Pembelajaran PHP untuk pemula (Mey Anggraeni 1711498977)

Belajar PHP untuk pemula

Peran dan perkembangan Teknologi Informasi (TI) di dunia tidak akan pernah berhenti, bahkan boleh dibilang akan semakin cepat. Banyak bahasa pemrograman, frame work dan konsep-konsep baru muncul setiap saat.

Hal ini menjadi tantangan bagi kita yang belajar ataupun bekerja dibidang TI untuk mengikuti perkembangan-perkembangan terbaru. Apabila untuk mempelajarinya agar tidak ketinggalan jaman dan tetap memiliki kemampuan yang relefan dengan teknologi yang ada.

Sebelum membuat syntax PHP harus mempersiapkan lingkungan pemngembangannya. Untuk menggunakan PHP tidak semudah itu, kita perlu sesuatu yang dinamakan web server dan ada hal yang harus kita pelajari, yang kita akan pelajari selain client-side dan server-side-scripting (programming).  Apa itu client-side dan server-side-scripting? Ketika kita akan membuat HTML, CSS, dan JavaScript itu disebut dengan client-side-scripting, karena semua pemrosesan terjadi disisi client atau dikomputer masing-masing.

Untuk server-side-scripting arsitekturnya sedikit lebih komplet, jadi client-side- scriptingnya terjadi di Web Browser yang membuka halaman HTML, CSS, dan JavaScript. Dan ada sebuah server yang dibuat dengan menggunakan bahasa PHP didalamnya, saat kita membuka Web pada Browser. Nah Browser tersebut mengirimkan sebuah request dan meminta sesuatu pada Web Server. Macam-macam Web Sever itu ada Apache, IIS, nginx, Tomcat, Lighttpd, dll. Jadi ini Web Server yang mengelola request atau permintaan dari clien.

Bahasa pemrograman yang berjalannya di server contohnya ada PHP, ASP, Ruby, Phyton. Script-script bahasa pemrograman server bisa terhubung ke Database, sehingga Website kita dinamis kontennya bisa berupa sesuai dengan data yang kita ubah.

Demikianlah pokok pembahasan yang dapat di paparkan, Semoga dapat bermanfaat untuk kalangan banyak. Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar makalah ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Sekian dan Terima kasih ^_^

Leave Comment

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
YouTube
Instagram