Cara memantau suhu freezer dari jarak jauh dengan Raspberry Pi

Elizabeth dari Git Tech’d telah menunjukkan kepada kita cara memantau freezer dan lemari es dari jarak jauh dengan sensor suhu dan Raspberry Pi. Dasbor monitor suhu waktu nyata memungkinkan Anda mengawasi berbagai hal, dan peringatan pesan teks dapat diatur untuk memberi tahu Anda saat suhu naik.

Ide tersebut muncul setelah istri Rick Kuhlman kehilangan banyak ASI yang dia simpan di freezer. Untuk memastikan bahwa kerja keras berbulan-bulan tidak akan pernah sia-sia lagi, Rick memberikan solusi $ 30 ini.

Komponen yang digunakan, yaitu :

  1. Raspberry Pi Zero W.
  2. Sensor Adafruit BME280 – sensor suhu dan kelembaban terintegrasi
  3. Hammond Miniature ABS Enclosure – digunakan untuk menutup dan memasang sensor di dalam freezer
  4. Kabel Flex Datar – hanya kabel paling datar yang dapat menjembatani segel freezer tanpa menyebabkan kebocoran udara

Remotely monitor freezer temperatures with Raspberry Pi

Semua komponen dimasukkan kedalam wadah pelindung

Cara Kerja

Cukup mudah, Anda cukup menyambungkan sensor suhu langsung ke Raspberry Pi Anda. Rick bahkan telah membuatkan Anda diagram pengkabelan yang jelas, untuk memudahkan kita dalam merangkai sistem pengkabelan.

Remotely monitor freezer temperatures with Raspberry Pi

 

Remotely monitor freezer temperatures with Raspberry Pi

Sensor suhu memiliki tujuh titik solder

Software

Semuanya terlihat cukup sederhana sesuai dengan panduan pemasangan. Beberapa pustaka Python diakses melalui Raspberry Pi OS.

Remotely monitor freezer temperatures with Raspberry Pi

Dasbor monitor suhu

Anda akan memerlukan kunci akses dari Status Awal, tetapi Rick menjelaskan bahwa Anda bisa mendapatkan uji coba gratis. Dasbor monitor suhu waktu nyata dihosting di akun Status Awal Anda. Jika Anda ingin melihat-lihat salah satu yang sudah aktif dan berjalan, lihat dasbor Rick.

Penting !

Anda dapat mengonfigurasi parameter peringatan Anda sendiri dari dalam dasbor. Atur suhu yang Anda inginkan dan berapa banyak kelonggaran yang dapat Anda toleransi.

Anda akan mendapatkan peringatan teks jika suhu turun terlalu jauh di atas atau di bawah setelan pribadi Anda.

Remotely monitor freezer temperatures with Raspberry Pi

Peringatan mengenai suhu temperatur freezer

Kami dapat melihat perbaikan terjangkau ini membantu laboratorium sains yang perlu menjaga reagen mahal tetap dingin tetapi tidak memiliki anggaran untuk freezer dengan pemantauan bawaan, serta orang yang perlu menyimpan obat pada suhu tertentu di rumah. Atau mungkin gerai makanan yang tidak ingin mengambil risiko kehilangan banyak makanan cepat saji berharga yang ditumpuk di lemari pendingin. Kerja bagus, Rick dan Elizabeth!

Tutorial lengkap silahkan klik link berikut : https://medium.com/initial-state/how-to-build-a-raspberry-pi-refrigerator-freezer-monitor-f7a91075c2fd

Sumber : raspberrypi.org/remotely-monitor-freezer-temperatures-with-raspberry-pi (Ashley Whittaker)

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram