Cara Memanfaatkan iLearning Yang Efektif Untuk Mahasiswa Universitas Raharja

Saat ini, istilah iLearning sudah tidak asing lagi untuk kebanyakan orang. Khususnya saat pandemi covid-19 ini, dimana para pelajar, khususnya mahasiswa harus membiasakan diri terhadap cara pembelajaran online. Untuk mahasiswa Universitas Raharja sendiri, iLearning bukanlah hal yang baru. Karena, Universitas Raharja sendiri adalah salah satu kampus yang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajarannya. Jadi, seluruh mahasiswa akan dibimbing dan diajarkan untuk bisa menggunakan teknologi, khususnya untuk proses pembelajaran.

Cara kerja iLearning sendiri lebih mengarah ke efisiensi waktu, lebih fleksibel dalam proses belajar dan penggunaannya yang praktis serta mudah untuk dipahami sekalipun bagi mereka yang kurang memiliki basic ilmu komputer. Dari kemudahan yang di dapatkan dari sistem pembelajaran iLearning ini, ternyata ada beberapa cara memanfaatkan iLearning dengan efektif bagi mahasiswa. Berikut adalah penjelasannya.

1. Memanfaatkan iLearning Untuk Pengembangan Diri

Istilah iLearning merujuk pada pembelajaran online yang berbasis teknologi. Konteks belajar dalam iLearning, tidak selalu mengarah pada pembelajaran tatap muka online antara guru dan murid ataupun dosen dan mahasiswa. Tetapi lebih dari itu, kita bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan diri dengan cara mempelajari dan mendapatkan materi yang ingin kita pelajari.

Misalkan tertarik dengan dunia programming, kita bisa memanfaatkan iLearning untuk mendapatkan sumber materi untuk belajar. Dari guru atau dosen yang memberikan materi PDF, dari sosial media youtube atau bahkan dari berbagai website.

Misalkan ingin jadi content writter, biasanya  kampus yang menerapkan sistem ilearning seperti Universitas Raharja memiliki website khusus untuk mahasiswanya untuk mengerjakan tugas-tugas di website tersebut. Entah untuk mengetik materi atau hanya sekedar mengupload tugas saja. Dari akses website ini, kita bisa leluasa mengetik tidak hanya seputar materi saja, mengenai artikel lainnya yang bisa kamu coba, asalkan artikel tersebut informatif atau setidaknya ada informasi yang disampaikan kepada pembaca.

Di Universitas Raharja, kamu bisa mengembangkan diri melalui berbagai fasilitas yang telah disediakan. Website iLearning, adanya iTab (ilearning tablet) yang diberikan ke mahasiswa untuk belajar dimana saja, lab komputer. perpustakaan dan lain sebagainya.

2. Memanfaatkan iLearning Untuk Mencari Peluang

Sering kali, materi yang disampaikan dosen terhadap mahasiswa melalui ilearning memiliki sifat merangsang yang tinggi serta menumbuhkan rasa ingin tau. Tidak semua dosen juga memiliki kesempatan untuk menjelaskan berbagai halnya dengan jelas dan detail. Nah, disinilah kamu dapat memanfaatkan peran iLearning untuk mencari peluang. Peluang seperti apa? Tentunya peluang untuk mempelajari dan mempraktekannya sendiri mengenai yang disampaikan oleh dosen. Jadi kita bisa mengetahui kemampuan kita seperti apa, dalam hal mengolah, memproses dan bertindak akan sesuatu.

Misalkan dosen sedang mengajarkan materi entrepreneur, yaitu menjelaskan asiknya berbisnis dan menghasilkan uang, mulai dari jenis bisnisnya, langkah-langkahnya, cara mengelolanya, sampai bisa menghasilkan. Lalu kamu tertarik untuk mempelajarinya, kamu bisa memanfaatkan iLearning untuk mencari tau, bisnis apa yang cocok untuk kamu. Mencari relasi dengan orang-orang yang memiliki bisnis atau sekedar bertanya-tanya. Kalo di Universitas Raharja sendiri, ada salah satu dosen bernama H. Abdul Hamid Arribathi, dimana beliau juga mengajarkan matakuliah entrepreneur dan wajib banget belajar banyak dari beliau, mungkin juga bisa bertanya-tanya, karena orangnya pun ramah, jadi gak salah juga kalo misalkan mau belajar sama beliau, khususnya mahasiswa Universitas Raharja nih.

Atau kamu juga tertarik dengan dunia website misalkan, kamu bisa meminta bimbingan khusus ke beberapa dosen tertentu, mengajak teman mahasiswa lainnya, atau otodidak mempelajarinya mulai dari yang paling basic tanpa banyak ngoding, seperti menggunakan platform wordpress atau platform blogger seperti yang saya gunakan di Blog Wendy.

3. Memanfaatkan iLearning Untuk Kelas Online

Untuk kelas online, sudah disinggung sedikit pada penjelasan diatas, yaitu fleksibelitas waktu. Salah satunya dengan memanfaatkan untuk kelas online. Setiap halangan yang dirasakan mahasiswa terkadang bermacam-macam, hal ini yang bisa dimanfaatkan dari iLearning yaitu kelas online. Apalagi pada saat pandemi yang mengharuskan kita jaga jarak dan mengurangi aktifitas yang memiliki intens bertemu dengan banyak orang.

Bisa juga digunakan untuk izin via email atau videocall, karena hal tersebut juga bagian dari pemanfaatan iLearning. Yang terpenting alasannya jelas dan memang benar-benar berhalangan.

4. Memanfaatkan iLearning Untuk Semniar Online

Konsepnya sama seperti belajar di kelas online, hanya saja dalam seminar lebih memiliki konteks pembahasan khusus mengenai apa yang ingin dibicarakan. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan ketika terhalang oleh jarak dan keadaan ketika kita ingin mendapatkan informasi atau wawasan pengetahuan yang baru mengenai materi yang dibicarakan pada seminar online.

Pada saat keadaannya memungkinkan sekalipun, misalkan tidak dalam kondisi pandemi, seminar online masih worth it juga dilakukan dan kita sebagai mahasiswa akan merasa terbantu, karena bisa dengan mudah mendengarkan informasi dari jauh, meskipun tidak datang ke tempatnya langsung.

5. Memanfaatkan iLearning Untuk  Kemudahan Berkerjasama

Bagian paling menyenangkan dari adanya iLearning adalah kita dapat berdiskusi dan bekerjasama mengenai tugas dengan sesama teman satu kelompok. Dari sini juga kita bisa belajar bagaimana cara mengatur dan membuat sebuah kelompok, belajar memimpin, dan bertanggung jawab. Dengan metode iLearning ini, bekerjasama secara online dapat meningkatkan rasa ingin belajar yang tinggi. Kita bisa saling bertatapan secara langsung, berbicara dan mengobrol mengenai tugas dari masing-masing anggota dan bisa melihat hasilnya secara langsung.

Berkelompok juga terasa sedikit lebih santai dengan tingkat serius yang tinggi, dibandingkan dengan bertemu secara langsung yang kebanyakan berakhir dengan becanda, bermain ponsel dan lain sebagainya. Disini, kita bisa menegur atau meminta perbaikan secara langsung apbila yang dikerjakan ada yang kurang.

Nah itu dia beberapa manfaat iLearning yang bisa diterapkan dan dirasakan oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Raharja. Pastinya masih banyak lagi lainnya dan penjelasan diatas hanyalah salah satunya saja. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram