Follow us:-
  • By Nurazizah
  • 22 December 2019
  • No Comments

BELAJAR FRONT END WEB DEVELOPMENT DENGAN MUDAH BERSAMA PAK DIKA DI CHANNEL WEB PROGRAMMING UNPAS – NURAZIZAH (1711498771)

Web programming UNPAS adalah channel youtube yang didirikan oleh pak Sandhika Galih, beliau merupakan dosen teknik informatika di universitas pasundan. Channel ini membahas tentang segala macam hal yang berbau dengan pemrograman web.

Selain itu, materi yang dibawakan Web Programming UNPAS juga sangat mudah dipahami, hal ini ditambah dengan adanya animasi yang memudahkan para programmer pemula. Materi yang diajarkan antara lain seperti html, css, javascript, php, OOP php, DOM javascript, github, bootstrap, codeigneter, dll.

Tidak hanya Tutorial saja yang diberikan oleh beliau, dia juga terkadang menciptakan playlist Ngobar (ngoding bareng) menciptakan website company profile memakai framework CSS yaitu Boostrap. Bahkan live youtube dan dikala ngobar sambil live youtube itu seru lhoo seakan akan kita lagi kuliah dan di bimbing eksklusif oleh dia 😁

Awal mula saya menemukan channel ini berawal dari rasa keingintahuan saya tentang dunia pemrograman web salah satu  playlist yg saya ikuti   dalam channel  yg memiliki 195 rb subscreber tersebut ialah playlist “JALUR BELAJAR FRONT END WEB DEVELOPMENT”

Apa itu Front End Developer?

Front end developer adalah pengembang website yang menggunakan baris kode HTML, CSS, dan JavaScript untuk menghasilkan website dengan tampilan yang menarik. Mereka adalah orang-orang yang mengolah desain murni menjadi website yang interaktif dengan pengguna.

Pengembangan website biasanya terdiri dari 3 bagian utama yaitu UI/UX designer, front end developer, dan back end developer. Ketiga bagian ini bekerja sama untuk membangun website yang menarik dan andal. Setelah desainer memberikan gambaran dan menuangkan ide ke dalam sebuah gambar berupa tampilan dan layout, front end developer menggunakan gambar yang dibuat oleh desainer sebagai panduan untuk membuat website.

Seorang front end developer harus memastikan tampilan website sesuai dengan yang disepakati dengan desainer –baik dari segi tampilan maupun fungsionalitas.

Tampilan yang terlihat di browser atau aplikasi, animasi, sampai dengan menu yang muncul ketika disentuh kursor adalah hasil kerja dari seorang front end developer. Selain itu, front end developer bertanggung jawab untuk memproses seluruh kode yang berasal dari server ke server.

Perbedaan front end developer dan back end developer terletak pada fungsi dan bagiannya. Jika front end developer bertugas menerima kode dari server, back end developer bertugas memprogram server mengirimkan dokumen ke browser pengguna setiap kali pengguna meminta melalui http request.

Back end developer juga sering berurusan dengan database dan manajemen konten di dalam website. Sedangkan front end developer tidak berhubungan sama sekali karena hanya mengurusi tampilan yang berhubungan dengan pengunjung saja.

Video-video dari pak Shandika Galih ini mempunyai keunikan dan keunggulan tersendiri, selain pembawaannya yang memang enak ditambah juga dengan pembahasan masing-masing materi sebelum mulai ngoding. Jadi semacam belajar di kelas kuliah gitu, hehe. dan yg paling saya suka pada channel ini ialah pembahasan dengan bahasa yg mudah dimengerti sehingga orang awam atau seorang programmer pemula tidak kebingungan dan mengerti dengan baik materi yg disampaikan.

Leave a Reply