Apa itu Data Science dan Data Scientist?

Apa sih yang dimaksud dengan Data Science? Menurut Chikio Hayashi dari Institut Statistika Matematika Sakuragaoka, pengertian data science adalah ilmu pengetahuan interdisiplin tentang metode komputasi untuk mendapatkan wawasan berharga yang dapat ditindaklanjuti dari kumpulan data yang mencakup tiga fase yaitu desain data, mengumpulkan data, dan analisis data. Sebagai ilmu interdisiplin, data science mempunyai definisi yang berbeda-beda dari akademisi maupun praktisi yang berkecimpung di dalamnya.

Data science adalah salah satu disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari soal data terutama data kuantitatif atau data numerik. Saat ini, ilmu yang satu ini mulai menjelma menjadi suatu profesi baru di bidang teknologi yang banyak dicari oleh berbagai jenis perusahaan. Menariknya lagi, data science atau ilmu data ini tidak memerlukan latar belakang pendidikan tertentu untuk bisa mempelajarinya.

Memahami Data Science

Masyarakat umumnya lebih familiar dengan istilah revolusi industri 4.0, startup, unicorn, talenta digital. Lalu apa sebenarnya data science itu? Dan apa saja yang akan kita pelajari dalam ilmu data tersebut? Secara umum data science adalah penggalian atau bisa juga disebut mengekstrak data agar dapat difilter serta didapatkan data yang benar untuk menghasilkan produk data yang sebenar-benarnya. Banyak yang tidak mengetahui bahwa data science merupakan suatu hal yang dipekerjakan dan banyak pula perusahaan yang mencari orang dengan kemampuan ini. Data science sering digunakan dalam menyelesaikan permasalahan pengolahan data, tidak ada model atau algoritma atau rumus yang siap pakai untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga untuk menyelesaikan analisa data tersebut kita perlu melakukan modifikasi algoritma atau modifikasi rumus yang ada. Karena algoritmanya dirubah atau rumusnya dimodifikasi maka pemrogramannya juga harus dirubah. Sehingga muncul kebutuhan data scientist untuk mengerti tentang pemrograman. Uniknya, data science atau ilmu tentang data ini tidak membutuhkan latar belakang pendidikan yang spesifik untuk mempelajarinya. 

 

Data Science di Kehidupan Nyata

Data science atau ilmu data merupakan ilmu terapan baru yang perkembangannya dituntut oleh meningkatnya penggunaan teknologi secara signifikan. Data science digunakan oleh perusahaan maupun instansi tertentu untuk melakukan analisis data yang tidak bisa dilakukan dengan metode sederhana. Misalkan marketplace Blibli.com memerlukan suatu pengetahuan yang dapat melakukan analisis data penjual dan pembeli di platform mereka. Tentunya, data yang mereka punyai setiap detiknya terus berubah atau bertambah. Sehingga diperlukan suatu metode komputasi untuk mengambil data tersebut serta melakukan perhitungan yang dapat menganalisis informasi pada data tersebut. Di sinilah peran data science dalam pemenuhan kebutuhan suatu perusahaan atau instansi.

Seperti pemaparan sebelumnya, data science adalah ilmu interdisiplin yang berarti data science terbentuk dari berbagai ilmu pengetahuan. Menurut Staven Geringer Raleigh (2014), pembentuk data science atau ilmu data dapat diilustrasikan dalam diagram venn berikut,

Data Science Venn Diagram v2.0

Data science mencakup disiplin ilmu yang luas, berdasarkan diagram diatas terdapat 3 disiplin ilmu yang fokus pada data science:

  • Machine Learning
    Machine learning merupakan irisan dari ilmu matematika dan statistika dengan ilmu komputer. Machine Learning adalah cabang dari disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang bertujuan memberikan kemampuan kepada komputer untuk dapat melakukan proses belajar. Algoritma machine learning yang digunakan untuk melakukan analisis data dengan tingkat akurasi yang tinggi adalah neural network (yang paling populer). Fundamental sebuah algoritma selalu menggunakan ilmu matematika. Salah satu penerapannya adalah Cortana atau yang lebih dikenal sebagai asisten dari pengguna Windows 10 merupakan salah satu penerapan machine learning.
  • Traditional Software
    Traditional software merupakan irisan dari ilmu komputer dengan SME (Subject Matter Expertise) adalah pengetahuan mengenai proses dari suatu bisnis atau instansi untuk beroperasi sehingga dapat dibuat (develop) suatu sistem yang dapat membantu bisnis atau instansi tersebut. Penerapan traditional software hampir digunakan oleh seluruh instansi pemerintahan maupun bisnis, contohnya e-learning, e-library, online banking, Point of Sales (PoS), dan lain-lain.
  • Traditional Research
    Traditional research merupakan irisan dari ilmu matematika dan statistika dengan SME (Subject Matter Expertise). Traditional research hampir digunakan berbagai perusahaan, instansi serta universitas. 

Dari ketiga bidang ilmu tersebut, terbentuklah data science sebagai disiplin ilmu baru yang dapat memenuhi kebutuhan analisis data menggunakan kecerdasan komputer. Untuk mereka yang bekerja dalam bidang data science ini kerap disebut sebagai seorang data analyst atau data scientist. Bukan rahasia lagi jika pekerjaan di bidang data science adalah sesuatu yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan beberapa perguruan tinggi ternama pun masih belum membuka jurusan khusus untuk mencetak orang-orang hebat di bidang ini. Padahal skill di data science ini sangatlah menjanjikan.

Apa itu Data Scientist?

Berdasarkan diagram, data science adalah ilmu yang memuat disiplin ilmu-ilmu tersebut. Orang yang berkecimpung dalam ilmu ini disebut Data Scientist. Namun terdapat pertimbangan antara data scientist dan unicorn pada diagram di atas. Dalam kenyataannya sangat susah untuk mencari seseorang yang expert di semua ilmu tersebut. Dalam diagram, orang ini adalah definisi dari unicorn pada diagram di atas. Sehingga unicorn adalah orang yang perfect di bidang data science.

Data scientist merupakan profesi yang berhubungan dengan pengolahan data dan analisa data. Seorang data scientist bertugas untuk mengumpulkan data, mengolahnya, serta melakukan analisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk suatu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Pengelolaan data merupakan aset yang sangat berharga karena bisa menghasilkan output perbaikan kinerja bisnis.

Meski menggandeng nama science, profesi data scientist tidak hanya mengandalkan ilmu sains saja. Ilmu yang wajib dikuasai oleh data scientist antara lain matematika (terutama statistik), programming, scripting dan pemahaman bisnis. Proses pencarian data dan penggabungan data akan berat jika tidak mengandalkan statistik. Sementara untuk memasukkan kumpulan data tersebut ke dalam komputer, keahlian programming dibutuhkan. Selain itu data scientist juga harus mahir berkomunikasi agar penyampaian hasil analisis suatu data yang besar dapat diutarakan dengan jelas.

Ilmu soft skill juga memegang peran krusial dalam profesi ini. Seorang data scientist harus memiliki rasa penasaran yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, serta bekerja sama dalam sebuah tim. Soft skill ini akan berguna untuk menyokong hard skill.

Data scientist melakukan proses analisis data menggunakan berbagai cara dan algoritma untuk menemukan solusi dari suatu masalah yang rumit. Data Scientist mengkombinasikan beberapa pasang data untuk mengungkap suatu pola. Contohnya, kebiasaan dan preferensi konsumen. Pola yang dicari ini nantinya dapat digunakan sebagai acuan untuk memprediksi pergerakan bisnis suatu produk.

Amazon, misalnya, menggunakan data penggunanya untuk menentukan produk yang akan disarankan pada setiap pengguna. Untuk merekomendasikan produk ini, dibutuhkan beberapa kemampuan khusus, diantaranya pemahaman statistika, pemrograman, dan pengetahuan bisnis.

Statistik merupakan inti dari Data Scientist. Bidang ini membutuhkan orang-orang yang memiliki kapasitas untuk mengungkap sebuah tren menggunakan data yang jumlahnya bisa lebih dari satu juta baris.

Seorang Data Scientist juga membutuhkan pengetahuan bisnis agar dapat memenuhi tujuan perusahaan. Pada akhirnya, seorang data scientist akan menghasilkan data product seperti sistem rekomendasi yang dimiliki Amazon untuk para calon konsumennya.

 

Sumber dari:

  1. https://www.advernesia.com/blog/data-science/apa-itu-data-science-dan-data-scientist/
  2. https://rencanamu.id/post/dunia-kerja/inspirasi/kenalan-dengan-profesi-data-scientist-yuk
  3. https://sadasa.id/mengenal-data-science/#/
  4. https://www.dqlab.id/data-science
  5. https://bootup.ai/blog/data-science-adalah-pengertian-manfaat/

2 Comments

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram