Mikroprosesor RISC V

Sejarah

Reduced Instruction Set Computing (RISC) atau “Komputasi set instruksi yang disederhanakan” pertama kali digagas oleh John Cocke, pen4eliti dari IBM di Yorktown, New York pada tahun 1974 saat ia membuktikan bahwa sekitar 20% instruksi pada sebuah prosesor ternyata menangani sekitar 80% dari keseluruhan kerjanya. Komputer pertama yang menggunakan konsep RISC ini adalah IBM PC/XT pada era 1980-an. Istilah RISC sendiri pertama kali dipopulerkan oleh David Patterson, pengajar pada University of California di Berkely.

Perbedaan

Perbedaan antara ARM dan x86 terutama disebabkan oleh kompleksitas komposisinya, sementara x86 dikembangkan dari arsitektur yang lebih kompleks, prosesor ARM didasarkan pada RISC (Reduced Instruction Set Computer), yang sesuai namanya Katanya, bertujuan menjadi lebih sederhana.

Perkembangan

RISC-V merupakan sebuah arsitektur kumpulan instruksi terbuka dan terukur yang membuat keanekaragaman aplikasi-aplikasi dan beban kerja Big Data dan Fast Data bisa berkembang dalam pusat-pusat data  core dan dalam sistem-sistem mobile yang terpencil at the edge. Hal ini memberikan sebuah alternatif pada arsitektur-arsitektur komputasi umum yang standar saat ini. Dengan RISC-V, berbagai antarmuka standar terbuka dapat digunakan untuk memungkinkan pemrosesan khusus, solusi-solusi memory-sentris, perangkat penyimpanan unik dan aplikasi-aplikasi yang terkoneksi secara fleksibel.

Implementasi

Processor ARM Cortex-M. Arsitektur berbasis ARM ARMv7/6-M ini belum banyak diaplikasikan kedalam autopilot UAV, untuk itulah di dalam paper ini akan dikaji secara lebih mendalam, apakah arsitektur ARM ARMv7/6-M yang diimplementasikan kedalam processor Cortex-M ini feasible untuk diterapkan sebagai autopilot UAV pustekbang LAPAN, menggantikan ardupilot yang berbasis arsitektur AVR RISC. Contoh produk yang akan dibahas lebih lanjut adalah NUC140 yang merupakan produk Nuvoton, dimana produk ini menggunakan processor ARM Cortex-M0 dan mampu menjalankan arsitektur ARM V6-M sebagai perwakilan dari aritektur ARM RISC, sedangkan untuk arsitektur AVR RISC akan menggunakan produk Ardupilot Mega v1.4a yang menggunakan processor ATmega2560.

Daftar Pustaka :

Leave Comment

error

INFO MAHASISWA BARU

Facebook
Instagram