PERBEDAAN METODOLOGI PENELITIAN DAN METODE PENELITIAN

Masih banyak dari kita yang masih salah dalam menggunakan kata antara metode dan metodologi. Yang seharusnya kita menggunakan kata metode tapi malah metodologi kata yang kita gunakan dan begitu juga sebaliknya. Istilah antara metode dan metodologi padahal memiliki pengertian yang berbeda di antara keduanya. Jika dilihat dari istilahnya saja sudah berbeda, Metodologi jelas terdiri dari dua kata, method dan logos, yang artinya ilmu tentang metode. Berbeda dengan metode yang hanya terdiri dari satu kata, method, yang artinya metode atau cara.

 

Pengertian Metode

Metode (method), secara harfiah berarti cara. Metode atau metodik berasal dari bahasa Greeka, metha (melalui atau melewati), dan hodos (jalan atau cara), jadi metode bisa berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tertentu.

Metode adalah cara atau prosedur yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. Lalu ada satu istilah lainnya yang berkaitan dengan 2 istilah ini, yaitu teknik adalah cara yang spesifik dalam pemecahan masalah tertentu yang ditemukan dalam pelaksanaan prosedur.

Secara umum atau secara luasnya pengertian metode atau metodik artinya adalah ilmu mengenai jalan yang harus dilalui untuk mengajar anak didik agar bisa tercapai tujuan belajar mengajar. 

Menurut Prof. Dr.Winarno Surachmad (1961) mengungkapkan kalau metode mengajar merupakan cara-cara pelaksanaan dari pada siswa-siswa di sekolah. Menurut Pasaribu dan Simanjutak (1982), mengungkapkan kalau metode adalah cara sistematik yang dipakai untuk menggapai tujuan.

 

Pengertian Metodologi

Secara harfiah istilah Metodologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “metodos” dan “logos”. Kemudian kata “metodos” terdiri atas 2 suku kata yakni “metha” yang artinya melewati atau melalui “hodos” yang artinya cara atau jalan. 

Metode artinya sebuah jalan yang dilewati untuk mencapai tujuan. Sedangkan “logos” berarti ilmu. Jadi Metodologi adalah cara atau ilmu-ilmu yang dipakai untuk menemukan kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas apa yang dikaji.

Ilmu terdiri dari 4 prinsip yaitu:

  1. Orde (keteraturan)
  2. Determinisme (sebab-musabab)
  3. Parsimoni (kesederhanaan)
  4. Empirisme (pengalaman yang bisa diamati)

Dari prinsip-prinsip tersebut maka terdapat banyak jalan untuk dapat menemukan kebenaran. Metodologi adalah sebuah tata cara yang menentukan proses penelusuran apa yang ingin digunakan.

Metodologi penelitian adalah sekumpulan kegiatan, peraturan serta prosedur yang dipakai oleh peneliti suatu disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan suatu analisis teoritis tentang sebuah metode atau cara. Penelitian merupakan sebuah penyajian  yang sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengetahuan.

Metodologi adalah analisis teoritis sistematis dari metode yang diterapkan pada bidang studi. Ini terdiri dari analisis teoritis dari tubuh metode dan prinsip-prinsip yang terkait dengan cabang pengetahuan. Biasanya, ini mencakup konsep seperti paradigma, model teoritis, fase dan teknik kuantitatif atau kualitatif.

Metodologi juga merupakan studi tentang metode, pertimbangan filosofis dan analitis dasar untuk, kesesuaian dan batas logis dari berbagai pendekatan dan perspektif pada penelitian itu sendiri.

 

Perbedaan Metode dan Metodologi

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan secara ringkas perbedaan metode dan metodologi yaitu :

  • Berdasarkan Etimologi
    • Metode (method) berarti metode atau cara​
    • Metodologi terdiri dari dua suku kata yaitu method dan logos yang artinya adalah ilmu tentang metode
  • Berdasarkan Pengertian
    • Metode adalah “prosedur, teknik, atau langkah untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan tertentu.​
    • Metodologi adalah “prosedur ilmiah yang didalamnya termasuk pembentukan konsep, preposisi, model, hipotesis, dan teori, termasuk metode itu sendiri.
  • Berdasarkan Sifat
    • Metode bersifat khusus. Metode lebih berkaitan dengan teknis saja dari keseluruhan yang dibahas dalam metodologi.​
    • Metodologi bersifat umum. Metodologi merupakan sistem panduan untuk memecahkan persoalan, dengan komponen spesifiknya adalah bentuk, tugas, metode, teknik dan alat.

 

Kesimpulan:

  • Metodologi lebih bersifat general. Metodologi adalah sistem panduan untuk memecahkan persoalan, dengan komponen spesifiknya adalah bentuk, tugas, metode, teknik dan alat. 
  • Metode berada di dalam metodologi, atau dengan kata lain, metode lebih berkaitan dengan teknis saja dari keseluruhan yang dibahas dalam metodologi. Dalam konteks penelitian, yang termasuk metode adalah teknik penggalian data, teknik pengolahan data, penentuan populasi serta sampel dan sejenisnya.

 

Sumber:

  1. https://www.wajibbaca.com/bp/1019/perbedaan-metode-dan-metodologi
  2. https://www.academia.edu/8447520/PENGERTIAN_METODE_DAN_METODOLOGI_PENELITIAN
  3. https://www.academia.edu/31905294/Perbedaan_Metodologi_dan_Metode_dalam_Penelitian
  4. https://metopenkomp.blogspot.com/2017/11/perbedaan-pengertian-metode-dan.html
  5. https://svcministry.org/id/dictionary/what-are-the-basic-differences-between-research-method-and-research-methodology/
  6. http://daracempakadwipuspa.blogspot.com/2016/12/perbedaan-metodologi-dan-metode.html
  7. https://rudicahyo.com/creative-learning/metodologi-dan-metode-penelitian/

6 Comments

Leave Comment

error

INFO MAHASISWA BARU

Facebook
Instagram