Tutorial Flutter

Tutorial Lengkap Belajar Flutter untuk Pemula. Tutorial Flutter bahasa Indonesia jumlahnya masih sangat terbatas. Padahal peminatnya cukup banyak.

Google trends pun mengabarkan kalau Flutter tengah naik daun di Indonesia. Semakin hari penggunanya semakin bertambah. itu menandakan, mempelajari Flutter merupakan hal yang mesti kita lakukan.

Apalagi Flutter sangat ramah dengan pengguna baru. Meski yang digunakan adalah bahasa pemrograman baru, tetapi mempelajarinya tidak sulit.

 

Apa Itu Flutter

Flutter merupakan seperangkat SDK yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis mobile, web maupun desktop. Sebagian orang mengenal Flutter hanya untuk membuat aplikasi mobile.

Namun, saat ini Flutter sudah berkembang dan mampu digunakan untuk membuat aplikasi website dan dekstop.

 

Tips Panduan dan Tutorial Flutter untuk Pemula

Mempelajari Flutter akan berdampak positif selama 5 sampai 10 tahun ke depan.

Hal ini didasarkan pada ketertarikan programmer yang merasa “dimudahkan” oleh Flutter dalam membangun aplikasi.

Misalnya dalam hal structure code yang ramping, dokumentasi yang lengkap, fitur-fitur yang canggih dan package-package pendukung yang sangat banyak.

 

jika Anda ingin sekali mempelajari Flutter, berikut panduan belajar Flutter untuk pemula:

1. Membaca Dokumentasi dengan Seksama

Flutter menyediakan dokumentasi secara online yang sangat lengkap, Anda tidak perlu panik karena merasa kesulitan saat mempelajarinya.

Selain mudah dipelajari, Flutter sangat ramah dengan penggunanya dalam urusan dokumentasi. Dokumentasi disediakan Flutter melalui situs Flutter.dev yang berisi panduan cara installasi, widget-widget dasar sampai proses build aplikasi.

Kita juga dapat membaca tutorial dan panduan menggunakan Flutter melalui situs flutterawesome.com, Melalui situs tersebut, kita akan disuguhkan contoh program sekaligus source code cara membuatnya.

 

2. Memahami Bahasa Pemorgraman Dart

Flutter dibangun menggunakan bahasa pemrograman Dart.

Bagi pemula, ada baiknya mempelajari dan memahami bahasa pemrograman Dart terlebih dahulu agar tidak bingung dan kesulitan saat menerapkannya di Flutter, Secara online, kita bisa mempelajari bahasa pemrograman Dart melalui situs resminya di dart.dev.

Dokumentasi yang disediakan situs tersebut sangat jelas. Bahkan, kita pun bisa melakukan uji coba kode dart melalui situs dartpad.com secara online. Jadi tidak perlu lagi install perangkat dart di komputer kita.

 

3. Buatlah Aplikasi-aplikasi Sederhana

Saat pertama kali mempelajari Flutter, kita bisa mulai membuat aplikasi-aplikasi sederhana terlebih dahulu, Tidak perlu berpikiran jauh untuk membuat aplikasi-aplikasi yang rumit.

Misalnya kita dapat membuat aplikasi sederhana berupa CRUD Menggunakan Flutter.

Setelah terbiasa menggunakan Flutter dalam membangun aplikasi, selanjutnya kita bisa membuat aplikasi yang lebih keren dan powerful.

Agar kita mahir dalam suatu bahasa pemrograman, kita harus terbiasa dahulu. Jika sudah terbiasa, maka akan semakin mudah.

 

4. Tutorial Memahami Error Handling di Flutter

Terjadi error saat membangun aplikasi sangat wajar. Syukurnya, Flutter sangat ramah dalam urusan ini.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa hal, yaitu:

Pertama, Flutter memiliki fitur autocorret saat proses pembuatan aplikasi. Kita akan langsung ditunjukan letak dan posisi error sebelum melakukan build.

Kedua, Flutter memberikan penjelasan yang lengkap saat proses build melalui terminal.

Kita dapat membaca dengan seksama dan tidak perlu panik dahulu.

Flutter akan membimbing kita menemukan letak kesalahannnya.

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram