Tips dan Cara Agar Bisa Lulus Kuliah Tepat Waktu

1. Kenali Penawaran Program Kuliah
Kenali penawaran program kuliah dari Buku Pedoman Studi. Jangan abaikan Buku Pedoman Studi yang dibagikan di awal perkuliahan karena buku itu memuat daftar mata kuliah yang perlu diprogramkan di masing-masing semester.
2. Aktif di Kelas
Selain itu menjadi mahasiswa yang bisa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu juga dapat dilakukan apabila yang bersangkutan mau menjadi aktif di kelas. Cara menjadi aktif adalah dengan berpartisipasi dalam kegiatan diskusi, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, menyelesaikan tugas dan membantu teman-teman lain untuk belajar memahami materi.

3. Penjadwalan yang Baik
Untuk bisa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu, kamu juga perlu memiliki penjadwalan yang baik agar bisa belajar dengan maksimal. Sangat tidak disarankan untuk melakukan teknik kebut semalam di malam hari sebelum ujian. 
Sebaiknya, gunakan waktu setelah kelas untuk mereview materi karena ingatkan kamu tentang mata kuliah itu masih segar. Selain itu kamu bisa juga langsung diskusi dengan teman jika ada materi yang tidak kamu pahami.
4. Jangan Malu Bertanya pada Dosen
Selain itu, jangan malu untuk bertanya pada dosen jika ada yang tidak dipahami. Sangat wajar jika ada penjelasan yang kamu tak pahami. Tidak perlu merasa bodoh, karena hanya mereka yang belajar yang memahami bagian mana yang tak dipahami.

5. Membuat Lingkungan Belajar
Cara lain yang penting adalah dengan membuat lingkungan belajar yang positif dan saling mendukung dengan teman-teman. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar waktu mahasiswa dihabiskan bersama dengan teman-temannya. Untuk itu jangan ragu-ragu untuk mengajak temanmu belajar bersama. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah untuk tidak menertawai teman-temanmu yang belajar. Ketahuilah bahwa iklim positif akan terbentuk jika kamu dan teman-teman memandang belajar sebagai kegiatan menyenangkan.
6. Perbanyak Koneksi
Selain istirahat dan pola makan kamu juga perlu memperhatikan lingkungan sekitarmu. Giat belajar memang baik, tapi bisa kamu lakukan tanpa mengorbankan kehidupan sosial. Pergunakan waktumu juga untuk bercengkerama dengan orang tua, keluarga dan teman-temanmu. Perbanyak koneksimu agar ketika lulus nanti, kamu punya banyak informasi tentang pekerjaan atau jenis usaha yang bisa ditekuni bersama.

7.Utamakan Urusan Kuliah Dibanding Urusan Lainnya
Beberapa mahasiswa perlu mengambil pekerjaan untuk membantu biaya kuliah maupun menambah tabungan. Boleh saja bekerja sambilan, tapi ingat bahwa tugas utamamu adalah belajar. Ambillah pekerjaan yang tidak mengganggu jadwal kuliahmu. Apabila berbenturan, minta tolong perpindahan jadwal kerja sehingga kamu bisa berkonsentrasi dengan kuliahmu.
8. Jadikan Sukses Temanmu Sebagai Motivasimu
Apabila kamu mendengar bahwa teman lain berhasil, jadikan kesuksesan mereka sebagai motivasi tanpa mengecilkan diri sendiri. Kamu adalah kamu, mereka adalah mereka. Setiap orang bisa memiliki jalan berbeda untuk menjadi sukses, termasuk di perkuliahan. Kamu bisa belajar dari mereka tanpa mengubah dirimu menjadi orang lain.

9. Buang Jauh-jauh Pikiran Negatif
Kegagalan mungkin ada dalam langkahmu meraih gelar sarjana, tapi buang jauh-jauh pikiran negatif untuk berhenti berjuang. Banyak kasus depresi yang disebabkan oleh stress yang berlebihan karena tidak mampu menanggung beban.
10. Memandang Dosen adalah Orang Tua Kedua
Pandanglah dosen sebagai orang tua atau guru yang ingin membuatmu berhasil, bukan membuatmu gagal. Biasanya mahasiswa atau calon mahasiswa sudah terlanjur takut dengan citra dosen yang mengampu mata kuliah tertentu. Dengan memandang dosen adalah orang tua kedua di kampus, mahasiswa tidak perlu memberi kesan negatif apabila diminta mengerjakan tugas, merevisi dan mengumpulkannya kembali. Ambillah kesempatan itu untuk mengembangkan diri dengan lebih baik lagi.



Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram