Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen?

Menurut saya Dosen adalah sosok pengajar dengar title jabatan sesuai keahlian tersendiri yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan wawasan yang luas dan mendalam kepada mahasiswa supaya mengembangakan ilmu pengetahuan , teknologi dan seni sesuai minat serta bakat masing-masing.

Sedangkan pengertian Dosen yang baku adalah sebagai berikut;

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Ada beberapa kelompok kategori untuk Dosen .Yaa, kita pasti tidak asing lagi dengan jenis-jenis Dosen ini. Langsung saja saya paparkan antara lain ;

  • Dosen Disiplin

Dosen yang datang dan meninggalkan kelas tepat waktu. Yaa benar saja, mulai dari datang Dosen ini yang on time dan ketika menutup kelas perkuliahan pun sampai batas akhir jam yang ditentukan. Kebanyakan dosen tipe ini banyak tidak disukai oleh mahasiswa karena walaupun banyak yang dijelaskan justru membuat mahasiswa sulit menerima materi yang dijelaskan.

  • Dosen Profesional

Dosen Pro-kontra atau Profesional. Karena Dosen ini sering mementingkan kepentingan akademik jadi kebanyakan saat ada jam kelas perkuliahan sering kosong. Entah tugas keluar kota atau keluar negeri yang jelas mahasiswa tidak diberikan alasan yang jelas dalam ketidak bisa hadirannya Dosen tersebut. Selalu diberi tugas untuk menggati jam yang ditinggalkan tersebut. Tapi dibalik itu Mahasiswa malah lebih suka menyukai tipe Dosen ini. Karena mudah memberikan nilai baik, mayoritas nilai A.

  • Dosen Bussines

Dosen ini didalam perkuliahan malah mendominasi memberi iming-iming usaha untuk Mahasiswa. Jadi mengajak Mahasiswa untuk membuat project. Nah kebanyakan dalam kuliah dituntut untuk membuat final project. Sebagian Mahasiswa justru tidak menyukai jenis Dosen ini karena harus mengeluarkan dana untuk melaksanakannya.

Menurut Produk Hukum Pendidikan Tinggi, Dosen terdiri dari 3 kelompok berdasarkan ikatan kerja, antara lain ;

1. Dosen Tetap

Dosen tetap adalah dosen dosen yang bekerja full time, menduduki jabatan sebagai pengajar pendidik tetap pada satuan pendidikan tinggi tertentu, serta mendapat Nomor Iduk Dosen Nasional atau yang sering disebut NIDN yang ditetapkan oleh Dikti.

Yang termasuk dosen tetap:

      • Dosen yang dipekerjakan Kopertis atau sering disebut Dosen DPK yang ditempatkan di Perguruan Tinggi Swasta
      • CPNS/PNS Dosen yang berkerja di Perguruan Tinggi Negeri
      • Dosen Tetap Non PNS yang diangkat di Perguruan Tinggi Negeri yang memenuhi persyaratan yang dirtera dalam Permendikbud no.84 Tahun 2013
      • Dosen Tetap Yayasan yang diangkat di Perguruan Tinggi Swasta, diangkat dan diberhentikan dengan SK Yayasan dengan persyaratan yang diatur Permendikbud no.84 Tahun 2013
      • Dosen warga negara asing yang dikontrak dengan masa kerja minimal 2 tahun dan memiliki kualifikasi setara S3/Doktor

2. Dosen Tidak Tetap

Dosen tidak tetap adalah dosen kontrak yang diangkat Pimpinan Perguruan Tinggi atau Yayasan yang diberi NUPN (Nomor Urut Pengajar Nasional) selama jangka waktu tertentu, mereka berkerja di Perguruan Tinggi  yang kontrak mereka, bekerja penuh atau tidak full time,

Yang termasuk kelompok Dosen Tidak Tetap

      • Dosen kontrak warga negara asing yang tidak memenuhi persyaratan dosen tetap (masa kontrak di bawah dua tahun atau tidak memiliki kualifikasi S3/Doktor)
      • Dosen kontrak yang tidak memenuhi salah satu persyaratan Permendikbud no. 84 Tahun 2013, mis kualifikasi belum S2 atau dikontrak di bawah 2 tahun atau bekerja tidak penuh waktu atau diangkat setelah Permendikbud disahkan dengan kondisi usia sudah di atas 50 tahun,

3. Dosen Honorer

Dosen Honorer adalah Dosen yang mengajar di Perguruan Tinggi tanpa ada ikatan kerja (tidak dikontrak), mereka tidak memiliki homebase,  tidak didata dalam pdpt sehingga tidak memiliki NUPN (Nomor Urut Pengajar Nasional).

Yang termasuk kelompok Dosen Honorer

      • Dosen Pengganti
      • Dosen Tamu
      • Dosen Luar (biasa)

Sumber :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Dosen

2 Comments

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram