Follow us:-
  • By Syafnidawaty
  • 19 April 2020
  • Comments 6

K-means Clustering

K-means merupakan algoritma clustering. K-means Clustering adalah salah satu “unsupervised machine learning algorithms” yang paling sederhana dan populer. K-Means Clustering adalah suatu metode penganalisaan data atau metode Data Mining yang melakukan proses pemodelan tanpa supervisi (unsupervised) dan merupakan salah satu metode yang melakukan pengelompokan data dengan sistem partisi.

K-means clustering merupakan salah satu metode cluster analysis non hirarki yang berusaha untuk mempartisi objek yang ada kedalam satu atau lebih cluster atau kelompok objek berdasarkan karakteristiknya, sehingga objek yang mempunyai karakteristik yang sama dikelompokan dalam satu cluster yang sama dan objek yang mempunyai karakteristik yang berbeda dikelompokan kedalam cluster yang lain. Metode K-Means Clustering berusaha mengelompokkan data yang ada ke dalam beberapa kelompok, dimana data dalam satu kelompok mempunyai karakteristik yang sama satu sama lainnya dan mempunyai karakteristik yang berbeda dengan data yang ada di dalam kelompok yang lain.

Dengan kata lain, metode K-Means Clustering bertujuan untuk meminimalisasikan objective function yang diset dalam proses clustering dengan cara meminimalkan variasi antar data yang ada di dalam suatu cluster dan memaksimalkan variasi dengan data yang ada di cluster lainnya juga bertujuan untuk menemukan grup dalam data, dengan jumlah grup yang diwakili oleh variabel K. Variabel K sendiri adalah jumlah cluster yang diinginkan. Membagi data menjadi beberapa kelompok. Algoritma ini menerima masukan berupa data tanpa label kelas. Hal ini berbeda dengan supervised learning yang menerima masukan berupa vektor (­1 , y1) , (­2 , y2) , …, (­i , yi), di mana xi merupakan data dari suatu data pelatihan dan yi merupakan label kelas untuk xi .

Pada algoritma pembelajaran ini, komputer mengelompokkan sendiri data-data yang menjadi masukannya tanpa mengetahui terlebih dulu target kelasnya. Pembelajaran ini termasuk dalam unsupervised learning. Masukan yang diterima adalah data atau objek dan k buah kelompok (cluster) yang diinginkan. Algoritma ini akan mengelompokkan data atau objek ke dalam k buah kelompok tersebut. Pada setiap cluster terdapat titik pusat (centroid) yang merepresentasikan cluster tersebut.

K-means ditemukan oleh beberapa orang yaitu Lloyd (1957, 1982), Forgey (1965) , Friedman and Rubin (1967), and McQueen (1967). Ide dari clustering pertama kali ditemukan oleh Lloyd pada tahun 1957, namun hal tersebut baru dipublikasi pada tahun 1982. Pada tahun 1965, Forgey juga mempublikasi teknik yang sama sehingga terkadang dikenal sebagai Lloyd-Forgy pada beberapa sumber.

Terdapat dua jenis data clustering yang sering dipergunakan dalam proses pengelompokan data yaitu Hierarchical dan Non-Hierarchical, dan K-Means merupakan salah satu metode data clustering non-hierarchical atau Partitional Clustering.

Data clustering menggunakan metode K-Means Clustering ini secara umum dilakukan dengan algoritma dasar sebagai berikut:

  1. Tentukan jumlah cluster
  2. Alokasikan data ke dalam cluster secara random
  3. Hitung centroid/rata-rata dari data yang ada di masing-masing cluster
  4. Alokasikan masing-masing data ke centroid/rata-rata terdekat
  5. Kembali ke Step 3, apabila masih ada data yang berpindah cluster atau apabila perubahan nilai centroid, ada yang di atas nilai threshold yang ditentukan atau apabila perubahan nilai pada objective function yang digunakan di atas nilai threshold yang ditentukan

Beberapa Permasalahan yang Terkait Dengan K-Means Clustering

Beberapa permasalahan yang sering muncul pada saat menggunakan metode K-Means untuk melakukan pengelompokan data adalah:

    1. Ditemukannya beberapa model clustering yang berbeda
    2. Pemilihan jumlah cluster yang paling tepat
    3. Kegagalan untuk converge
    4. Outliers
    5. Bentuk cluster
  • Overlapping

Menurut Daniel dan Eko, Langkah-langkah algoritma K-Means adalah sebagai berikut:

  • Pilih secara acak k buah data sebagai pusat cluster
  • Jarak antara data dan pusat cluster dihitung menggunakan Euclidean Distance. Untuk menghitung jarak semua data ke setiap titik pusat cluster dapat menggunakan teori jarak Euclidean yang dirumuskan sebagai berikut: dimana: D (i,j) = Jarak data ke i ke pusat cluster j Xki = Data ke i pada atribut data ke k Xkj = Titik pusat ke j pada atribut ke k 
  • Data ditempatkan dalam cluster yang terdekat, dihitung dari tengah cluster.
  • Pusat cluster baru akan ditentukan bila semua data telah ditetapkan dalam cluster terdekat. 
  • Proses penentuan pusat cluster dan penempatan data dalam cluster diulangi sampai nilai centroid tidak berubah lagi.

Algoritma untuk melakukan K-Means clustering adalah sebagai berikut

  1. Pilih K buah titik centroid secara acak
  2. Kelompokkan data sehingga terbentuk K buah cluster dengan titik centroid dari setiap cluster merupakan titik centroid yang telah dipilih sebelumnya
  3. Perbaharui nilai titik centroid
  4. Ulangi langkah 2 dan 3 sampai nilai dari titik centroid tidak lagi berubah

Proses pengelompokkan data ke dalam suatu cluster dapat dilakukan dengan cara menghitung jarak terdekat dari suatu data ke sebuah titik centroid.

Ada beberapa kelebihan pada algoritma k-means, yaitu:

  1. Mudah untuk diimplementasikan dan dijalankan.
  2. Waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran ini relatif cepat.
  3. Mudah untuk diadaptasi.
  4. Umum digunakan.

Algoritma k-means memiliki beberapa kelebihan, namun ada kekurangannya juga. Kekurangan dari algoritma tersebut yaitu :

  1. Sebelum algoritma dijalankan, k buah titik diinisialisasi secara random sehingga pengelompokkan data yang dihasilkan dapat berbeda-beda. Jika nilai random untuk inisialisasi kurang baik, maka pengelompokkan yang dihasilkan pun menjadi kurang optimal.
  2. Dapat terjebak dalam masalah yang disebut curse of dimensionality. Hal ini dapat terjadi jika data pelatihan memiliki dimensi yang sangat tinggi (Contoh jika data pelatihan terdiri dari 2 atribut maka dimensinya adalah 2 dimensi. Namun jika ada 20 atribut, maka akan ada 20 dimensi). Salah satu cara kerja algoritma ini adalah mencari jarak terdekat antara k buah titik dengan titik lainnya. Jika mencari jarak antar titik pada 2 dimensi, masih mudah dilakukan. Namun bagaimana mencari jarak antar titik jika terdapat 20 dimensi. Hal ini akan menjadi sulit.
  3. Jika hanya terdapat beberapa titik sampel data, maka cukup mudah untuk menghitung dan mencari titik terdekat dengan k titik yang diinisialisasi secara random. Namun jika terdapat banyak sekali titik data (misalnya satu milyar buah data), maka perhitungan dan pencarian titik terdekat akan membutuhkan waktu yang lama. Proses tersebut dapat dipercepat, namun dibutuhkan struktur data yang lebih rumit seperti kD-Tree atau hashing.

Sumber dari:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/K-means
  2. https://informatikalogi.com/algoritma-k-means-clustering/
  3. https://www.researchgate.net/publication/326849650_PENERAPAN_METODE_K-MEANS_CLUSTERING_PADA_PERUSAHAAN
  4. https://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2018/05/agus-k-means-clustering.pdf

Comments

  1. Triyono
    20 April 2020

    Waktu kuliah bnyk yg ngerti algoritma ini, sepertinya mudah dipahami.
    Bu wati msh inget ga?

  2. Wahyu Hidayat
    20 April 2020

    Betul ini msh belum nyangkut waktu kuliah…msh bingung, hehehe,.. mksh bu wati mengingatkan

  3. Dedi Martono
    20 April 2020

    Metode ini sesuai yang saya pakai untuk tesis saya….artikel bermanfaat buat saya untuk menambah pengetahuan tentang clustering…terima kasih bu wati…semangat terus dan bisa bermanfaat bagi orang lain

Leave a Reply