Follow us:-
  • By arkandari
  • 14 June 2021
  • No Comments

Pico4ML Brings Machine Learning To the Raspberry Pi Pico

Pico4ML Brings Machine Learning To the Raspberry Pi Pico

Tiny Machine Learning Platform

Pico4ML

Raspberry Pi Pico tidak akan menjadi papan pertama yang terlintas dalam pikiran untuk pembelajaran mesin, tetapi tampaknya $ 4 mungkin merupakan platform yang layak untuk proyek pembelajaran mesin. Pico4ML dari Arducam adalah papan berbasis RP2040 dengan kamera, layar, dan mikrofon onboard yang terlihat berukuran sama dengan Raspberry Pi Pico.

Arducam mungkin lebih dikenal dengan jajaran kameranya untuk papan Raspberry Pi dan Nvidia Jetson, tetapi sejak rilis Raspberry Pi Pico, mereka telah mengutak-atik proyek pembelajaran mesin yang didukung oleh Pico. Arducam Pico4ML adalah board berbasis RP2040 pertama mereka dan board pertama yang menampilkan kamera onboard, mikrofon yang dapat Anda gunakan untuk deteksi “kata bangun”, layar, dan Unit Pengukuran Inersia (IMU) yang dapat mendeteksi gerakan.

Pico4ML ditujukan untuk pembelajaran mesin dan proyek kecerdasan buatan yang berbasis di sekitar Tiny Machine Learning (TinyML). Pustaka TensorFlow Lite Micro telah di-porting ke RP2040, membuka dunia proyek baru untuk mikrokontroler $4. Arducam Pico4ML pada intinya masih merupakan Raspberry Pi Pico, dan karenanya harus kompatibel dengan aksesori yang dirancang untuk Pico.

Pico4ML dapat mendeteksi dua orang secara real-time, dan dalam video demo terbaru, kami melihatnya beraksi dengan orang sungguhan dan figur aksi Mario. Pico4ML bereaksi dengan nilai persentase untuk menunjukkan seberapa pasti bahwa suatu gambar adalah seseorang sambil memberikan umpan kamera langsung dari subjek dalam bingkai.

Saat ini kami tidak tahu berapa banyak dan kapan board ini akan tersedia, tetapi kami tahu bahwa Tom’s Hardware akan menerima satu untuk ditinjau dalam beberapa minggu ke depan.

 

 

Leave a Reply