Data Modeling

 

Data Modeling (Pemodelan Data) adalah proses menghasilkan diagram deskriptif hubungan antara berbagai jenis informasi yang akan disimpan dalam database. Data Modeling (Pemodelan Data) juga dapat dikatakan sebagai keterampilan penting untuk setiap ilmuwan data, apakah sedang melakukan desain penelitian atau merancang penyimpanan data baru.

Dalam artian lain model data adalah pemetaan yang menunjukan hubungan logikal antara elemen data atau suatu cara untuk menjelaskan bagaimana pemakai dapat melihat data secara logik, sekumpulan konsep-konsep untuk menerangkan data, hubungan-hubungan antara data dan batasan-batasan data yang terintegrasi di dalam suatu organisasi.

Data Modeling dalam rekayasa perangkat lunak adalah proses menciptakan sebuah model data untuk sistem informasi dengan menerapkan teknik pemodelan data formal.

Data Modeling adalah proses yang digunakan untuk menentukan dan menganalisis kebutuhan data yang diperlukan untuk mendukung proses bisnis dalam lingkup yang sesuai sistem informasi dalam organisasi. Oleh karena itu, proses pemodelan data melibatkan pemodel data profesional bekerja sama dengan para pemangku kepentingan bisnis, serta pengguna potensial dari sistem informasi.

Adapun definisi Data Modeling (Pemodelan Data) lainnya termasuk:

  • Data Management Body of Knowledge (DMBOK)

Menurut Data Management Body of Knowledge (DMBOK), Data Modeling (Pemodelan Data) adalah Proses menemukan, menganalisis, mewakili, dan mengkomunikasikan persyaratan data dalam bentuk yang tepat disebut Data Model (Model Data).” dan “Data Model (Model Data) menggambarkan dan memungkinkan suatu organisasi untuk memahami aset datanya.

  • Technopedia

Berdasarkan situs Technopedia, pengertian Data Modellng (Pemodelan Data) adalah representasi dari struktur data dalam tabel untuk basis data perusahaan dan merupakan ekspresi yang sangat kuat dari persyaratan bisnis perusahaan. Data Model (Model Data) ini adalah panduan yang digunakan oleh analis fungsional dan teknis dalam desain dan implementasi database.

  • Agile Data

Menurut Agile Data, pengertian Data Modelling (Pemodelan Data) adalah tindakan mengeksplorasi struktur berorientasi data. Seperti artefak pemodelan lainnya, Data Model (Model Data) dapat digunakan untuk berbagai tujuan, dari model konseptual tingkat tinggi hingga Data Model (Model Data) fisik. Dari sudut pandang Data Modellng (Pemodelan Data) pengembang berorientasi objek secara konseptual mirip dengan pemodelan kelas. Dengan Data Modeling (Pemodelan Data) Anda mengidentifikasi tipe entitas sedangkan dengan pemodelan kelas Anda mengidentifikasi kelas.

  • Menurut Hoberman, pemodelan data adalah proses belajar tentang data, dan model data adalah hasil akhir dari proses pemodelan data.

Salah satu tujuan Data Modeling (Pemodelan Data) adalah untuk menciptakan metode penyimpanan informasi yang paling efisien sambil tetap menyediakan akses dan pelaporan lengkap.

Kemampuan untuk berpikir jernih dan sistematis tentang poin-poin data utama yang akan disimpan dan diambil, dan bagaimana mereka harus dikelompokkan dan terkait, adalah apa yang dimaksud dengan komponen Data Modeling (Pemodelan Data) ilmu data.

 

Jenis Data Model (Model Data)

Data Model (Model Data) dalam Data Modeling (Pemodelan Data) sebagai berikut:

  • Konseptual

Data Model (Model Data) ini mendefinisikan APA yang berisi sistem. Model ini biasanya dibuat oleh pemangku kepentingan Bisnis dan Arsitek Data. Tujuannya adalah untuk mengatur, memperluas, dan mendefinisikan konsep dan aturan bisnis.

  • Logis

Menentukan bagaimana sistem harus diimplementasikan terlepas dari DBMS. Model ini biasanya dibuat oleh Arsitek Data (dalam Data Architecture) dan Analis Bisnis. Tujuannya adalah untuk mengembangkan peta teknis peraturan dan struktur data.

  • Fisik

Data Model (Model Data) ini menjelaskan BAGAIMANA sistem akan diimplementasikan menggunakan sistem DBMS tertentu. Model ini biasanya dibuat oleh DBA dan pengembang. Tujuannya adalah implementasi aktual dari database.

 

Tujuan utama menggunakan Data Model (Model Data) dalam Data Modeling(Pemodelan Data) adalah:

  • Memastikan bahwa semua objek data yang dibutuhkan oleh database diwakili secara akurat. Kelalaian data akan menyebabkan pembuatan laporan yang salah dan menghasilkan hasil yang salah.
  • Data Model (Model Data) membantu merancang basis data pada tingkat konseptual, fisik, dan logis.
  • Struktur Data Model (Model Data) membantu untuk menentukan tabel relasional, kunci primer dan asing dan prosedur tersimpan.
  • Ini memberikan gambaran yang jelas tentang data dasar dan dapat digunakan oleh pengembang basis data untuk membuat basis data fisik.
  • Juga bermanfaat untuk mengidentifikasi data yang hilang dan berlebihan.
  • Meskipun kreasi awal Data Model (Model Data) memakan waktu dan tenaga, dalam jangka panjang, hal itu membuat pemutakhiran dan pemeliharaan infrastruktur TI lebih murah dan lebih cepat.

 

Sumber dari:

  1. https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-data-modelling/
  2. http://blog.umy.ac.id/rmsaw/2014/10/21/data-modelling/
  3. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-pemodelan-data-atau-data-modelling/14561

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram