MANFAAT PENELITIAN

Penulisan manfaat penelitian pada hasil penelitian sangatlah penting untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang outcome dan impact dari penelitian yang dilakukan.

Manfaat penelitian adalah narasi yang objektif yang menggambarkan hal-hal yang diperoleh setelah suatu tujuan penelitian telah terpenuhi. Manfaat penelitian bisa saja bersifat teori atau bersifat praktis misalkan memecahkan masalah-masalah pada objek yang diteliti.

Manfaat penelitian merupakan kegunaan hasil penelitian, baik bagi kepentingan pengembangan program maupun kepentingan ilmu pengetahuan.

Selain itu, bagian penting dari deskripsi manfaat penelitian yang harus tepat, adalah untuk kepentingan kesolidan karya ilmiah. Manfaat penelitian sangat terkait dengan bagian saran pada bagian akhir penelitian: Kesimpulan dan Saran. Salah satu poin pokok saran adalah penjabaran yang berkaitan dengan manfaat penelitian.

Penelitian penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk menginformasikan tindakan, membuktikan teori, dan berkontribusi dalam mengembangkan pengetahuan di bidang atau studi. Beberapa hal  yang menunjukkan pentingnya penelitian, di antaranya adalah:

  1. Sebagai alat untuk membangun pengetahuan dan memfasilitasi pembelajaran
  2. Untuk memahami berbagai masalah dan meningkatkan kesadaran publik
  3. Sebagai cara untuk membuktikan kebohongan dan mendukung kebenaran
  4. Untuk menemukan, mengukur, dan merebut peluang
  5. Sebagai benih untuk suka membaca, menulis, menganalisis, dan berbagi informasi berharga
  6. Sebagai latihan untuk pikiran
  7. Mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi baru
  8. Mendapatkan jawaban atas fenomena yang terjadi
  9. Mencari solusi atas sebuah permasalahan

Fungsi Manfaat Penelitian

Penelitian dimulai ketika ingin mengetahui sesuatu. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan pemahaman kita. Penelitian memberikan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Manfaat penelitian adalah kegunaan hasil penelitian nanti, baik bagi kepentingan pengembangan program maupun kepentingan ilmu pengetahuan. Secara spesifik, manfaat penelitian di bidang apapun mencakup dua aspek, yaitu:

  • Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis ini berlatar dari tujuan penelitian verifikatif, untuk mengecek teori yang sudah ada. Apakah akan memperkuat atau menggugurkan teori tersebut. Manfaat teoritis ini muncul berlatarkan ketidakpuasan atau keraguan terhadap teori yang sudah ada sehingga dilakukan penyidikan kembali secara empiris.

  • Manfaat Praktis

Manfaat praktis adalah manfaat yang berguna untuk memecahkan masalah praktis. Jadi misal nya ada masalah nilai mahasiswa yang rendah maka manfaat praktisnya adalah meningkatkan nilai mahasiswa. 

 

Contoh Manfaat Penelitian

  • Manfaat Teoritis

Hasil dari penelitian ini dapat menjadi landasan dalam pengembangan media pembelajaran atau penerapan media pembelajaran secara lebih lanjut. Selain itu juga menjadi sebuah nilai tambah khasanah pengetahuan ilmiah dalam bidang pendidikan di Indonesia.

  • Manfaat Praktis

Peneliti mampu menerapkan media yang sesuai dalam materi pembelajaran tertentu. Serta peneliti mempunyai pengetahuan dan wawasan mengenai materi dan media pembelajaran yang sesuai.

 

Sumber:

  1. https://penelitianilmiah.com/manfaat-penelitian/#:~:text=Adapun%20definisi%20manfaat%20penelitian%20menurut,tertentu%20setelah%20suatu%20penelitian%20diselesaikan
  2. https://yuvalianda.com/pengertian-penelitian/
  3. https://konsultasiskripsi.com/2017/08/24/pengertian-manfaat-penelitian-skripsi-dan-tesis/
  4. https://karyatulisku.com/contoh-tujuan-penelitian-dan-manfaat/
  5. https://tambahpinter.com/perbedaan-tujuan-dan-manfaat-penelitian/
  6. http://sin.fst.uin-alauddin.ac.id/bagaimana-menulis-manfaat-penelitian/

4 Comments

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram