Follow us:-
  • By robyawaluddin
  • 28 September 2021
  • No Comments

Mikroprosesor II – Arsitektur RISC V

Sejarah RISC-V

RISC-V merupakan sebuah arsitektur kumpulan instruksi terbuka dan terukur yang membuat keanekaragaman aplikasi-aplikasi dan beban kerja Big Data dan Fast Data bisa berkembang dalam pusat-pusat data  core dan dalam sistem-sistem mobile yang terpencil at the edge. Hal ini memberikan sebuah alternatif pada arsitektur-arsitektur komputasi umum yang standar saat ini. Dengan RISC-V, berbagai antarmuka standar terbuka dapat digunakan untuk memungkinkan pemrosesan khusus, solusi-solusi memory-sentris, perangkat penyimpanan unik dan aplikasi-aplikasi yang terkoneksi secara fleksibel.

RISC-V diluncurkan pada 2010 di University of California di Berkeley Par Lab Project, arsitektur perangkat instruksi yang sederhana, efisien, dan dapat diperluas, dan tidak memiliki batasan untuk berbagi. Krste Asanovic (pendiri SiFive), Andrew Waterman, Yunsup Lee dan David Patterson mendirikan RISC-V dan membangun chip pertama mereka pada tahun 2011. Pada 2014 mereka mengumumkan proyek dan memberikannya kepada masyarakat.

Anggota RISC-V dapat merancang prosesor dan chip lain yang kompatibel dengan perangkat lunak yang dikembangkan untuk arsitektur, dan pemegang lisensi tidak perlu membayar biaya lisensi kepada Arm. RISC-V netral secara politik karena memindahkan basisnya ke Swiss. Menurut anggota dewan RISC-V Patterson, ini menarik perhatian para eksekutif, termasuk CEO Infineon Reinhard Ploss. Dengan RISC-V, perusahaan China tidak akan harus bergantung pada teknologi barat, yang menjadi masalah ketika AS mengenakan tarif dan Arm harus memutuskan apakah teknologi AS dapat dilisensikan ke Huawei.

Aktivitas V meningkat di seluruh dunia. Redmond mengatakan dalam sebuah wawancara dengan VentureBeat bahwa RISC-V menciptakan revolusi teknologi. Tidak jelas berapa banyak startup RISC-V, tetapi grup ini memiliki lebih dari 100 perusahaan anggota dengan kurang dari 500 karyawan.

Perbedaan arsitektur RISC V dengan ARM dan X86

  • Menekankan pada perangkat lunak, dengan sedikit transistor
  • Instruksi sederhana bahkan single
  • Stabil, basis dan ekstensi standar pertama sudah dibekukan.
  • Bebas, RISC-V adalah open-source, tidak perlu membayar IP.

Perkembangan RISC V hingga saat ini

Western Digital Corp. (NASDAQ: WDC) hari ini mengumumkan tiga inovasi open-source terbaru pada acara RISC-V Summit yang didesain untuk mendukung upaya-upaya pengembangan RISC-V internal Western Digital dan ekosistem RISC-V yang tumbuh. Dalam pidatonya, Chief Technology Officer Western Digital, Martin Fink, membeberkan rencana-rencana untuk merilis sebuah versi open source dari RISC-V core, sebuah inisiatif standar terbuka untuk cache coherent memory pada sebuah jaringan dan sebuah simulator kumpulan instruksi open source RISC-V. Berbagai inovasi tersebut diharapkan dapat mempercepat pengembangan arsitektur komputasi terbuka yang didesain khusus bagi lingkungan Big Data dan Fast Data. Western Digital telah berperan aktif dalam membantu untuk memajukan ekosistem RISC-V, termasuk berbagai investasi dan kemitraan yang strategis, dan mendemonstrasikan kemajuannya pada misi yang telah dijanjikan, yaitu mentransisi satu miliar core prosesor perusahaan ke arsitektur RISC-V.

Implementasi RISC V dengan contoh penggunaannya

Arsitektur ini digunakan pada komputer dengan kinerja tinggi, seperti komputer vektor. Selain digunakan dalam komputer vektor, desain ini juga diimplementasikan pada prosesor komputer lain, seperti pada beberapa mikroprosesor Intel 960, Itanium (IA64) dari Intel Corporation, Alpha AXP dari DEC, R4x00 dari MIPS Corporation, PowerPC dan Arsitektur POWER dari International Business Machine. Selain itu, RISC juga umum dipakai pada Advanced RISC Machine (ARM) dan StrongARM (termasuk di antaranya adalah Intel XScale), SPARC dan UltraSPARC dari Sun Microsystems, serta PA-RISC dari Hewlett-Packard.

 

sumber:
https://hitechglitz.com/indonesia/bagaimana-risc-v-menciptakan-arsitektur-prosesor-open-source-yang-netral-secara-global/
https://www.citraselebriti.com/artikel/18938/pengembangan-prosesor-risc-v/
https://id.wikipedia.org/wiki/RISC

Leave a Reply