What You Should Know About Raspberry Pi Pico



Raspberry Pi Pico adalah perubahan radikal dari Pis sebelumnya, karena ini bukan komputer Linux, tetapi papan mikrokontroler seperti Arduino. Nilai jual terbesar dari Raspberry Pi Pico adalah harganya, $ 4 dan chip RP2040 baru yang memberikan daya yang cukup untuk proyek yang disematkan dan memungkinkan pengguna dari segala usia atau kemampuan untuk mempelajari pengkodean dan elektronik. Jika Anda memiliki komputer Windows, Apple, Linux, atau bahkan Raspberry Pi yang berbeda, maka Anda sudah siap menggunakan Raspberry Pi Pico di proyek berikutnya.

 

Getting Started with Raspberry Pi Pico

Raspberry Pi Pico sangat berbeda dengan model sebelumnya. Ini adalah perangkat pertama yang menggunakan RP2040 “Pi Silicon” yang merupakan System on Chip (SoC) khusus yang dikembangkan oleh tim Raspberry Pi yang dilengkapi dengan dual core Arm Cortex M0 + yang berjalan pada 133 MHz, SRAM 264KB dan memori flash 2MB yang digunakan untuk menyimpan file.

Satu-satunya kelemahan dari Raspberry Pi Pico adalah tidak adanya konektivitas nirkabel. RP2040 adalah mikrokontroler pertama dalam kisaran Pi dan ini menghadirkan cara kerja baru. Pico bukanlah komputer, melainkan kita perlu menulis kode di aplikasi eksternal di komputer lain dan “mem-flash” kode tersebut ke mikrokontroler melalui USB. Dalam tutorial kami tentang cara memulai Raspberry Pi Pico, kami menjelaskan cara menghubungkan PC ke Pico dan menggunakannya untuk mengunggah kode MicroPython.

 

Coding with the Raspberry Pi Pico

Penulisan kode untuk Raspberry Pi Pico ditangani dalam C / C ++ atau MicroPython, yang terakhir menjadi bahasa yang didukung secara resmi untuk penggunaan umum dan pendidikan, sebagaimana dikonfirmasi oleh James Adams, Chief Operating Officer dari Raspberry Pi.

Raspberry Pi Pico GPIO Pinout

 

  • 26 × multi-fungsi 3.3V pin GPIO
  • 2 × SPI, 2 × I2C, 2 × UART, 3 × 12-bit ADC, 16 × saluran PWM yang dapat dikontrol
  • 8 × Mesin status I / O (PIO) yang dapat diprogram untuk dukungan periferal kustom.
  • Modul castell memungkinkan penyolderan langsung ke papan pembawa.

Beroperasi pada 3.3V, Raspberry Pi Pico memiliki 40 pin GPIO, tetapi tidak memiliki faktor bentuk yang sama seperti Raspberry Pis sebelumnya. Kami memiliki pin GPIO untuk input / output digital, modulasi lebar pulsa (PWM) dan untuk protokol komunikasi spesialis seperti I2C, SPI, UART / Serial. GPIO juga memiliki tiga input Analog, sesuatu yang tidak dimiliki Raspberry Pis lainnya, yang menggunakan tegangan variabel untuk dihubungkan ke, misalnya, potensiometer, joystick, atau resistor yang bergantung pada cahaya.

 

What You Do With a Raspberry Pi Pico

Dengan harga eceran $ 4, Raspberry Pi Pico adalah alat yang hemat biaya untuk mengutak-atik proyek elektronik dan mempelajari komputasi fisik.

Kita dapat menggunakan kekuatan Pico di jantung proyek robotika dan motor, mengumpulkan data menggunakan sensor untuk suhu, kelembapan, cahaya, dan polusi, dan kita dapat mempelajari dasar-dasar pemrograman dan elektronik.

 

The RP2040

Raspberry Pi Pico saat ini adalah satu-satunya papan yang menawarkan RP2040 tetapi tidak akan lama seperti itu. Adafruit telah mengumumkan dua papan baru berdasarkan RP2040. Feather 2040 dan ItsyBitsy 2040 mengikuti rangkaian tata letak papan Adafruit sendiri dan menghadirkan fitur tambahan seperti pengisian baterai, kapasitas penyimpanan yang lebih besar, STEMMA QT, dan Neopixels. Arduino telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan Arduino Nano RP2040 Connect, varian dari RP2040 dengan WiFi dan Bluetooth. SparkFun juga telah merilis papan sendiri berdasarkan RP2040 yang melihat desain mereka menambahkan kartu micro SD dan penyimpanan flash onboard yang lebih besar untuk mengakomodasi proyek dan file yang sesuai. Pimoroni telah mengumumkan papan berbasis RP2040 terkecil, yang diberi nama Tiny2040, papan ini memiliki lebih sedikit pin GPIO daripada kebanyakan, tetapi memiliki penyimpanan flash onboard yang besar seperti papan SparkFun.

 

RP2040 Board Comparison

SoCGPIOExtra FeaturesDimensions
Raspberry Pi PicoDual-core Arm Cortex M0+ processor, flexible clock running up to 133 MHz, 264KB of SRAM, and 2MB of on-board Flash memory26 × multi-function GPIO pins 2 × SPI, 2 × I2C, 2 × UART, 3 × 12-bit ADC, 16 × controllable. 8 × Programmable I/O (PIO) state machines for custom peripheral supportAccurate clock and timer on-chip. Castellated module allows soldering direct to carrier boards.21 x 51mm
Adafruit Feather RP2040Dual-core Arm Cortex M0+ processor, flexible clock running up to 133 MHz, 264KB of SRAM, and 4MB of on-board Flash memory21 GPIO Pins, 4 x 12 bit ADC, 2 x I2C, 2 x SPI, 2 x UART, 16 x PWM, STEMMA QT200mA lipoly charger, RGB Neopixel, Reset Button, USB C50.8 x 22.8mm
Adafruit ItsyBitsy RP2040Dual-core Arm Cortex M0+ processor, flexible clock running up to 133 MHz, 264KB of SRAM, and 4MB of on-board Flash memory23 GPIO Pins, 4 x 12 bit ADC, 2 x I2C, 2 x SPI, 2 x UART, 16 x PWM, STEMMA QTRGB Neopixel, Reset Button, Micro USB36 x 18mm
Pimoroni TinyRP2040Dual-core Arm Cortex M0+ processor, flexible clock running up to 133 MHz, 264KB of SRAM, and 8MB of on-board Flash memory12 GPIO Pins, 4 x 12 bit ADCRGB LED, User Switch22.5 x 18mm
SparkFun Thingy PlusDual-core Arm Cortex M0+ processor, flexible clock running up to 133 MHz, 264KB of SRAM, and 16MB of on-board Flash memory30 GPIO Pins, 4 x 12 bit ADC, 2 x UART, 2 x I2C, 2 x SPI, QWIIC Connector500mA lipoly charger, RGB LED, Rest Button58.4 x 22.8mm

 

Accessories and Add-ons

Asesoris bagian pertama dan ketiga adalah darah kehidupan komunitas Raspberry Pi dan pembuat. Mereka menghadirkan fitur tambahan dan memungkinkan proyek direalisasikan dengan lebih mudah. Dengan faktor bentuk baru Raspberry Pi Pico, maka diperlukan aksesori baru dan yang pertama dipasarkan di Pimoroni, reseller resmi Raspberry Pi yang berbasis di Inggris. Mereka telah merilis 12 aksesori baru untuk Pico, sembilan di antaranya tersedia saat peluncuran. Mulai dari papan breakout sederhana yang memungkinkan beberapa tambahan untuk digunakan sekaligus, hingga perangkat output audio tingkat lanjut dan papan Demo VGA yang menggunakan Programmable IO dari RP2040 untuk membuat sinyal video DVI. Jika minat Anda lebih condong ke LED maka Paket Unicorn melihat 112 RGB LED siap untuk mempesona bola mata Anda.

Tutorials and Support

Hal terbaik tentang Raspberry Pi adalah komunitas yang hebat dan ribuan tutorial yang telah dibuat. Dari dasar hingga kompleks ada tutorial bagus untuk membantu Anda mempelajari keterampilan baru.

Saat ini Raspberry Pi Pico sangat baru, sehingga hanya ada beberapa tutorial yang tersedia, tetapi karena $ 4 ini menyebar ke seluruh dunia, lebih banyak penggemar, seperti mereka yang bekerja di Tom’s Hardware akan menciptakan cara baru untuk membantu Anda mendapatkannya. hasil maksimal dari Raspberry Pi Pico.

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram