Buat tanda animasi dengan Raspberry Pi Pico

Terangi ruang tamu Anda seperti Piccadilly Circus dengan proyek Raspberry Pi Pico ini dari edisi terbaru majalah HackSpace. Jangan lupa, belum terlambat untuk mendapatkan mikrokontroler baru kami secara GRATIS jika Anda berlangganan majalah HackSpace.

Panel LED HUB75 menyediakan cara yang terjangkau untuk menambahkan keluaran grafis ke proyek Anda. Mereka awalnya dirancang untuk tampilan iklan besar (seperti yang dipopulerkan oleh Piccadilly Circus di London, dan Times Square di New York). Namun, kami dapat menggunakan sebagian kecil dari lampu terang ini dalam proyek kami. Mereka sering diberi nilai ‘P’, seperti P3 atau P5 untuk jumlah milimeter di antara LED RGB yang berbeda. Ini tidak memengaruhi kerja atau kabel dengan cara apa pun.

Kami menggunakan layar Adafruit 32 × 32. Layar lain dengan ukuran ini mungkin berfungsi, atau mungkin dihubungkan dengan kabel yang berbeda. Mungkin saja layar dengan ukuran berbeda dapat berfungsi, tetapi Anda harus menggali kode lebih dalam untuk menjalankannya dengan benar.

Cara paling hemat biaya untuk menambahkan 1024 RGB LED ke proyek Anda

Cara paling hemat biaya untuk menambahkan 1024 RGB LED ke proyek Anda
Protokol untuk menjalankan tampilan ini melibatkan membuang data dalam jumlah besar ke enam jalur data yang berbeda. Ini memungkinkan Anda menerangi satu bagian tampilan. Anda kemudian beralih ke bagian tampilan yang berbeda dan membuang data ke baris data lagi. Saat Anda tidak secara aktif menulis ke segmen tampilan tertentu, LED tersebut akan mati.

Tidak ada kontrol bawaan atas tingkat kecerahan – setiap LED menyala atau mati. Anda dapat menambahkan beberapa kontrol atas kecerahan dengan menjentikkan dan mematikan piksel untuk jumlah waktu yang berbeda, tetapi Anda harus mengelolanya sendiri. Kami tidak akan membahasnya di tutorial ini, tetapi jika Anda ingin menyelidikinya, lihat kotak di ‘Melanjutkan’.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasang kabel di layar. Ada 16 konektor, dan ada tiga jenis data yang dikirim – nilai warna, nilai alamat, dan nilai kontrol. Anda dapat menyambungkannya dengan berbagai cara, tetapi kami hanya menggunakan kabel header untuk menghubungkan antara kabel dan papan tempat memotong roti. Lihat di sini untuk detail koneksi.

Layar ini dapat menarik banyak daya, jadi sebaiknya jangan gunakan dari output 5V Pico Anda. Sebagai gantinya, gunakan suplai 5V terpisah yang dapat menghasilkan arus yang cukup. Pasokan 1A harus lebih dari cukup untuk contoh ini. Jika Anda mengubahnya, mulailah dengan sejumlah kecil piksel yang menyala dan gunakan multimeter untuk membaca arus.

Dengan itu terhubung, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil kode dan menjalankannya. Jika semuanya bekerja dengan benar, Anda akan melihat kata Pico memantul ke atas dan ke bawah di layar. Ini sedikit sensitif terhadap kabel, jadi jika Anda melihat beberapa kedipan, pastikan kabel terpasang dengan benar. Anda mungkin hanya ingin menampilkan kata ‘Pico’. Jika ya, selamat, Anda sudah selesai!

Namun, mari kita lihat cara menyesuaikan tampilan. Hal pertama yang perlu Anda sesuaikan jika ingin menampilkan data yang berbeda adalah fungsi teks – ada salah satunya untuk setiap huruf di Pico. Misalnya, berikut ini menggambar huruf kecil ‘i’:

Seperti yang Anda lihat, ini menggunakan metode light_xy untuk menyetel piksel tertentu dengan warna tertentu (r, g, dan b semuanya bisa 0 atau 1). Anda juga membutuhkan metode menggambar Anda sendiri. Yang saat ini adalah sebagai berikut:

Ini menyetel variabel global penulisan untuk menghentikannya menggambar bingkai ini jika masih diperbarui, lalu hanya menggulir variabel text_y antara 5 dan 20 untuk memantulkan teks ke atas dan ke bawah di tengah layar.

Metode ini berjalan pada inti kedua Pico, sehingga masih dapat membuang data secara konstan dari inti pemrosesan utama tanpa memperlambat pengambilan gambar.

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram