Artikel : 3 Hal Bila Ingin Anda Sukses

Tidak Cukup Hanya “Otak Encer”, Perlu 3 Hal Ini Bila Ingin Sukses.

Serangkaian persiapan ujian, mulai dari ulangan, ujian sekolah, try out, Ujian Nasional (UN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) kini tengah dijalani oleh siswa di berbagai jenjang pendidikan. Dalam bidang akademik, skor atau nilai yang didapat saat ujian memang menjadi patokan keberhasilan untuk masuk sekolah atau perguruan tinggi favorit. Skor UTBK misalnya, semakin tinggi yang didapat, maka semakin mungkin siswa dapat masuk ke PTN favorit. Walau begitu, orangtua maupun guru perlu memahami bahwa skor yang tinggi atau keberhasilan tak hanya ditentukan oleh kecerdasan otak anak. Sehingga, bila nantinya nilai yang didapat anak tak sesuai target, bukan berarti anak tidak cerdas atau gagal.

3 hal jika ingin sukses yang harus dimiliki :

  • Soft skill, diperlukan dalam kesuksesan karier antara lain kemampuan kerja tim, ketekunan, mampu beradaptasi, menghadapi konflik, fleksibilitas, kepemimpinan, penyelesaian masalah, kreativitas, etos kerja, integritas, dan banyak lainnya.
  • Pendidikan karakter, Karakter merupakan ciri khas individu yang ditunjukkan melalui cara bersikap, berperilaku, dan bertindak untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat.
  • Kecerdasan emosi, Kelemahan karakter yang dimaksud antara lain kurangnya rasa percaya diri, kurang memiliki kemampuan bekerja sama dengan teman, tidak suka bergaul, rendahnya empati, dan kemampuan berkomunikasi yang minim.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tidak Cukup Hanya “Otak Encer”, Perlu 3 Hal Ini Bila Ingin Sukses”, https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/16/18313421/tidak-cukup-hanya-otak-encer-perlu-3-hal-ini-bila-ingin-sukses?page=2.
    Penulis : Ayunda Pininta Kasih
    Editor : Yohanes Enggar Harususilo

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram