyatakan bahwa data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain, peneliti dapat mencari sumber data ini melalui sumber data lain yang berkaitan dengan data yang ingin dicari.
  • Menurut Sanusi (2012) data sekunder adalah data yang sudah tersedia dan dikumpulkan oleh pihak lain di luar instansi yang diteliti.

Data sekunder ini dapat digunakan untuk mendukung informasi primer yang telah diperoleh. Data sekunder dapat diperoleh melalui buku-buku, arsip, laporan, publikasi dari pemerintah/swasta, hasil sensus, jurnal, dan lain-lain baik yang telah dipublikasikan maupun yang belum dipublikasikan.

Cara memperoleh data sekunder

  • Riset Kualitatif

Cara mengumpulkan data primer dan sekunder dalam riset kualitatif dapat dilakukan dengan beberapa cara. Beberapa teknik yang sangat umum digunakan adalah sebagai berikut:

    • Observasi

Teknik observasi bisa digunakan sebagai data sekunder, tergantung tingkat relevansinya dengan rumusan masalah. 

Hasil observasi bisa berupa teks, gambar atau foto, video, rekaman suara dan sebagainya. 

    • Dokumen

Dokumen bisa menjadi data sekunder. Sebagai contoh, kita melakukan penelitian tentang perbandingan dua buku tentang rahasia cepat kaya versi penulis Amerika dan penulis Indonesia yang terbit di tahun yang sama.

Apabila kita melakukan penelitian tentang konstruksi sosial kekayaan, lalu menggunakan literatur tersebut sebagai salah satu referensi, maka buku tersebut menjadi sumber data sekunder.

  • Riset Kuantitatif

Cara melakukan pengumpulan data sekunder riset kuantitatif juga dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut:

    • Survey

Pendefinisian yang membedakan antara data primer dan sekunder, dengan demikian tergantung pada pendekatan riset yang digunakan.

    • Dokumen

Sama seperti riset kualitatif, riset kuantitatif juga menggunakan dokumen seperti studi literatur sebagai proses pengumpulan datanya. Analisis wacana adalah metode dalam riset kualitatif. Studi literatur atau penggunaan dokumen menjadi sumber data sekunder dalam riset kuantitatif.

Dalam penelitian, metode pengumpulan data penelitian sangat dipengaruhi oleh pendekatan penelitian.

Kelebihan dan Kekurangan Data Sekunder. 

Data sekunder mempunyai kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan data sekunder adalah sebagai berikut :

  • Kelebihan dari data sekunder :
    • sudah tersedia.
    • mudah didapatkan.
    • waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk penelitian, untuk mengklasifikasi permasalahan, dan mengevaluasi data relatif lebih sedikit dibandingkan dengan pengumpulan data primer.
    • seorang peneliti dapat memperoleh informasi lain selain informasi utama.
  • Kekurangan data sekunder :
    • jika sumber data terjadi kesalahan, kedaluwarsa, atau sudah tidak relevan dapat mempengaruhi hasil penelitian.
    • adanya ketergantungan dengan pihak yang mengeluarkan data.

Sumber:

  1. http://eprints.undip.ac.id/40779/3/BAB_III.pdf
  2. http://repository.unpas.ac.id/33542/6/bab%203%20.pdf
  3. http://legalstudies71.blogspot.com/2018/10/data-primer-dan-data-sekunder-dalam.html
  4. https://abstrak.uns.ac.id/wisuda/upload/F3113034_bab3.pdf
  5. http://repository.fkip.unja.ac.id/file?i=5F6Ef52ay91pfcHuN-FsbN0tKtwNpmRuz2_bkdFuIw0
  6. http://sosiologis.com/data-primer-dan-data-sekunder
  7. https://rumusrumus.com/data-primer-dan-data-sekunder/
  8. https://eprints.uny.ac.id/53574/4/4.BAB%20III%20TAS%201341624007.pdf

2 Comments

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram