Perbedaan Hosting, Server dan Domain

Ketika hendak membuat hingga mengelola suatu website, istilah seperti hosting, server, dan domain akan sering kita dengar. Lalu apa perbedaan antara hosting, server, dan domain?

Hosting

Hosting merupakan tempat untuk menyimpan data yang ada di website. Hosting ditempatkan dalam sebuah server. Seperti gambar, video, audio dan sebagainya. File-file tersebut akan disimpan dalam sebuah tempat yang dinamakan server hosting, dimana nantinya server akan menampilkan data-data tersebut pada web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Safari, dan Opera. 

Hosting dapat digambarkan sebagai lahan tempat kita membangun rumah atau kavling tanah yang dipetak- petak tempat dibangunnya rumah sedangkan domain adalah nama alamat dari bangunan atau rumah kita. Website adalah rumah kita. 

Setelah membuat sebuah website, tentunya kita ingin website kita dapat diakses melalui internet. Salah satu cara yang dapat kita lakukan yaitu meng-upload website tersebut ke sebuah hosting. Hosting merupakan media penyimpanan file-file yang ada di dalam website

Agar website kita dapat diakses dengan baik selama 24 jam, maka server hosting harus dilengkapi dengan jaringan internet dengan kecepatan tinggi. Jika tidak maka server akan down dan menyebabkan website kita tidak dapat di akses.

Fungsi Hosting

Ibaratnya jika Anda mempunyai produk, Anda sudah membuat produk tersebut sedemikian rupa dan Anda siap untuk menjual produk tersebut. 

  • Solusi Penyimpanan Praktis

Sebagai solusi penyimpanan paling praktis. Melalui web hosting data penunjang media yang berhubungan dengan website dapat dijadikan dalam satu wadah saja sehingga membuat ruang penyimpanan lebih hemat.

  • Kostumisasi yang Mudah

Memberikan kenyamanan pada setiap penggunanya karena memiliki kostumisasi yang mudah dikelola, melalui control panel yang dapat disesuaikan menurut website penggunanya.

  • Hemat Waktu dan Tenaga

Adanya orang atau tim yang berpengalaman di penyedia jasa layanan hosting yang melakukan pengelolaan server.

  • Pelestarian Alam

Melalui penggunaan layanan ini, kita dapat menghemat penggunaan kertas atau alat lainnya yang umumnya digunakan untuk menyebarkan informasi ke banyak orang. Kitai dapat menyebarkan informasi melalui perangkat elektronik yang jauh lebih mudah, cepat, dan ramah lingkungan.

  • Efisiensi Anggaran

Layanan hosting juga akan membuat budget yang dikeluarkan menjadi lebih efisien. Kita tidak perlu lagi membeli banyak media penyimpanan.

* Ibarat Sebuah Bangunan, Hosting Merupakan Tanahnya

Domain

Domain merupakan nama atau alamat dari suatu website. Jika website diibaratkan sebuah rumah, maka domain adalah alamat rumah yang menggantikan “letak geografis” rumah yang dalam konteks ini menggantikan alamat IP (IP address). Keberadaan domain juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan hosting. Domain bisa menjadi “nama” dari website yang kita buat. Website wajib menggunakan sebuah domain.

Ketika kita mengeluarkan biaya untuk sebuah nama domain, kita hanya dapat menyewanya saja sehingga setiap tahun harus memperbarui izin menggunakan nama domain yang digunakan. 

Domain merupakan nama yang sudah ditentukan dan diatur oleh sebuah badan pengelola nama domain yang di Indonesia diatur oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Domain terdiri dari berbagai jenis, yaitu:

  • Top level domain (TDP)

Top level domain (TLD) adalah ekstensi yang terdapat di akhir nama sebuah domain. Contohnya, dalam “www.netflix.com,” yang disebut TLD adalah akhiran “.com.”

  • Second level domain

Second Level Domain, biasa disebut juga dengan SLD atau “2LD.” SLD merujuk pada nama instansi, organisasi, atau nama pilihan yang digunakan. Bila mencontoh dari nama domain pada poin di atas, “www.netflix.com” merupakan SLD yang dimaksud.

  • Third level domain

Third Level Domain atau 3LD ini adalah nama domain yang kita berikan sebelum TLD dan SLD. Contohnya, bila kita membuat untuk keperluan email, kita bisa menambahkan webmail.namadomain.com. Begitu pula untuk hal-hal lainnya seperti blog (blog.namadomain.com), promo (promo.namadomain.com), dan sebagainya.

Berikut contoh domain : www.whello.id

Berdasarkan contoh di atas, yang menjadi top level domain adalah domain dengan ekstensi “.id”. Nama domain “whello” merupakan second level domain.

 

Ada dua macam domain yang perlu kita ketahui yakni: 

  • Domain gTLD (Global Top Level Domain)

Domain gTLD merupakan domain global yang cukup umum digunakan. Dalam penggunaannya, domain ini juga tidak membutuhkan syarat khusus. Contoh domain gTLD meliputi: .com, .net, .org dan masih banyak lagi lainnya. 

  • Domain ccTLD (Country Code Top Level Domain). 

Country Code Level Domain lebih sering digunakan untuk domain lokal di negara-negara tertentu. Misalnya .id untuk domain Indonesia, .cn untuk negara Tiongkok, dan .my untuk Malaysia. Domain untuk website pemerintahan dan instansi pendidikan negara juga menggunakan ekstensi Country Code Level Domain.

Fungsi Domain

Domain memiliki fungsi untuk menunjukkan identitas website. Tentunya dengan menggunakan nama domain yang cocok untuk produk (website) kita, pemilihan domain yang tepat dapat mendongkrak penjualan produk (website) kita. 

*Ibarat Sebuah Bangunan, Domain Adalah Alamat Bangunan

Server

Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam satu jaringan komputer. Server memiliki software dan hardware yang berfungsi sebagai pemberi data pada web client (browser) agar browser bisa menampilkan halaman website tertentu.

Perangkat keras (hardware) server terdiri dari prosesor dan RAM yang menjalankan sebuah sistem operasi yang disebut dengan network operating system. Secara garis besar, server akan bekerja ketika ada permintaan dari client. Client di sini adalah browser yang biasa kita pakai seperti Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari dan masih banyak yang lain. Ketika kita mengetik sebuah alamat website, maka server segera merespon permintaan dan mengirimkan isi website pada halaman browser.

Server harus disimpan pada suatu data center dengan fasilitas lengkap agar mesin server dapat bekerja optimal saat diakses dari seluruh dunia dan tidak mudah rusak sehingga dapat bertahan lama.

Fungsi Server

Berikut ini beberapa fungsi server secara umum:

  1. Melakukan pelayanan serta bertanggung jawab terkait permintaan data dari komputer klien.
  2. Bertanggung jawab mengatur trafik data.
  3. Menyimpan berbagai file dan data untuk dapat diakses bersama-sama menggunakan protokol FTP.
  4. Komputer klien dilindungi dengan cara pemasangan firewall atau anti malware di komputer klien.
  5. Hak akses ke dalam sebuah jaringan diatur sehingga tidak semua klien mampu mengakses data yang terdapat di dalam komputer server.

Jenis-Jenis Server

Ada berbagai jenis server:

  1. Proxy server: membatasi permintaan data, kinerja koneksi, dan berbagi file antar server dan klien di luar jaringan serta sebagai gerbang antara jaringan lokal dan jaringan luar.
  2. Telnet server: mengatur komputer dengan cara melakukan login dan logout pada komputer host.
  3. Virtual server: sejumlah server fisik dibuat seolah-olah seperti menjadi beberapa server.
  4. Web server: berfungsi untuk menyimpan konten pada website dan berkomunikasi menggunakan HTTP.
  5. Audio dan video server: berfungsi untuk menyimpan fitur multimedia sebuah website.
  6. FTP server: mengatur transfer data dalam sebuah jaringan.
  7. Aplikasi server: mengolah perintah yang diberikan oleh klien dan menghubungkan dengan database.
  8. Mail server: berfungsi ketika menyimpan surat elektronik dan menangani berbagai permintaan klien.
  9. News server: mendistribusikan berbagai macam berita melalui jaringan berita.

 

Sumber:

  1. https://whello.id/tips-digital-marketing/perbedaan-hosting-domain-dan-server/
  2. https://www.dewaweb.com/blog/perbedaan-hosting-server-dan-domain/
  3. https://www.logique.co.id/blog/2020/07/06/perbedaan-hosting-server-dan-domain/
  4. https://pandi.id/apakah-perbedaan-domain-server-dan-hosting/
  5. https://www.jojonomic.com/blog/perbedaan-hosting-domain-dan-server-yang-perlu-anda-ketahui/
  6. https://www.jetorbit.com/blog/perbedaan-hosting-domain-dan-server/
  7. https://idcloudhost.com/perbedaan-domain-dan-hosting/
  8. https://qwords.com/blog/perbedaan-hosting-dan-domain/

3 Comments

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram