Robin Grosset Membawa RP2040 dari Raspberry Pi Pico ke Ketinggian Baru dengan Overclock hingga 420MHz

Insinyur Robin Grosset telah mendorong Raspberry Pi Pico dan mikrokontroler RP2040 ke batasnya, berhasil melakukan overclocking chip dari stoknya 133MHz ke 420MHz yang mengesankan.

Diluncurkan awal tahun ini, papan pengembangan Raspberry Pi Pico menjadi tuan rumah bagi silikon in-house pertama Raspberry Pi, mikrokontroler RP2040. Secara resmi, chip dapat dihitung dengan kecepatan hingga 133MHz – tetapi secara tidak resmi bagian tersebut dapat berjalan jauh lebih cepat, seperti yang sering diperlukan untuk mendapatkan kinerja terbaik dari peretasan seperti mengubahnya menjadi emulator Mikro BBC yang berfungsi penuh.

Eksperimen Grosset, bagaimanapun, melangkah lebih jauh dari kebanyakan dengan secara dramatis meningkatkan kecepatan clock – hingga 420MHz, lebih dari tiga kali batas atas resmi untuk mikrokontroler RP2040.

Tidak ada Picos yang dirugikan dalam pembuatan video ini, “kata Grosset tentang upload terbaru ke saluran YouTube-nya.” Jarak tempuh Anda mungkin berbeda-beda. Overclocking bisa memperpendek umur Pico-mu, meskipun milikku sepertinya baik-baik saja. ”

Sementara Grosset juga melihat underclocking chip, teknik yang biasa digunakan untuk meningkatkan efisiensi energi untuk proyek bertenaga baterai atau off-grid lainnya, overclocking yang paling mengesankan: Secara bertahap meningkatkan kecepatan clock, Grosset menemukan Raspberry Pi Pico-nya dapat digunakan semua jalan hingga 420MHz – dengan satu peringatan yang tidak menguntungkan.

“Dengan overclock maksimum memori flash Anda akan berhenti berbicara dengan CPU Pico Anda,” aku Grosset. “Ini dapat dipulihkan jadi jangan khawatir, cukup muat program lain dengan kecepatan clock yang berbeda.”

Insinyur Raspberry Pi Graham Sanderson, penulis b-em BBC Micro emulator port untuk RP2040, telah menyarankan satu kemungkinan perbaikan untuk masalah ini: “Anda dapat memperlambat flash clock dengan faktor dua relatif terhadap prosesor dengan menggunakan kustom boot stage2 dengan PICO_FLASH_SPI_CLKDIV = 4, “tulis Sanderson di Twitter. “Anda juga dapat mengubahnya di header papan.”

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram