Follow us:-
  • By Syafnidawaty
  • 14 May 2020
  • Comments 2

Digital

Apa sih sebenarnya digital itu?

Secara umum digital adalah penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 yang biasa disebut bilangan Biner atau Binary Digit, dan off atau on.

Ada juga menyebutkan definisi digital adalah suatu sinyal atau data yang dinyatakan dalam serangkaian angka 0 dan 1, dan umumnya diwakili oleh nilai-nilai kuantitas fisik, seperti tegangan atau polarisasi magnetik.

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari kita, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).

Digitalatau lebih sering disebut digitalisasi adalah bentuk perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital. Digitalisasi ini sudah terjadi sejak tahun 1980 dan masih berlanjut hingga saat ini.

Era digital muncul karena adanya revolusi yang mulanya dipicu oleh sebuah generasi remaja yang lahir pada tahun 80-an. Kehadiran digitalisasi ini menjadi awal era informasi digital atau perkembangan teknologi yang lebih modern.

Teknologi digital adalah sudah tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual, tetapi lebih pada sistem pengoperasian otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem penghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik (kode digital).

Sedangkan teknologi komunikasi digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. Bilangan biner akan membentuk kode digital (1 dan 0 berdasarkan adanya arus listrik atau tidak yang diatur oleh transistor). Kode digital tersebut nantinya akan diolah oleh komputer. Contohnya gambar kamera video yang telah diubah dari gelombang cahaya menjadi menjadi bentuk digital dalam bentuk pixel.

Perkembangan Teknologi Digital

Perkembangan teknologi digital membuka era digital dan secara garis besar dapat dilihat pada 3 hal berikut ini:

  1. Lahirnya komputer pada tahun 1940 dan perkembangannya sejak saat itu
  2. Lahirnya internet atau World Wide Web (WWW) pada tahun 1989
  3. Lahirnya situs jejaring sosial (social media) pada tahun 1997 dan maraknya penggunaannya sejak tahun 2000-an

Manfaat Era Digital

Beberapa manfaat dari era digitalisasi:

  • Kemudahan Dalam Berkomunikasi

Dengan adanya era digital saat ini tentunya semakin memberikan kemudahan dalam hal komunikasi. Saat ini kita dikelilingi oleh perangkat digital yang canggih seperti smartphone. melalui perangkat ini manusia dapat saling terhubung dengan manusia di belahan bumi lainnya dengan memanfaatkan adanya internet. 

  • Mobile dan Fleksibel

Era digital adalah masa dimana semua hal serba mudah dan tidak ada batasan. Hal ini bisa dibuktikan dari kemudahan untuk mengikuti berbagai jenis event tanpa harus hadir di tempat. Masyarakat bisa mengerjakan apapun secara mobile atau dengan istilah yang lagi ngetrend sekarang yaitu secara online/daring.

  • Internet Lebih Dominan Ketimbang Penggunaan Pulsa

Di era digital saat ini internet memang lebih mendominasi untuk berbagai kebutuhan masyarakat terutama kaum milenial. Mengingat pentingnya internet sehingga masyarakat lebih memilih untuk kehabisan pulsa daripada kehabisan paket data dengan alasan karena paket data bukan hanya sekedar untuk berselancar di dunia maya melainkan juga berfungsi sebagai media komunikasi yang lebih murah daripada menggunakan pulsa.

  • Kemudahan Dalam Berbelanja dan Mendapatkan Apa yang Diinginkan

Dengan adanya internet mulai bermunculan e-commerce atau toko online. Sehingga memudahkan kita untuk berbelanja atau mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa harus datang ke lokasi. Salah satu manfaat dari kehadiran toko digital seperti ini maka memungkinkan untuk menemukan penjual dan pembeli meskipun berada di lokasi yang berada pada jarak yang jauh.

Kelebihan Teknologi Digital

  1. Data yang dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain tidak terpengaruh cuaca buruk dan noise karena data yang ditransmisikan dalam bentuk sinyal digital.
  2. Berbagai tipe sistem komunikasi tersedia dan dapat digunakan.
  3. Biaya perawatan lebih rendah karena lebih praktis dan stabil.

Kekurangan Teknologi Digital

Selain memiliki keunggulan, teknologi digital juga memiliki beberapa kekurangan seperti:

  1. Kesalahan yang mungkin terjadi pada saat mengubah sinyal analog ke digital (digitalisasi).
  2. Kemungkinan tercurinya data digital yang penting seperti nomor rekening, data pekerjaan, dll oleh hacker ataupun virus.
  3. Membuat ketergantungan yang berlebihan pada penggunanya, yang dapat menghambat kemampuan empati dan sosial secara nyata.

Perbedaan Teknologi Digital dan Analog

Teknologi digital merupakan sistem penghitung sangat cepat dengan memproses informasi berupa kode digital atau nilai-nilai numerik (angka). Sebelum diproses, diperlukan sensor yang mengubah informasi-informasi nyata menjadi kode digital (contohnya adalah kamera digital). Kode digital yang dikirim sensor barulah akan diolah oleh komputer (mikroprosessor) yang dimana di setiap alat digital pasti ada. Dari hasil pengolahan data digital tersebut, informasi akan ditampilkan pada layar.

Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program tertentu yang sudah diatur dengan pengaturan tertentu, seperti komputer analog. Komputer analog pada dasarnya merupakan alat ukur dan biasanya digunakan pada mesin-mesin untuk memberikan sebuah informasi dan kendali otomatis. Kelemahan dari teknologi analog adalah tidak dapat mengukur dengan teliti dan membutuhkan waktu yang lama untuk memproses informasi.

Atau secara singkat dapat dijelaskan beda digital dan analog adalah jika teknologi digital mengirimkan sinyal dalam bentuk digit, maka teknologi analog mengirimkan sinyal dalam bentuk gelombang. Kita tahu ada berbagai perangkat yang memiliki fungsi yang serupa, tapi dibuat dengan teknologi analog dan digital. Sebagai contoh telepon, kamera, TV dan beberapa perangkat lain dibuat dengan teknologi analog dan digital. Lebih jelasnya, kita ambil satu contoh penerapannya pada telepon analog (telepon biasa) dan telepon digital (telepon pintar/smartphone).

Sumber:

  1. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-digital.html
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Digital
  3. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-digital.html
  4. https://www.studiobelajar.com/teknologi-digital/

Comments

  1. Triyono
    15 May 2020

    Semoga bermanfaat..
    Sekedar saran, share nya berhubungan dng penelitian yg sedang di ambil bu..

    1. Syafnidawaty
      15 May 2020

      makasih sarannya mas Try, ini juga ada hubungannya kan, hehehe

Leave a Reply