IPTEK

Definisi IPTEK

IPTEK? Mungkin kata tersebut seringkali kita dengar. IPTEK merupakan akronim dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, akronim tersebut mempunyai artinya sendiri, baik Ilmu, Pengetahuan, maupun Teknologi.

Ilmu adalah pemahaman mengenai suatu pengetahuan, yang mempunyai fungsi untuk mencari, menyelidiki, lalu menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga yaitu merupakan suatu pengetahuan yang sudah teruji akan kebenarannya.

Pengetahuan adalah suatu yang diketahui ataupun disadari oleh seseorang yang didapat dari pengalamannya. Pengetahuan juga tidak dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncul disebabkan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.

Teknologi adalah suatu penemuan melalui proses metode ilmiah, untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal. Atau dapat diartikan sebagai sarana bagi manusia untuk menyediakan berbagai kebutuhan atau dapat mempermudah aktivitas.

Ilmu, pengetahuan, dan teknologi sebenarnya selalu berjalan secara beriringan terutama di bidang komunikasi.

IPTEK merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai berbagai informasi dan pengetahuan terkait teknologi di berbagai bidang.  Pengetahuan mengenai teknologi tidak hanya terbatas pada pendidikan saja, melainkan bidang-bidang lain akan membutuhkan suatu teknologi untuk mengoptimalkan segala sumber daya yang dimilikinya.

IPTEK adalah suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang dibidang teknologi. Dapat juga dikatakan, definisi IPTEK ialah merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan yang terbaru yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi itu sendiri.

IPTEK merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai berbagai informasi dan pengetahuan mengenai teknologi yang terdapat di berbagai bidang. Dengan memanfaatkan berbagai teknologi akan banyak manfaat yang akan didapatkan. Banyak sektor-sektor kehidupan yang dimana sangat membutuhkan dorongan dari berbagai teknologi untuk mencapai kemajuan. 

Dengan adanya IPTEK, kemampuan masyarakat akan meningkat dan dapat mengoptimalkan segala sumber daya dan potensi yang bisa dicapai dengan mengoptimalkan berbagai teknologi yang ada.

Tujuan dan Manfaat dari IPTEK

IPTEK memiliki tujuan antara lain sebagai berikut:

  • Mempermudah komunikasi.
  • Mempermudah pekerjaan yang dilakukan oleh manusia.
  • Waktu yang digunakan lebih efisien dalam mendapat informasi, informasi yang diperoleh juga akurat.
  • Dapat membantu manusia dalam meningkatkan dan memanfaatkan sumber energi baru yang berguna untuk kelangsungan hidup manusia.

IPTEK memiliki berbagai manfaat untuk berbagai sektor kehidupan. Dengan memanfaatkan IPTEK, banyak hal yang bisa dicapai untuk bisa menjadi lebih baik dan bisa mendapatkan keuntungan untuk berbagai pihak. Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan IPTEK:

  • Segala hal menjadi lebih mudah

Dengan adanya penemuan yang menggunakan IPTEK, kehidupan manusia akan menjadi lebih mudah dan bisa dijangkau. IPTEK membuat segala kehidupan di dunia menjadi lebih praktis. Kehidupan yang sebelumnya dirasa tidak bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi, semua hal tersebut akan menjadi kenyataan. Semua kegiatan dalam kehidupan akan terasa jauh lebih mudah dan menyenangkan. Hal ini dikarenakan adanya berbagai teknologi baru yang mulai diciptakan untuk membantu kehidupan manusia dalam segala hal menjadi lebih mudah.

  • Membantu penyelesaian permasalahan manusia

Kehidupan tanpa masalah adalah suatu hal yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan manusia. Ketika ada suatu kehidupan, maka masalah pun akan ada untuk menyelingi berbagai kehidupan yang berjalan. Berbagai permasalahan bisa diatasi dengan berbagai teknologi terbaru dan teknologi yang sudah diciptakan. Permasalahan manusia akan lebih mudah untuk diselesaikan. Penyelesaian permasalahan manusia akan terbantu dengan adanya berbagai teknologi yang ada.

  • Kehidupan menjadi lebih maju

Dengan adanya teknologi terkini, kehidupan manusia akan menjadi lebih maju. Tingkat intelektual dan kecerdasan manusia akan bertambah dengan memanfaatkan segala teknologi yang tersedia. Adanya berbagai teknologi bisa dipelajari dengan mudah untuk menciptakan teknologi baru yang lebih baik kedepannya. Dengan pemanfaatan teknologi dengan optimal dan sesuai dengan fungsinya, kehidupan akan menjadi lebih maju dan bisa meningkatkan manfaat diberbagai bidang kehidupan.

  • Mengoptimalkan bisnis

Teknologi juga bisa mendukung adanya bisnis yang dijalankan oleh manusia. Berbagai bidang bisnis bisa ditunjang dengan adanya teknologi yang dioptimalkan penggunaannya. Bisnis akan cepat berkembang jika ditunjang dengan teknologi yang sudah ada dan ditingkatkan intensitas penggunaannya dengan bijak. Keuntungan dalam bisnis akan menjadi meningkat jika penggunaan teknologi dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang ada.

  • Komunikasi menjadi lebih mudah

Teknologi juga dapat meningkatkan fungsi komunikasi menjadi lebih mudah. Komunikasi bisa dilakukan tanpa batas dan tanpa jarak. Dengan adanya dukungan teknologi yang serba canggih, kemungkinan untuk melakukan komunikasi jarak jauh akan sangat bisa didapatkan dimanapun anda berada. Komunikasi tidak akan dibatasi dengan jarak dan waktu. Mudahnya berkomunikasi tanpa batas.

  • Ekonomis dan Efektif

Penggunaan berbagai produk teknologi sebenarnya lebih ekonomis dan efektif karena bisa menghemat waktu, uang, dan biaya.

  • Menghasilkan Keuntungan Secara Materiil

Dengan adanya mesin untuk berbagai keperluan ternyata memberikan manfaat yang sangat menguntungkan, terutama secara materiil. Mesin otomatis bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang lebih hemat dan efektif.

  • Memperluas Jaringan di Berbagai Aspek Kehidupan

Seperti yang sedikit dibahas sebelumnya, bahwa kemajuan IPTEK yang paling masif lebih pada bidang informasi dan komunikasi.

  • Berbagai pengetahuan akan dapat lebih mudah didapatkan
  • Dapat menemukan transportasi umum yang canggih

Dampak Negatif dan Positif IPTEK

Saat ini IPTEK telah berkembangan sangat pesat. Dapat dilihat dari semakin banyaknya bermunculan berbagai macam teknologi canggih yang dapat membantu aktivitas dalam kehidupan manusia. Dengan semakin berkembangannya IPTEK itu sendiri, menimbulkan efek negatif dan positif.

Sisi negatif seperti:

  • Dapat merusak moral, dimana Internet menjadi media IPTEK yang dapat mempengaruhi moral dari seseorang. Seperti misalnya konten yang berbau negatif dan yang lainnya.
  • Dapat menimbulkan polusi. Perkembangan IPTEK yang semakin pesat dan banyak dimanfaatkan. Akan tetapi disamping itu banyak sekali polusi pencemaran yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK itu sendiri.
  • Dapat membuat orang semakin malas, karena IPTEK memiliki tujuan untuk mempermudah & memanjakan manusia. Jadi manusia akan semakin malas sebab sudah ada teknologi yang dapat menggantikan dirinya bekerja.

Sisi positifnya seperti:

  • Dapat meringankan berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia.
  • Dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat dan mudah.
  • Dapat mengurangi pemakaian bahan-bahan alami yang semakin kesini semakin langka.
  • IPTEK juga membawa manusia ke arah lebih maju dan modern

 

Pengaruh Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK Dilihat Dari Beberapa Aspek Penting

Pengaruh positif:

  • Aspek Politik

Kemajuan IPTEK membuat nilai-nilai seperti kebebasan demokrasi dan keterbukaan berpengaruh terhadap kemajuan pikiran dan partisipasi bangsa Indonesia. Nilai-nilai ini akan menjadi alat kontrol yang baik bagi keberlangsungan pemerintah yang bersih, jujur, adil, dan mampu menerima aspirasi dari masyarakat secara baik.

  • Aspek Ekonomi

Dalam sisi ekonomi, kemajuan Iptek berpotensi mendorong penanaman modal asing, meningkatkan kemakmuran rakyat, meningkatkan kesempatan dan devisa kerja serta dan makin terbukanya pasar internasional untuk produksi di dalam negeri.

  • Aspek Sosial Budaya

Munculnya internet dan gadget yang canggih telah mempermudah seseorang memperoleh informasi dari manapun dan kapanpun. Ini juga berperan dalam peningkatan efisiensi dalam aktivitas sehari-hari.

  • Aspek Hukum

Kemajuan IPTEK akan memberikan efek pada pertahanan dan keamanan, supremasi hukum, demokrasi, dan tuntutan Hak Asasi Manusia (HAM) semakin menguat. Disamping itu, tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih transparan, professional, dan lebih bertanggung jawab juga makin menguat.

Pengaruh negatif:

  • Aspek Politik

Dengan berkembangnya IPTEK, maka tidak menutup kemungkinan nilai-nilai seperti kebebasan demokrasi dan keterbukaan bisa disalah artikan oleh masyarakat. Hal ini bisa membuat terganggunya stabilitas politik di dalam negeri.

  • Aspek Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, perkembangan IPTEK bisa merugikan lantaran dapat meningkatkan perdagangan bebas yang membuat terdesaknya produk lokal, timbulnya kesenjangan sosial akibat adanya persaingan bebas, kemungkinan perekonomian negara untuk dikuasai pihak asing, dan yang lebih buruk mekanisme pengaturan ekonomi sepenuhnya diatur oleh pasar sehingga pemerintah hanya sebagai regulator.

  • Aspek Sosial Budaya

Kemajuan IPTEK ini dapat memunculkan sifat hedonisme maupun gaya hidup konsumtif dan individualisme. Hal ini tentu saja memicu adanya kesenjangan sosial jika seseorang tidak mampu menerima pengaruh IPTEK dengan baik. Selain itu, ada kekhawatiran akan lunturnya nilai-nilai sosial dan keagamaan. Dimana kemajuan teknologi kadang bisa membuat seseorang melupakan hubungan dengan orang lain dan melanggar norma agama contohnya mencuri dengan cara hacking ke suatu lembaga keuangan dan sebagainya.

  • Aspek Hukum

Kemajuan IPTEK di bidang hukum dikhawatirkan akan memunculkan tindakan anarkis dari masyarakat yang mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, ketahanan maupun stabilitas nasional. Oleh karena itu, perlu adanya solusi dalam menghadapi pengaruh Iptek terhadap sebuah negara sehingga kemajuan teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak. Salah satunya perkembangan Iptek harus sesuai dengan sila Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa dan didukung dengan UUD 1945 untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

 

Sumber:

  1. https://www.nesabamedia.com/pengertian-iptek/
  2. http://www.pengertianku.net/2015/01/pengertian-iptek-atau-ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-lengkap.html
  3. https://www.selamatpagi.id/pengertian-teknologi-dalam-berbagai-bidang/pengertian-iptek/
  4. https://brainly.co.id/tugas/8996076
  5. https://www.stebisigm.ac.id/berita259-IPTEK-dan-KEWIRAUSAHAAN.html
  6. https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/pengaruh-kemajuan-iptek-terhadap-indonesia-4425/
  7. https://intanayuda8.wordpress.com/2013/05/13/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-html/#:~:text=A.,proses%2C%20dan%20sebagai%20paradigma%20etika.

3 Comments

  1. Triyono

    Ilmu Pengetahuan dan TEKnologi.
    Teknologi makin berkembang, negatif dan positifnya dari segala sisi pasti ada..
    Iman hrs di charger.. Hehe..

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram