Mengenal dan Mempelajari Tentang Flutter

Apa itu Flutter ?

apa itu Flutter? Flutter adalah sebuah alat yang membuat kita bia membangun aplikasi antar platform (iOs, Android) secara native atau native cross-platform dengan menggunakan satu bahasa pemrograman dan satu basis kode. Native cross-platform yang dimaskud bukan sebuah aplikasi web yang dibungkus oleh native app tetapi kita benar benar membangun dua aplikasi berbeda untuk iOs dan Android yang kemudian bisa kita distribusikan ke Apple App Store maupun Google Play Store.

Secara teknis, Flutter ada dua yaitu Flutter Framework yaitu sebuah framework dari bahasa pemrograman Dart yang menyediakan fungsi & elemen UI atau disebut widget didalam Flutter, yang kedua adalah Flutter SDK adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk mengembangkan / membangun aplikasi iOs atau Android.

Lalu apa itu SDK ?

SDK atau sering disebut Software Development Kit merupakan sekumpulan tools yang diperlukan oleh seorang programmer atau developer untuk membuat aplikasi entah itu dalam bentuk Game, OS, dan lainnya.

3 Kelebihan Flutter

Dikutip dari situs resminya ada beberapa benefit yang bisa kita dapatkan ketika membangun sebuah aplikasi menggunakan Flutter, di antaranya yaitu :

NoKelebihan Uraian
1Fast DevelopmentKita bisa mengembangkan aplikasi android & ios dengan lebih cepat. Hal itu dikarekanakan flutter sudah memiliki widget-widget dan class untuk membuat aplikasi.
2Expressive and Flexible UI Kita dapat membangun aplikasi android & iOs dengan UI yang flexible. Widget-widget dan class-class yang dimiliki flutter sudah mendukung material desain di android dan desain untuk iOS.
3Native PerformanceAplikasi yang kita buat akan sama performanya dengan aplikasi native yang dibuat dengan android studio jika android dan xcode jika aplikasi tersebut dijalankan di iOS

Alasan Kenapa Harus Flutter

Saat ingin membuat aplikasi baik Android ataupun iOS, akan ada beberapa pilihan untuk membangun aplikasi yang bisa berjalan dikedua platform tersebut. 2 Metode yang ada yaitu :

  • Native : Di sini kita membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman native yang sudah didukung penuh oleh penyedia platform yaitu Google dan Apple. Bahasa native tersebut berarti java untuk android dan objective C untuk iOS.
  • Hybrid : Dengan hybrid kita bisa membangun aplikasi android dan iOS secara mudah menggunakan teknologi HTML, CSS, dan Javascript yaitu menggunakan React Native sebagai frameworknya.

Kedua metode tersebut tentu saja memiliki keunggulan dan kelemahan.

  • Jika ingin menggunakan native berarti kita harus mempelajari dua bahasa pemrograman sekaligus agar bisa membuat aplikasi yang berbda platform.
  • Begitupun dengan hybrid masalah utamanya biasanya pada performa dan memori, tapi kita cukup menguasai satu framework saja yang menggunakan teknologi di atas.

Lalu kenapa harus Flutter?

Ternyata flutter ini lahir untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada pada metode Hybrid. Di mana mereka mengklaim :

  • Dengan hanya satu codebase kita bisa membuat aplikasi dan ios secara bersamaan
  • Performanya juga diklaim akan seperti aplikasi yang dibuat dengan native pemrograman
  • Flutter juga dilengkapi dengan fitur Hot-reload, yaitu fitur yang bisa memungkinkan kita mengubah kode-kode saat aplikasi sedang running
  • Terakhir desain UI/ UXnya juga menarik dan flexible

Dasar-dasar Flutter

Selanjutnya jika kamu ingin mempelajari flutter, silahkan pelajari dari dasarnya, seperti :

  • Mempelajari Statles Widget
  • Mempelajari Statful Widget
  • Mempelajari Layout Flutter

Contoh Aplikasi Flutter

Contoh-contoh aplikasi yang dibangun dengan Flutter :

  • Aplikasi Android Alibaba
  • Aplikasi Android App Tree
  • Aplikasi Android Topline
  • Aplikasi Android Google AdWords
  • Aplikasi Android dan iOS Hamilton
  • Aplikasi Grab
  • Aplikasi Groupon

Tools yang dibutuhkan

Untuk membuat aplikasi berbasis android ataupun ios pasti kita harus mempunyai alat tempur alias toolsnya. Begitupun dengan flutter, jika kita ingin membuat aplikasi ios atau android dengan flutter setidaknya ada beberapa tools yang harus kita miliki, yaitu :

  1. JDK (Java Development Kit)
  2. IDE Android Studio
  3. Android SDK
  4. Flutter SDK
  5. Text Editor seperti VS Code dan lainnya  (Bisa juga langsung menggunakan Android Studio).

Semua tools di atas bisa di download secara gratis dari situs resminya langsung.

Penutup

Itulah ulasan singkat mengenai apa itu flutter, kelebihan, dan alasan kenapa harus flutter. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu yang lainnya juga.

Sumber penulis : https://badoystudio.com/ , https://kawankoding.com/

Sumber gambar : https://crosstechno.com/

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram