Multiple Objective Decision Making (MODM)

Multi Criteria Decision Making (MCDM) adalah suatu metode pengambilan keputusan untuk menetapkan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan beberapa kriteria tertentu. MCDM memiliki dua kategori yaitu: 

  1. Multiple Objective Decision Making (MODM)
  2. Multiple Attribute Decision Making (MADM). 

Multiple Objective Decision Making (MODM) adalah suatu metode dengan mengambil banyak kriteria sebagai dasar dari pengambilan keputusan yang di dalamnya mencakup masalah perancangan (design), dimana teknik-teknik matematik untuk optimasi digunakan dan untuk jumlah alternatif yang sangat besar (sampai dengan tak terhingga)

Multiple Objective Decision Making (MODM) menyangkut masalah perancangan (design), di mana teknik-teknik matematik optimasi digunakan, untuk jumlah alternatif yang sangat besar (sampai dengan tak berhingga) dan untuk menjawab pertanyaan apa (what) dan berapa banyak (how much).

MODM “Multiple Objective Decision Making” atau MODA “Multiple Objective Decision Analysis” adalah dua istilah yang digunakan secara bergantian untuk menunjukkan serangkaian masalah yang sama. Jenis masalah ini mencakup lebih dari satu tujuan, biasanya Max, Min … “yang bertentangan dengan kriteria berbeda yang semuanya dapat mempengaruhi semua tujuan atau sedikit yang mempengaruhi satu dan yang lainnya mempengaruhi keduanya …

MODM memiliki tingkat transparansi yang lebih rendah karena banyaknya dan tidak didefinisikan secara eksplisit alternatif (setidaknya pada awal proses evaluasi). Metode ini mengasumsikan evaluasi simultan berkaitan dengan beberapa tujuan, mencari alternatif terbaik.

Model   MODM  digunakan  untuk menyelesaikan  perancangan alternatif  terbaik. 

MADM dan MODM sering digunakan untuk menerangkan kelas atau kategori yang sama. MADM digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam ruang diskrit. Oleh karena itu pada MADM biasanya digunakan untuk melakukan penilaian atau seleksi terhadap beberapa alternatif dalam jumlah terbatas. Sedangkan MODM digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah pada ruang kontinyu. Secara umum dapat dikatakan bahwa, MADM menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif sedangkan MODM merancang alternatif terbaik.

Sumber dari:

  1. http://e-journal.uajy.ac.id/1674/3/2TI05111.pdf
  2. https://www.springer.com/gp/book/9783540091110
  3. https://www.researchgate.net/post/MCDM_vs_MADM_vs_MODM_vs_MAUT
  4. https://jurnal.ugm.ac.id/ijccs/article/view/2037/1841
  5. file:///C:/Users/ACER/Downloads/73-Article%20Text-217-1-10-20150212.pdf
  6. https://text-id.123dok.com/document/9yn50nkyv-multi-atribut-decision-making-madm-konsep-dasar-multi-atribut-decision-making-madm.html

6 Comments

  1. Dedi Martono

    Sepertinya metode ini dipakai wahyu Mavib untuk tesisnya, apa bener yah…? Nanti coba nanya2 pa wahyu Mavib…hehehe…lanjut terus bu tetep semangat

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram