Follow us:-
  • By Syafnidawaty
  • 30 March 2020
  • Comments 6

BUSINESS INTELLIGENCE

Apa sih Business Intelligence itu?

  1. Menurut Laudon dan Jane (2007), business intelligence adalah alat analisis yang digunakan untuk mengkonsolidasi data, menganalisis, menyimpan dan mengakses banyak data untuk membantu dalam pembuatan keputusan, seperti perangkat lunak untuk query database dan pelaporan alat untuk analisis data multidimensi, dan data mining (https://www.kompasiana.com/acumatica/5a8fbeb8bde5754c445195d2/pengertian-manfaat-dari-business-intelligence-bagi-yang-belom-tahu)
  2. Business intelligence (disingkat BI) adalah seperangkat alat analisis berupa informasi bisnis yang digunakan untuk mengkonsolidasi, menganalisis, menyimpan dan mengakses banyak data dalam konteks proses bisnis yang mengarah pada pembuatan keputusan dan tindakan dengan tujuan peningkatan kinerja usaha atau bisnis (https://www.kajianpustaka.com/2019/12/business-intelligence.html)
  3. Business Intelligence adalah sebuah proses dalam bisnis yang berbasis digital atau teknologi yaitu bertujuan untuk menganalisa data bisnis serta menyajikan data dalam bentuk informasi, tentunya informasi yang ditampilkan mudah untuk dipahami dan akurat sehingga Business Intelligence bisa menjadi pengambil keputusan yang tepat untuk bisnis (https://www.kosta-consulting.com/en/blog/business-intelligence-pengertian-serta-manfaat/)

Dapat disimpulkan bahwa Business Intelligence itu merupakan sebuah alat atau proses dalam pengumpulan data, menyimpan, mengekstrak dan menganalisis data sehingga mudah dipahami, diakses sehingga dapat menjadi pengambil keputusan yang tepat dan akurat berdasarkan data yang valid.

Business Intelligence dapat mengidentifikasi peluang-peluang baru yang potensial dari data informasi yang dihasilkan, juga menghemat banyak waktu.

Business intelligence menjelaskan suatu konsep dan metode bagaimana agar dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan berdasarkan sistem yang berbasis data. Data mentah diubah menjadi informasi dengan cara dianalisa dan disusun berdasarkan hubungan antara data, data apa yang ingin dikumpulkan dan sesuai konteks yang diinginkan.

Comments

  1. Dedi Martono
    30 March 2020

    Referensi yang bagus bu…lanjutkan terus semangat

  2. Triyono
    30 March 2020

    terima kasih bu..
    semoga bermanfaat dan kita bisa memahaminya..
    semangatt..

  3. Wahyu Hidayat
    30 March 2020

    War biasah bu wati, gece… mantul, semoga bermanfaat trimaksih udah share bu

Leave a Reply