E-Business

 

Electronic Business atau E-Business adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis meliputi transaksi, jual-beli, bisnis yang memanfaatkan perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi dengan customer, supplier maupun rekan bisnis melalui sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. 

Atau arti yang lebih singkat dari e-business yaitu penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan.

E-Business atau elektronik bisnis dapat didefinisikan juga sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dan transaksi. E-Business juga salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk dan pengembangan usaha.

Contoh dari e-business misalnya pembelian barang secara online melalui www.blibli.com. Dari proses pemesanan barang, konfirmasi pembayaran, hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang tersebut sudah sampai kepada customer dilakukan secara elektronik.

E-Business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki cakupan yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat di tempat khusus, atau sekadar untuk berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya.

 

E-Business menurut Para Ahli

  • E-Business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
  • Menurut Kalakota dan Robinson (Kalakota, 2001) menuliskan bahwa E-Business adalah sebuah paduan yang kompleks antara proses-proses bisnis, aplikasi-aplikasi perusahaan dan beberapa struktur organisasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu model bisnis yang memiliki performansi yang jauh lebih baik dari keadaaan sebelumnya.
  • E-Business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002).

 

  • Mohan Sawhney & Jeff Zabin dalam O‟Brien & Marakas (2008) menyatakan bahwa e-business merupakan pemanfaatan jaringan elektronik dan teknologi-teknologi yang berkaitan untuk membolehkan, memperkuat, meningkatkan, merubah, atau menemukan suatu proses bisnis atau sistem bisnis yang mempunyai nilai yang lebih menguntungkan pelanggan saat ini ataupun pelanggan potensial.
  • O‟Brien & Marakas dalam bukunya Management Information System (2008)  menyatakan bahwa e-business adalah penggunaan teknologi internet untuk bekerja dan memberdayakan proses bisnis, e-commerce dan kolaborasi dengan mitra bisnis seperti hubungan dengan pelanggan, pemasok, dan pemangku kepentingan bisnis lainnya.

Bentuk Hubungan Bisnis e-business

Dalam kegiatan E-Business, ada lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya, yaitu :

  • Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
  • Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
  • Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
  • Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
  • Intrabusiness e-business (perdagangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.

Proses dalam E-Business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis lainnya, seperti :

  • Value Chain: pembelian secara elektronik (Electronic Purchasing)
  • Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management)
  • Pemrosesan order elektronik
  • Penanganan dan pelayanan kepada pelanggan
  • Kerja sama dengan mitra bisnis

Sasaran dari e-business adalah pasar atau market. Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam internet, termasuk penggunanya. E-business market ini menyimpan peluang omset yang besar yang dapat diperebutkan oleh para pebisnis.

 

Tahapan E-business

Ada 4 (empat) tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business, dimana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business, diantaranya sebagai berikut:

    1. Mendayagunakan komputer
    2. Mendayagunakan jaringan dan internet (seperti email, chat messenger, IRC, dll,.)
    3. Membangun dan mendayagunakan web
    4. E-commerce

Sasaran dari E-business adalah pasar atau market. Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam internet, termasuk penggunanya. E-business market ini menyimpan peluang omset yang besar yang dapat diperebutkan oleh para pebisnis.

 

 

Sumber dari:

  1. https://www.kompasiana.com/alansharyhasan/561b7b76f19273cb098b4567/pengertian-ebisnis-logistik
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/E-Business
  3. https://www.gurupendidikan.co.id/e-business-dan-e-commerce/
  4. http://www.pengertianku.net/2016/06/pengertian-e-business-dan-contohnya.html
  5. https://www.sumberpengertian.id/pengertian-e-business
  6. https://si.ittelkom-pwt.ac.id/2017/09/09/definisi-e-bisnis/

6 Comments

  1. Dedi Martono

    E business dimasa vandemik covit saat ini banyak digunakan, ada plus minusnya untuk pelaku bisnis, terutama untuk pasar akan semakin terkucilkan…

Leave Comment

error

INFO MAHASISWA BARU

Facebook
Instagram