Latar Belakang Masalah

Pengertian Latar Belakang Masalah

Beberapa pengertian dari latar belakang masalah:

  • Latar belakang masalah penelitian (research background) adalah bagian pertama dan sangat penting dalam menyusun tulisan ilmiah, baik itu dalam bentuk paper atau tesis. Latar belakang masalah penelitian menjelaskan secara lengkap topik (subject area) penelitian, masalah penelitian yang kita pilih dan mengapa melakukan penelitian pada topik dan masalah tersebut (Berndtsson et al., 2008).
  • Latar belakang masalah adalah gambaran yang jelas mengenai pemikiran ilmiah, dengan cara mengemukakan masalah dan menghadapkan  pada beberapa pustaka yang relevan yang dapat menuntun pembaca menuju kepada pemikiran logis. Latar belakang masalah penelitian berisi informasi tentang suatu masalah dan atau peluang yang dapat dipermasalahkan agar ditindaklanjuti lewat penelitian, termasuk hal-hal yang melatarbelakanginya (Husein Umar, 2001:238). Latar belakang masalah juga berisi tentang sejarah dan peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi  pada suatu proyek penelitian, tetapi dalam peristiwa itu, nampak adanya penyimpangan-penyimpangan dari standar yang ada, baik standar keilmuan maupun aturan-aturan. Dalam latar belakang ini peneliti harus melakukan analisis masalah, sehingga permasalahan menjadi jelas. Melalui analisis masalah ini, peneliti harus dapat menunjukkan adanya suatu penyimpangan dan menuliskan mengapa hal itu perlu diteliti (Sugiyono, 1999:302).
  • Latar belakang masalah menjelaskan mengapa suatu penelitian dilaksanakan dan apa yang ingin dicapai atau diketahui dari pelaksanaan penelitian tersebut. Fakta dan data yang mendukung harus dicantumkan (Dermawan Wibisono, 2000:304).
  • Latar belakang merupakan penjelasan dalam bentuk uraian paragraf yang berisi alasan mengapa sebuah karya tulis dibuat. Misalnya, kalau untuk karya ilmiah berarti harus menjelaskan mengapa topik karya ilmiah tersebut dibuat. Kalau proposal pensi, mengulas alasan mengapa pensi tersebut harus diadakan. Dengan adanya latar belakang, pembaca jadi tahu hal apa yang hendak disampaikan dalam karya ilmiah tersebut. 
  • Latar belakang adalah menceritakan hal hal yang melatarbelakangi mengapa peneliti memilih judul penelitiannya. Dalam latar belakang masalah ini, peneliti seolah-olah sebagai detektif yang sedang mengamati situasi lingkungan tempat kejadian perkara. Untuk memunculkan berbagai alasan mengapa memilih judul tersebut, maka seorang peneliti dalam hal ini dapat mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, akan tetapi belum efektif pada pelaksanaannya.
  • Latar Belakang masalah adalah informasi yang tersusun sistematis berkenaan dengan fenomena dan masalah problematik yang menarik untuk diteliti. Masalah terjadi saat harapan ideal akan sesuatu hal tidak sama dengan realita yang terjadi. Tidak semua masalah adalah fenomena dan menarik. Masalah yang fenomenal adalah saat menjadi perhatian banyak orang dan di bicarakan di berbagai kalangan di masyarakat.

Latar belakang yang baik dan benar dapat membuat pembaca tertarik terhadap laporan penelitian yang dibuat. Latar belakang harus dimulai dengan mendefinisikan topik. Penting mengidentifikasi topik mana yang perlu ditinjau dan apa yang sudah diketahui pembaca tentang topik tersebut. Informasi yang ada di latar belakang menggambarkan tentang permasalahan yang ada di penelitian, yang mengacu pada literatur atau penelitian terdahulu. Latar belakang bisa juga merangkum tentang hal penting dari penelitian lain yang berkaitan dengan topik penelitian. 

Latar belakang masalah berisi argumentasi mengapa penelitian ini penting dilakukan. Menggambarkan situasi dan kondisi baik secara makro maupun mikro serta dilengkapi dengan fakta dan data-data lapangan. Menunjukkan sebab-sebab muncul dan terjadinya masalah. Dikotomi, antara apa yang seharusnya terjadi dan kenyataan yang ada. Munculnya kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan kenyataan. Mengemukakan Kajian teoritis dibandingkan dengan fenomena yang ada, sehingga penelitian ini menjadi menarik, memberi manfaat besar dan memang urgen untuk dilakukan (W. Gede Merta, 2004:11).

Menurut Libguides.usc.edu, latar belakang menjelaskan tentang apa yang kita tahu tentang topik yang akan kita ambil atau kita teliti. Informasi pada latar belakang haruslah menjelaskan tentang akar dari permasalahan yang sedang dipelajari atau diteliti. Berikut beberapa sudut pandang latar belakang yang bisa diambil sesuai dengan bidang ilmu yang diambil: 

  • Budaya – perilaku yang dipelajari dari sekelompok orang tertentu
  • Ekonomi – sistem produksi dan pengelolaan kekayaan materi dan / atau kegiatan bisnis.
  • Gender – perilaku, budaya, atau ciri-ciri psikologis yang dikaitkan dengan sifat laki-laki atau perempuan. 
  • Historis- kejadian yang terjadi di masa lampau dan menghasilkan efek pada masa sekarang
  • Interdisipliner – penjelasan teori, konsep, ide, atau metodologi yang diambil dari disiplin ilmu lain dan korelasinya dengan topik yang kita ambil. 
  • Filsafat – klarifikasi tentang hakikat keberadaan atau fenomena yang berkaitan dengan masalah penelitian.
  • Politik – menyangkut lingkungan yang menjadi sasaran agenda politik. 
  • Sosial – mengenai lingkungan yang diteliti. 
  • Temporal – mencerminkan masalah atau peristiwa, yang berkaitan dengan, atau dibatasi oleh waktu Informasi latar belakang yang memadai membantu pembaca untuk memahami topik apa yang akan dibahas. 

Dilansir dari Enago.com, latar belakang harus mencakup beberapa informasi di bawah ini: 

  • Teori, konsep, istilah, dan ide yang mungkin asing bagi pembaca. 
  • Data historis yang perlu dibagikan untuk memberikan penjelasan mengapa masalah saat ini muncul 
  • Konsep yang diambil dari disiplin ilmu lain yang bisa jadi asing bagi pembaca. 
  • Keunikan dari penelitian yang Anda lakukan dan metode baru yang mungkin dipakai. Dianjurkan untuk menulis latar belakang dari permasalahan umum ke khusus agar pembaca bisa mengetahui latar belakang penelitian dengan lebih terstruktur.

Menurut Andrik Purwasito (2004), latar belakang masalah setidaknya memuat hal-hal sebagai berikut:

  1. Faktor-faktor apa saja yang menjadi perhatian anda untuk dijadikan suatu latar belakang. Itulah yang disebut dengan latar belakang faktual (identifikasi masalah yang relevan). 
  2. Informasi kasus, baik secara langsung lewat pengamatan di masyarakat maupun lewat buku-buku referensi, dan hasil-hasil penelitian lain yang sejenis, ini disebut latar belakang teoritis. Peneliti menghubungkan kasus yang satu dengan yang lain, Bagaimana kasus-kasus kontemporer berhubungan dengan kasus-kasus terdahulu, dan bagaimana antara teori-teori yang dapat menjelaskan fenomena perubahan tersebut dari waktu ke waktu. 
  3. Tonggak problematik yang berisi berbagai persoalan yang akan dijawab dalam bab-bab selanjutnya. Latar belakang memberi alur berpikir sehingga mempermudah peneliti untuk mensistematisir persoalan yang ingin dipecahkan. Setiap masalah yang akan dijawab sebaiknya diutarakan sebagai problematik yang akan dibahas dalam bab-bab berikutnya.

Berikut ini beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika menulis latar belakang:

  1. Kondisi ideal tentang bagaimana seharusnya suatu keadaan berjalan, bisa ditulis dalam bentuk visi dan misi yang hendak dicapai.
  2. Kondisi faktual tentang keadaan yang benar-benar terjadi saat ini, bisa berupa masalah sehingga menjadi dasar dibuatnya suatu penelitian atau kegiatan. 
  3. Membahas penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti baik dari negara atau tempat lain tentang topik terkait.
  4. Jika karya ilmiah punya kelemahan, dalam latar belakanglah harus menjelaskan kelemahan tersebut.
  5. Tujuan penelitian, di mana membahas permasalahan karya ilmiah lebih detail dan dalam.
  6. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah.
  7. Perumusan singkat mengenai pertanyaan penelitian.
  8. Solusi berupa saran singkat atau penawaran solusi terhadap masalah sebelum lanjut ke pokok pembahasan.

Sumber:

  1. https://romisatriawahono.net/2012/06/18/kiat-menyusun-alur-latar-belakang-masalah-penelitian/
  2. https://www.kajianpustaka.com/2014/04/latar-belakang-masalah-penelitian.html
  3. https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/contoh-latar-belakang/
  4. https://tirto.id/cara-membuat-latar-belakang-makalah-dalam-sebuah-penelitian-eeJi
  5. https://www.gurupendidikan.co.id/latar-belakang-masalah/
  6. https://www.kompasiana.com/adesuyitno/551acd59a333114f21b65a68/cara-membuat-latar-belakang-masalah#:~:text=Latar%20Belakang%20masalah%20adalah%20informasi,masalah%20adalah%20fenomena%20dan%20menarik.

3 Comments

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram