Tutorial Membuat Aplikasi Menggunakan Flutter Untuk Pemula

Hai semua!

Kali ini saya akan membahas mengenai tutorial membuat aplikasi menggunakan flutter framework. Langsung saja disimak ya.

 

 

Apa itu flutter?

Flutter adalah sebuah framework open-source yang dikembangkan oleh Google untuk membangun antarmuka (User Interface/UI) aplikasi Android dan iOS sekaligus dalam satu frame yang sama dengan menggunakan bahasa pemrograman Dart.

Ada  hal yang menjadi poin penting yang ditawarkan oleh Flutter kepada para penggunanya, yakni :

  1.  Fast Development : Flutter menawarkan fitur Hot Reload yang di-claim dalam hitungan detik kamu sudah dapat melihat terjemahan code program yang telah kamu buat.
  2. Expressive and Flexible UI : Flutter menawarkan komponen UI (User Interface) yang menarik dengan proses rendering yang cepat.
  3. Native Performance : Flutter juga menyediakan widgets yang dapat digunakan untuk menunjang proses development agar lebih efisien, seperti scrolling, navigation, icon, dan font . Namun tetap memberikan performance serasa native, baik untuk versi Android maupun iOS.

Apa bedanya membuat aplikasi Android menggunakan Android Studio (native) dengan Flutter ?

Perbedaan pertama :

Ada fitur Hot Reload yang disediakan oleh Flutter. Mengapa ada fitur itu ?. Karena fitur tersebut akan membuat si orang yang sedang ngoding android terasa seperti ngoding di web. Setiap ada perubahan kita tidak perlu kompilasi ulang untuk melihat hasilnya.

Sedangkan di Android Studio kita harus melakukan kompilasi APK disetiap ingin melihat debug dan melihat hasilnya. Proses ini juga memakan waktu yang sangat lama jika komputer atau laptop yang digunakan terlalu rendah.

 

Perbedaan kedua :

Yaitu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Flutter menggunakan bahasa pemrograman Dart, sedangkan Android Studio menggunakan bahasa pemrograman Java dan Kotlin.

 

Perbedaan ketiga :

Aplikasi yang dibuat dengan Flutter bisa di-build ke Android dan iOS. Sedangkan Android Studio hanya bisa di-build ke Android saja.

 

Contoh aplikasi yangdibangun dengan Flutter :

  • Alibaba (Android).
  • Google AdWords (Android).
  • App Tree (Android).
  • Topline (Android).
  • Hamilton (Android dan iOS).

 

Instalasi Flutter.

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan :

  1.  Sistem Operasi : Untuk Windows minimal Windows 7 SPI  atau yang terbaru (64-bit). Sedangkan Linux dan Mac wajib menggunakan 64-bit.
  2. Ruang Penyimpanan : Untuk Windows sediakan ruang 400 MB (tidak termasuk tools/IDE). Sedangkan Linux membutuhkan ruang 600 MB dengan ketentuan yang sama dan Mac harus menyediakan ruang 700 MB.
  3. Tools : Flutter bergantung pada kesediaan alat di PC

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram