Pengertian dan Manfaat Google Scholar

Pengertian dan Manfaat Google Scholar

Google Cendekia (bahasa Inggris: Google Scholar) adalah layanan yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Diluncurkan pada tahun 2004, indeks Google Cendekia mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah. Google Cendekia menyediakan cara yang mudah untuk mencari literatur akademis secara luas. Seseorang dapat mencari di seluruh bidang ilmu dan referensi dari satu tempat: makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel, dari penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, dan organisasi akademis lainnya. Google Cendekia akan membantu seseorang mengidentifikasi penelitian paling relevan dari seluruh penelitian akademis. Google Cendekia bertujuan menyusun artikel seperti yang dilakukan peneliti, dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis lainnya. Hasil paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama.

Kebutuhan manusia akan informasi rasanya tidak akan pernah dapat terpuaskan. Setelah satu informasi didapatkan, maka manusia cenderung akan mencari informasi lainnya. Terlebih dalam konteks pencarian buku, jurnal, karya ilmiah dan sebagainya untuk keperluan penelitian. Google, dalam hal ini, menyediakan salah satu fitur yang cukup bermanfaat, dengan nama Google Scholar.

Jika Anda mahasiswa atau doses atau akademisi, mungkin layanan tersebut banyak Anda gunakan. Layanan yang serupa dengan ‘perpustakaan digital’ ini dapat memberikan Anda akses pada banyak sekali informasi terkait karya ilmiah, buku, tulisan dan segala macam sumber akademik serta riset yang sudah terdata dalam layanan ini.

Mungkin datang ke perpustakaan menjadi pilihan utama ketika harus mendapatkan referensi terkait tugas yang harus dikerjakan. Namun demikian, tidak ada perpustakaan yang menyediakan semua sumber informasi secara lengkap dan menyeluruh bukan? Setiap perpustakaan menyediakan buku sesuai dengan kebutuhan manusia disekitarnya. Ketika harus mendapatkan referensi di luar yang dimiliki perpustakaan, maka layanan ini bisa jadi salah satu pilihannya.

Cara Mengakses Google Scholar

Untuk cara mengaksesnya, Anda bisa melihat pada bagian ini.

  • Pertama, buat akun Gmail.
  • Setelah selesai, ketikkan http://scholar.goole.co.id pada pencarian Google.
  • Isikan biodata Anda (direkomendasikan menggunakan email institusi atau organisasi).
  • Pada halaman beranda, isikan url milik institusi Anda, lalu klik berikutnya.
  • Masukkan nama institusi, lalu pilih artikel yang diterbitkan oleh institusi.
  • Hasil pencarian akan sesuai dengan homepageyang diisikan pada profil sebelumnya.
  • Anda bisa menyesuaikan hasil pencarian dengan masuk pada pengaturan dan isikan apa-apa saja yang Anda perlukan, misalnya seperti bahasa, jumlah tampilan dalam pencarian, dan sebagainya.
  • Setelah selesai, Anda bisa melakukan pencarian dengan leluasa pada berbagai tulisan dan materi yang sudah terhubung dengan Google Scholar.

Cukup mudah dan sederhana bukan caranya? Dengan langkah sederhana di atas Anda sudah bisa mengakses banyak sekali informasi dan file yang berisikan materi belajar atau hasil penelitian. Ini tentu akan dapat menunjang proses belajar yang Anda lakukan sehingga dapat berlangsung lebih cepat.

Manfaat Google Scholar

Tentu jika dilihat dari sisi manfaat, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh masyarakat dengan adanya layanan ini. Pemanfaatannya tidak hanya akan bermanfaat untuk pencari informasi, namun juga pemilik informasi.

Mudah Melakukan Akses

Kemudahan akses akan didapatkan karena pencarian informasi pada tulisan akademik tak lagi harus melalui perpustakaan fisik. Jelas, keberadaan perpustakaan fisik akan jadi bahan acuan yang baik. Namun hal ini akan terhalang oleh jam operasional dan sebagainya. Dengan keberadaan ‘perpustakaan’ milik Google ini, Anda bisa mencari bahan pembelajaran dan hasil penelitian lain tanpa harus terhalang hambatan fisik.

Pencarian dengan Cepat

Ketika Anda mengetahui dengan spesifik apa yang ingin Anda cari, Google Scholar akan memberikan hasil pencarian tersebut dalam hitungan detik saja. Memang, Anda juga bisa memanfaatkan direktori yang dimiliki perpustakaan untuk hal ini, namun Anda masih harus berjalan ke rak yang ditunjukkan, mencari lagi buku yang diperlukan dan sebagainya. Keberadaan pusat literasi yang terintegrasi seperti ini dapat menghemat waktu dan tenaga.

Kebutuhan Ruang

Bayangkan seberapa besar ruang yang diperlukan untuk menyimpan setiap buku, hasil penelitian, jurnal dan semua jenis berkas di dunia? Mungkin tidak ada satu area yang cukup luas untuk menampung semua berkas ini. Namun dengan digitalisasi informasi, semua itu dapat ditampung pada pusat database yang ada sehingga tidak akan menghabiskan ruang atau area yang terlalu luas. Pengelolaannya lebih mudah dan tidak memerlukan tenaga terlalu besar.

Media Publikasi yang Murah

Untuk peneliti atau pihak yang menerbitkan berkas penelitian, Google Scholar bisa jadi media publikasi yang ekonomis. Karena layanan ini dapat dimanfaatkan secara gratis, semua pihak bisa menggunakan Google Scholar tanpa perlu memikirkan biaya yang diperlukan. Mungkin untuk satu atau beberapa dokumen yang memang bernilai tinggi, diperlukan sedikit usaha untuk mendapatkannya dengan membeli hak akses. Namun demikian ini tetap akan jauh lebih murah daripada harus mencetak, mempublikasikan dan menggandakannya.

Keberadaan Google Scholar nyata-nyata dapat memberikan manfaat untuk setiap pihak yang berkepentingan. Di satu sisi, digitalisasi memang sudah menjadi hal yang harus dilakukan. Dan di sisi lain, proses belajar terus berkembang dan terus terjadi. Menunggu tidak lagi masuk ke dalam jadwal dan agenda banyak orang sehingga kecepatan akses menjadi hal yang diperlukan.

Meski tidak setiap arsip dapat ditemukan pada Google Scholar karena banyak layanan perpustakaan digital lainnya, setidaknya Anda bisa menjadikan layanan ini sebagai acuan ketika mencari informasi. Maksimalkan penggunaan layanan gratis yang disediakan berbagai platform untuk pengembangan diri, dan jadilah manusia modern yang seutuhnya.

Contoh tampilan pada Google Scholar
https://scholar.google.co.id/citations?user=N9683NgAAAAJ&hl=id

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Cendekia
  2. https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/apa_itu_google_scholar_simak_di_sini_penjelasan_berikut_4_manfaatnya-1038

 

3 Comments

  1. Dedi Martono

    Dengan google shcolar kira tidak akan lupa tentang semua karya ilmiah yang kita buat dan tercatat secara online dan bisa dikases oleh semua orang dan bermanfaat untuk semua orang, terima kasih infonya mas tri

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram